Cara Jika Bingung Menulis Berita

 on Saturday, March 7, 2015  



Punya cara tentang bagaimana menulis berita bagi pemula, saya sendiri pemula yang masih belajar bagaimana merangkai kata menjadi sebuah berita yang enak dibaca, pesan yang tersampaikan diterima di pahami oleh pembaca. Dari kesulitan membuat berita saya berpikir kemudian ketemu cara saya dalam menulis berita yaitu dengan banyak membaca artikel setopik sebagai contoh atau referensi. Bingung ya, berikut dapat saya mengulasnya dalam sebuah contoh, semoga bisa dipahami dan mudah-mudahan membantu bagi yang masih keselitan menulis berita.

Kendala saya sendiri dalam awal-awal menulis berita adalah bingung dengan informasi apa yang harus disampaikan kepada pembaca , masalahnya lainnya juga mungkin masih kurang percaya diri, jadi penuh keragu-raguan dengan apa yang ditulisnya. Takut salah juga karena dalam menulis artikel juga ada etikanya.  Tetapi menurut saya asal ada kemauan belajar menulis berita jadi semakin mudah dengan terus berlatih, karena menulis berita juga sangat dipengaruhi oleh pengalaman sepak terjang, semakin banyak menulis berita semakin kreatif dan mudah dalam menulis. Menulis menjadi terbiasa bahkan menjadi hal yang menyenangkan. Awal memang sulit, bingung dan lainnya asal mau belajar dari proses belajar dengan sendirinya akan percaya diri dalam menulis berita.

Cara Jika Bingung Menulis Berita


Setiap orang memiliki cara gaya penulisan berbeda, ketika anda sudah merasa menulis berita sudah maksimal sudah bagus, belum tentu sampai di editor disetujui pasti ada hal-hal yang diralat diperbaiki, meskipun tetap ada peluangnya disetujui tanpa ralat. Jadi percaya diri saja menulis berita nantinya dari kesalahan ralat dijadikan pelajaran untuk menulis berita lebih baik lagi.

Meski sudah mendapatkan pelatihan jurnalistik dimana secara teori dalam menulis berita inti pokoknya 5 W + 1 H, saya masih bingung mungkin karena bodh kali ya he…menurut saya menulis tidaklah cukup hanya dengan teori, menulis dibutuhkan sepak terjang dan pengalaman hingga menjadi ahli menulis berita, seperti  contohnya saya meski sudah dapat teori bingung nulis berita mau melihat kejadian bencana kebakaran, yang dibingungkan adalah  informasi apa saja yang dibutuhkan, dari kebingungan itulah sulit juga bagi pemula menulis berita.

Cara yang saya lakukan ketika saya kesulitan belajar menulis berita adalah mencari contoh artikel yang setopik, bagaimana masih bingung ya.
saya contohkan saya akan meliput kegiatan pengobatan gratis, saya bingung memulai menulisnya dari mana kemudian apa saja yang perlu ditulis dalam berita tersebut, yang saya lakukan adalah googling dengan kata kunci yang saya ketikan kegiatan pengobatan gratis, hasil pencarian akan menunjukan artikel berita-berita pengobatan  gratis, ambil salah satu artikel untuk dijadikan referensi, baca artikel tersebut dan cermati informasi  apa saja yang ditulis, kalau cara mudah saya tinggal copy paste kemudian tinggal ganti tanggal, tempat, tujuan kemudian jalannya acara, jadi saya jadikan artikel refrensi tersebut seperti blangko yang tinggal mengisinya.

Menulis berita untuk pengobatan gratis yang perlu diinformasikan antara lain, penyelenggara, tempat, tanggal, tujuan pengobatan gratis, jalannya acara meliputi, berapa jumlah yang berobat, jenis penyakit apa yang diderita warga yang berobat, jenis kelamin yang mengikuti pengobatan gratis, jumlah tenaga medis seperti dokter, asisten dokter , kemudian komentar warga, pejabat setempat dengan terlenggarannya acara kegiatan pengobatan gratis, demikian saya dapat mencontohkan.

Berita ini setelah saya cermati pendapat saja bagi sebuah lembaga yang melayani masyarakat sangatlah penting, bermanfaat bahkan bisa jadi menjadi ujung tombak kemajuan lembaga tersebut, Berita ini memiliki maksud dari yang saya ketahui bisa sebagai media pencitraan sebuah lembaga, bisa juga secara tidak langsung sebagai bentuk pertanggungjawaban yang dikemas dalam bentuk berita kemudian menjadi konsumsi public,  bisa juga sebagai alat promosi.

Artikel lainnya

Cara Menulis Berita Dengan Mudah

Jadi Penulis Pemula Harus Banyak Membaca

Tips buat yang masih kesulitan menulis untuk blognya

Pelajaran dari lomba menulis

Tips menulis artikel yang baik di blog





Jual Kopi Murni Arabika dan Peluang Usaha jadi Distributor Kopi Murni Informasi Lengkap klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan dan info peluang usaha Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969



Cara Jika Bingung Menulis Berita 4.5 5 Agus Supriyono Saturday, March 7, 2015 menurut saya menulis tidaklah cukup hanya dengan teori, menulis dibutuhkan sepak terjang dan pengalaman hingga menjadi ahli menulis berita, seperti contohnya saya meski sudah dapat teori bingung nulis berita mau melihat kejadian bencana kebakaran, yang dibingungkan adalah informasi apa saja yang dibutuhkan, dari kebingungan itulah sulit juga bagi pemula menulis berita. Punya cara tentang bagaimana menulis berita bagi pemula, saya sendiri pemula yang masih belajar bagaimana merangkai kata menjadi sebuah beri...