Cara Lepas Dari Hutang

 on Friday, November 8, 2013  



Hutang bisa menjadi alternatif ketika keadaan keuangan tidak memungkinkan lagi, lalu bagaimana penyelesaian, atau cara lepas dari hutang, berikut ada sebuah obrolan di facebook yang saya rasa perlu untuk saya share disini semoga membantu bagi anda yang sedang mengalami masalah ini.

Cara Lepas Dari Hutang berikut adalah saran dan masukan dari komentator ketika menjawab pertanyaan tentang cara lepas dari hutang, cara membayar cicilan hutang yg menunggak, apa yang harus dilakukan jika sudah dikejar-kejar debt collector, dst

1. Bertoubat dari penyebab pailit, evaluasi. Terus sholat, malam, duha minta petunjuk

2. Jangan lari dari hutang, datangi pihak bank dan meminta keringanan/ solusi sehingga di berikan saran terbaik oleh bank. selanjutnya utamakan kewajiban" membayar hutang,jangan membeli barang" Keinginan, tapi sesuai Kebutuhan. atau bisa juga cari pendapatan sampingan sehingga menutupi hutang-hutang sampai lunas

3. disiplin menyisihkan uang untuk bayar cicilan

Selengkapnya berikut kutipan selengkapnya dari status GM Susanto Comminty

Gm.Susanto Community
Banyak inbox yg masuk menanyakan bgm cara lepas dari hutang, cara membayar cicilan hutang yg menunggak, apa yg hrs dilakukan jk sdh dikejar-kejar debt collector, dst

tdk semua pertanyaan bisa saja jawab krn keterbatasan pengalaman sy akan hal tsb. bisakah teman-teman membantu memberikan opini tentang pertanyaan2 diatas?

bs jg dg memberikan tips, saran bahkan solusi bijak mensikapi masalah hutang ini. ditunggu komentarnya ya, pasti byk yg tercerahkan, termasuk saya.

terimakasih 
Suka ·  · Bagikan · 116381 · 17 jam yang lalu ·  ·
Komentar Terpopuler
116 orang menyukai ini.
1 berbagi
Agoes Supriyono


Imam Turunan Penatus sya mau berbgi penglman, dulu keluarga saya pailit, mama minta cerai, kaka dan q hmpir putus skolah, typ hari minim 5org dtng mengih hutang, habis tgl rmh yg tersisa dan nyaris dijual, keluarga saya bertoubat dari penyebab pailit, evaluasi. Terus sholat, malam, duha minta petunujuk. Dan ga tau knpa sampai skrg slalu diberi kemudahan. Kakak bisa lulus kuliah dan q skrg bisa kuliah.. Alloh menolong kelurga yg bersungguh sungguh ingin berubah.. Dan skrg ingin berwirausaha untuk mempercepta pelunasan tanggungan.
Suka · Balas · 41 · 17 jam yang lalu melalui seluler

Clara Arianti caranya lepas dari hutang & cara byr cicilan htg yg menunggak adlh dgn 1 cara yaitu DIBAYAR. klo ga di bayar otomatis debt kolektor nguber2 nah klo udah di tahap ini,jgn lari dr hutang, datangi pihak bank dan meminta keringan/ solusi sehingga di berikan saran terbaik oleh bank. selanjutnya utamakn kewajiban" membayar htg,jgn membeli brg" KeinginaN,tp sesuai KebutuhaN. ato bisa jg cri pendapatan sampingan sehingga menutupi utang2 sampai lunas. kira2 seperti itu pak,RIGHT?

Nur Yanto yg jelas y harus disiplin menyisihkan uang untuk bayar cicilan...meski sedikit demi sedikit...klo nunggu nnti dulu, untuk ini dulu dsb y pas waktu bayar g da duit...al hasil semakin menumpuk tu cicilan...
Suka · Balas · 7 · 17 jam yang lalu

Abdullah Mubarak cara yang jitu adalah dengan banyak do'a+ sedekah tentunya dengan kerja maksimal
Suka · Balas · 5 · 17 jam yang lalu

Bunda Titin Jual barang yg berharga lalubayar hutang. Setelah lunas berhentilah berhutang! Hidup jangan ikut selera tetangga.
Suka · Balas · 5 · 16 jam yang lalu melalui seluler

Endang Utama Kl sy berhutang ada yg d gadekan yaitu emas...itu pun krn tlg klrg ...meski te banting sana sini...niat lah bt saya selamat ...rejeki pun tak putus2...krn niat lilahitaallah. ..
Skrg saat nya selesaikan hutang ambil2 hak saya...semangat meski ketar ketir...niat kemauan semangat kerja keras utk dpt lbh rejeki. ..amin
Suka · Balas · 3 · 16 jam yang lalu melalui seluler

Efendy Fendy @Yang harus kita laksanakan adlah Manajemen keuangan keluarga yaitu RKK (Rencana Keuangan Keluarga). Tanpa itu, kita akan sulit mengendalikan pengeluaran. Dengan RKK inilah patokan kita untuk mengambil suatu kebijakan. contoh: PENDAPATAN TETAP harus lebih besar dri PENGELUARAN TETAP (jika pendapatan tetap lebih kecil/ sama dengan pengeluaran tetap maka tugas kita adalah MENCARI PENDAPATAN TAMBAHAN (DI SINI ORANG BANYAK SALAH MENGAMBIL KEBIJAKAN DENGAN CARA BERHUTANG: awal dari kehancuran keuangan keluarga). @@Dengan pendapatan yang ada(TETAP÷TAMBAHAN) kita mutlak menentukan SKALA PRIORITAS misal membayar utang. @@@menentukan DCR (Dana Cadangan Resiko) bisa dalam bentuk TABUNGAN dan kalau bisa DCR jangan disatukan dalam bentuk tabungan karena tujuannya berbeda»kebijakan ini penting bagi kita yg bergerak dlm bidang dunia usaha maupun bisnis. Saya bergerak dalam bidang perdagangan(Toko sembako), bengkel motor dan perkebunan»saya mengamankan uang yg di dapat perhari dg menerapkan dalam bentuk celengan besi dengan 4 kotak utk tujuan berbeda, masing2 utk MODAL, DCR,TABUNGAN dan SS (Simpanan Sukarela). kotak uang utk DCR saya 'las' penuh dan sampai hari ini saya tidak tahu jumlahnya,.. tidak banyak tapi aman sampai hari ini....hehehe dan kotak yg bisa buka tutup adlh 'SS'»krn bisa diambil kapan kita perlu.....hahahaha...........tambahan: JUJUR YANG BERTANGGUNGJAWAB dan KONSEKUEN dengan aturan permainan yang kita sendiri yg menciptakannya.......so, bagaimana menurut anda ???
Suka · Balas · 7 · 15 jam yang lalu melalui seluler

Anang Setro Sangat bermanfaat,mksh bung
Suka · 9 jam yang lalu melalui seluler

Galih Pratama TO mantap makash tipsya.
Suka · 2 jam yang lalu melalui seluler
Agoes Supriyono


Kiki Cahaya saya juga sedang mengalaminya Om...ga da cara lain selain memiliki income tambahan, paling tidak dari income tambahan tsb saya bisa mencicil hutang 
Suka · Balas · 3 · 17 jam yang lalu

Mindah Winarni solusinya bergabunglah di Riba Crisis Centre group di fb dan mintalah bergabung di Pendampingan RCC disana banyak solusi dan berbagi pengalaman tentang hutang piutang ....semoga bermanfaat
Suka · Balas · 3 · 16 jam yang lalu

Endang Utama Meski hutang kelilit kyk mana...tp niat kan utk ber tgg jwb...utk byr hutang trsbt...dg inti nya biasa kita byk setor ...tp skrg bs separuh saja...jika telat kabarin org bersangkutan ...trus ksh tau dg jujur keadaan ...di luar dugaan kita..trus sdh aman...kembali kan setoran sprti semula...tp kebanyakan org penipu dan suka seenak saja ada mau manis sprtb gula....krn setiap perbuatan ada sebab akibat..
Suka · Balas · 2 · 17 jam yang lalu melalui seluler

Merta Wirayuda Jangan Malu tuk Menerangkan yang Sebenarnya kepada Pihak Bank,bahwa kita sudah tidak sanggup tuk membayar Hutang.Dengan begitu Pihak Bank akan Memperboleh kan kita Membayar Hutang Sesuai dengan Kesanggupan yang Kita Bayarkan tiap Bulannya*Semacam Keringanan Cara Membayar Hutang*.
Suka · Balas · 3 · 17 jam yang lalu

Amalia Susanti Saya pengguna aktif kartu kredit...saya selalu membayar penuh tagihan kartu kredit saya.untuk barang2 elektronik yg harganya mahal saya pergunakan fasilitas easy pay dr kartu kredit tsb..jadi saya tdk terlilit hutang dgn penggunaan kartu kredit ...
Suka · Balas · 2 · 17 jam yang lalu melalui seluler

Yani Putri Bener om gmn cara x
Suka · Balas · 1 · 17 jam yang lalu melalui seluler

Kanjeng Mas hub,sya,,,hutang lunas aset/agunan utuh,,
Suka · Balas · 2 · 14 jam yang lalu

Endang Utama @mba amalia ...sm aja itu berhtg...kl kita byr penuh ga pp tepat waktu...kl telat siap2 saja tlpn hp berdering dg tagihan kartu kredit tsbt ...sdh itu datang dah debt colector...dg tampang sangar
Suka · Balas · 1 · 16 jam yang lalu melalui seluler

Endang Utama Semua krn niat...jd baru bs pikiran itu agak tenang..tp niat sdh menyeleneh....semua akan tdk tenang sampai kapan pun
Suka · Balas · 1 · 17 jam yang lalu melalui seluler

Apit yg pasti yg harus dilakukan, brusaha melunasi hutang tersebut tapi jgn menambah lg hutang...
trus jgn di pakek prinsip gali lobang tutup lobang, apa lagi yg digali lobangnya lebih besar daripada lobang yg ditutup....
dan kalau memang hutang kita berasal dari banyak pintu, kita harus buat hutang tersebut jadi satu pintu agar kita mudah menyelesaikannya....
Suka · Balas · 8 jam yang lalu

Suyadi Jossmart MOHON RE-JADWAL ANGSURAN HUTANG... Dengan NIAT anda benar2 melunasi hutang..........Luar Biasaa''MERDEKAnya ORANG TIDAK PUNYA HUTANG " !!!... kuncinya Jgn Hutang !, Dimasa surplus NABUNg, Dimasa Tidak Surpplus.. NGIRIT.. Antisipasi hal2 yg tdk pernah terjadi ...DISPILIN MENYISIHKAN PENGHASILAN...LIFE STYLE...(GAYA HIDUP) SESUAIKAN DENGAN PENGHASILAN ! APALAGI YG SUDAH BERKELUARGA..... tetap waspada. (BERHUTANG JANGAN UNTUK KONSUMTIF)
Suka · Balas · 1 · 9 jam yang lalu

Endang Utama @bunda titin....betuuul itu
Suka · Balas · 12 jam yang lalu melalui seluler

A.m. Soetanto Notohartoro perbaiki perilaku, & ibadah spiritual, teknisnya komunikasi dlm negosiasi menjadwal ulang pembayaran hutang, menemukan bentuk kompensasi yg lbh ringan, senilai hrapan kreditor, temukan sumber tambahan penghasilan yg tdk berisiko terhdp karir yg sdh dimiliki, pergunakan relasi yg memahami persoalan serta itikad kita utk penyelesaian persoalan sebagai mediator, yg adakalanya mereka bs turut mensupport, memperingan, bahkan memberi masukan.. perbaiki dinginnya hubungan dengan musuh/kompetitor di masa lalu, lepas dr siapa slh siapa benar.. krn kita perlu bantuan jaringan mana pun, & berhenti bersengketa yg menguras energi & resource.. bahkan bs jd org2 yg kita musuhi atau kolega2 mereka yg membantu kita.. perhtkan jg stamina fisik, krn beban psikis.. wallahu alam.. rajin olah raga marathon untuk ancang2.. 
Suka · Balas · 1 · 14 jam yang lalu

Ardhi Blackcoyote Purna pengalaman saya..."hadapi semua DC,bilang keadaan yang sebenarnya,tanya apa resiko terbesar jika kredit macet..terus berusaha mencari pemasukan,apapun resikonya harus rela...jangan nutup hutang dengan hutang,ga ada selesainya..dan yang utama...pasrah pada Tuhan dan berdoa..bukankan Tuhan sudah berfirman"mintalah maka akan Kuberi????
Suka · Balas · 1 · 15 jam yang lalu

Nha Jannah kalo menurut saya si,sisihkan sisa gaji ato pendapatan baik itu pendapatan perbulan atau perhari,yg penting kita ada usaha buat bayar.......,,
Suka · Balas · 1 · 15 jam yang lalu

Ira Rachmawati Banyakin istigfar, dan menahan diri dari nafsu belanja. . . .
Suka · Balas · 1 · 17 jam yang lalu melalui seluler

Ridho Jayenk Gusti Orang yg terbiasa dengan berhutang akan menjadikan hutang sebagai gaya hidup,hingga untuk hal sepele pun dia berani berhutang
Suka · Balas · 1 · 17 jam yang lalu

Ipunk Purwadi Lo dah bnr2 kepe2t cblah brg2 yg bsa dijual untk membyr hutang.minimal agar tdk dkjr2 debcolt.atw ga cbalah minta bantuan keluarga atw teman dekat agar bs memberi utang untk membyr utang.dan hrs pny tekad agar bs membyr ci2lan atw utang.
Suka · Balas · 2 jam yang lalu melalui seluler

Rizky Akbar pasang badan
Suka · Balas · 8 jam yang lalu

Yoess Milanisti Curva Sud Bellilah SEMUA kesulitanmu dengan SEDEKAH..
Suka · Balas · 10 jam yang lalu melalui seluler

Ated Bayu Tedi Dirgantara kalau gak mau d kejar2 DC jgn ngutang dong,,namanya juga hutang ya hrus d bayar,,hrus mampu bayar,,jgn manis dan enak wktu pertam kali ngutangnya giliran nyicilnya males ,,, alesan gak ada duit buat nyicil,,,
Suka · Balas · 12 jam yang lalu

Illank Khody-khody butuh uang lebih..,jual aja brang anda di toko bagus ato brniaga.,tggl cliek,ktmuan.deal..byar hutang deh.
Suka · Balas · 12 jam yang lalu melalui seluler

Yuliana Darmawan Mnrt sy,kalo dikejar2 debt kolektor harus bilang apa adanya dan kalau perlu telp bossnya.memberitahu keadaan yg sebenarnya.biasanya dari pihak peminjam bisa memberikan tenggang waktu.dengan catatan pembyr hutang sebelumnya tdk pernah telat atao ada masalah....jika msh ada hutang cicilan,harus diliat dulu hutang apakah itu???...kalo cicilan mobil ato motor,jika sdh tdk sanggup byr,disarankan utk diselesaikan secara adm ke leasing.jika ada. Jika ada barang2 bekas,yg msh punya nilai jual,bisa dijual u membyr hutang.DGN CATATAN,JIKA SEMUA HUTANG LUNAS JGN MENGULANGI LAGI.
Suka · Balas · 15 jam yang lalu

Isma menjual sebagian aset (benda berharga yg kita punya)
Suka · Balas · 16 jam yang lalu

Ilham Jz-Rz Ikhlasia Cb bc d bku kitab anti bangkrut. Dsna ad penjelsan tntang hutang.
Suka · Balas · 16 jam yang lalu

Maz Hendri Terus terang dengan pihak bank tentang kesulitan kita insya alloh pihak bank mau memberi keringanan
Suka · Balas · 16 jam yang lalu

Eka Erawati Jgn buat hutang....pasti aman
Suka · Balas · 17 jam yang lalu melalui seluler

Luna cara lepas dari hutang yg paling mujarap ya jangan berhutang!!
Suka · Balas · 17 jam yang lalu melalui seluler

Andre Haerlaembaeng Cara utk menghindari hutang ialah berhenti utk berhutang..
Suka · Balas · 17 jam yang lalu melalui seluler

Anto Ibc Pengenya sih nga punya hutang... cma kalo ada kebutuhan mendadak mau nga mau ya ngutang,,,,, Indonesia gtu loh Gali lobang tutup lobang
Suka · Balas · 17 jam yang lalu

Mauliyah Siswo pangkas pos belanja tidak penting dan tidak mendesak, ubah lifestyle-nya 
Suka · Balas · 15 jam yang lalu melalui seluler

Sumber Gambar : http://fiksi.kompasiana.com/cerpen/2011/12/27/hutang-422430.html 



Baja Juga

Cari Tool Internet Marketing, Tool Facebook, Tool Instagram, Tool Youtuber dan Informasi Produk Digital Indonesia Terbaru Lainnya Selengkapnya disini Blog Review Produk Digital Indonesia



Cara Lepas Dari Hutang 4.5 5 Agus Supriyono (agugus.com) Friday, November 8, 2013 Cara Lepas Dari Hutang berikut adalah saran dan masukan dari komentator ketika menjawab pertanyaan tentang cara lepas dari hutang, cara membayar cicilan hutang yg menunggak, apa yang harus dilakukan jika sudah dikejar-kejar debt collector Hutang bisa menjadi alternatif ketika keadaan keuangan tidak memungkinkan lagi, lalu bagaimana penyelesaian, atau cara lepas dari hutang ,...