Bimbingan Orang Tua : Tips Memaksimalkan perkembangan anak Anda ?

 on Wednesday, August 13, 2014  



Posting kali ini tentang bagaimana mendidik anak, sebelumnya saya bukan seorang ahlinya berbicara  tentang anak, tapi saya teruskan dari apa yang saya baca, yang menurut saya bagus di share di blog dengan harapan para orang tua bisa membaca dan mengetahui bagaimana mendidik anak, dan nantinya anak-anak menjadi cerdas dan menjadi generasi penerus bangsa yang luar biasa..

Posting ini saya beri judul : Bimbingan Orang Tua : tips Memaksimalkan perkembangan anak anda, tapi isi dalam postingan ini adalah seputar bagaimana menjadikan anak pintar sebagaimana saya kutip dari sumbernya dengan judul Inilah 5 Cara Menjadikan Anak Pintar Oleh: dr. Alvin Nursalim sumber website KLIKDOKTER.com - berikut ulasannya Pastinya impian setiap orangtua memiliki anak yang cerdas dan pintar. Sebagian orangtua berusaha sekeras mungkin menjadikan anaknya pintar dengan berbagai cara, seperti memasukkan ke sekolah yang baik, memberikan pelajaran tambahan yang banyak dan sebagainya. Namun mereka melupakan beberapa hal dasar yang merupakan modal awal untuk menjadikan seorang anak pintar.

anak pintar mendidik cerdasAda beberapa prinsip agar anak Anda mencapai potensi maksimal yang ia miliki. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan perkembangan anak Anda? Yuk, kita bahas satu per satu.

Gizi yang cukup
- Dari awal masa kehamilan:
Langkah awal membentuk kecerdasan seorang anak adalah dengan memberikan gizi yang cukup. Bahkan sejak anak berada dalam kandungan sudah terjadi proses pembentukan otak yang berpengaruh pada kehidupannya kelak. Jadi bagi ibu hamil, konsumsilah makanan yang bergizi, khususnya yang mengandung asam folat dan minyak ikan.

- Pasca kelahiran:
Setelah anak lahir, komponen gizi anak yang penting adalah ASI.  Penelitian membuktikan bahwa menyusui memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan bayi. ASI dapat mencegah infeksi berbahaya dan merupakan sumber makanan penting.

- Masa pertumbuhan
Setelah anak lebih besar, hindarkan makanan berupa junk food, berikan nutrisi yang seimbang dan bergizi. Salah satu zat yang dibutuhkan untuk perkembangan anak adalah makanan yang mengandung zat besi, seperti daging, telur atau ikan.

Rangsangan yang optimal
Kepintaran manusia merupakan hasil dari rangsangan dan latihan terus menerus. Mulailah dengan memberikan rangsangan anak Anda dengan membacakan buku cerita yang edukatif, belajar bahasa Inggris atau masukkan anak Anda ke sekolah musik.

Biarkan anak bereksperimen
Kebanyakan orangtua suka membatasi anaknya. Tentu sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memastikan anaknya aman dan melakukan hal yang berguna untuk dirinya, namun bukan berarti membatasi kegiatan yang justru dapat meningkatkan kecerdasan anaknya tersebut. Biarkanlah anak bereksperimen, bermain dan mengeksplorasi dunia. Biarkan anak Anda menemukan hal-hal baru untuk dipelajari. Banyak ilmuwan terkenal yang memulai penemuannya dengan berimajinasi.

Bermain
Bermain merupakan salah satu bentuk stimulasi yang dapat merangsang pikiran anak. Bahkan banyak sekali video game yang bernuansa edukatif. Permainan di luar ruangan yang menggabungkan olahraga dan daya nalar, tidak hanya baik bagi fisik tubuh, namun juga baik bagi perkembangan kecerdasan anak.

Mulai Sejak Dini
Sebagian besar orangtua mungkin berpikir jika usia remaja merupakan usia keemasan dimana seorang anak perlu ditempa semaksimal mungkin. Namun, tahukah Anda jika perkembangan manusia paling pesat terjadi pada usia tiga tahun pertama? Jadi walaupun anak Anda berusia satu atau dua tahun, Anda tetap bisa mulai melakukan program untuk mencerdaskan anak Anda.  Berikan gizi yang baik dan rangsangan otak berupa permainan yang edukatif sejak dini.

Demikian lima tips menstimulasi anak untuk menjadi cerdas. Tentu kecerdasan anak tidak terjadi dalam semalam. Berbagai stimulasi ini harus diberikan secara berkesinambungan untuk memaksimalkan perkembangan seorang anak. Jadi mau anak Anda menjadi Albert Einstein selanjutnya? Mungkin lima langkah ini adalah awalnya!

Sekian mudah-mudahan bermanfaat bagi para orang tua menjadi tahu bagaimana mendidik anak kemudian anak-anak menjadi generasi penerus yang cerdas dan luar biasa. Amin



Baja Juga

Cari Tool Internet Marketing, Tool Facebook, Tool Instagram, Tool Youtuber dan Informasi Produk Digital Indonesia Terbaru Lainnya Selengkapnya disini Blog Review Produk Digital Indonesia



Bimbingan Orang Tua : Tips Memaksimalkan perkembangan anak Anda ? 4.5 5 Agus Supriyono (agugus.com) Wednesday, August 13, 2014 mudah-mudahan bermanfaat bagi para orang tua menjadi tahu bagaimana mendidik anak kemudian anak-anak menjadi generasi penerus yang cerdas dan luar biasa. Amin Posting kali ini tentang bagaimana mendidik anak, sebelumnya saya bukan seorang ahlinya berbicara  tentang anak, tapi saya teruskan dari apa...