Catatan : Menang Lomba Menulis Pertamaku

 on Monday, May 4, 2015  



Mengikuti kontes itu yang saya lakukan untuk memotivasi agar menulis dengan baik, karena kalau ikut lomba ini biasanya serius memberikan tulisan yang paling bagus menurut penulis. Tadinya karena tertarik dengan hadiah, iseng mengikuti siapa tahu beruntung. Coba mengikuti beberapa lomba menulis belum pernah jadi juara pemenang, ini sekali juara dapat juara I.. Alhamdulillah, dengan peserta yang ikut berkisar 60 orang, saya dapat juara 1  meski hadiahnya tak seberapa, bukan itu saja yang menyenangkan hati saya, yaitu yang tadinya kurang percaya diri dalam menulis menjadi percaya diri menjadi termotivasi ternyata tulisan saya ga jelek-jelek amat ternyata ada yang memberikan penghargaan sebagai juara 1. Kayanya tidak lengkap jika tidak menunjukan linknya, Berikut link artikelnya http://www.blogagus.com/2015/02/bapakku-inspirasiku.html

Bukan bermaksud pamer, menyombongkan diri karena menang, maksud saya share disini adalah untuk memotivasi bagi yang sedang mulai belajar menulis, agar semangat terus menulis, menulis ini kegiatan yang positif dan banyak manfaat jika senang menulis.

Catatan : Menang Lomba Menulis Pertamaku


Jika anda mencoba peruntungan mengikuti lomba menulis, dan berharap menang, berikut ada catatan-catatan saya dalam mengikuti lomba menulis, semoga bisa menjadi referensi jangan dijadikan patokan ya, karena tiap juri dalam lomba menulis itu berbeda, yang terpenting berikan tulisan terbaik versi anda. Berikut yang menjadi catatan saya, antara lain :

1. Kuasai materinya, dapat saya menggambarkan misalnya ada lomba menulis dengan topik menulis inspirasi, tulis sesuai dengan apa yang anda ketahui, menulis ini seperti anda sedang bercerita, jadi terlihat natural tidak ada yang dibuat-buat. Ini saya bandingkan ketika saya asal ikut kontes menulis, dimana materinya tidak begitu saya kuasai tapi saya paksakan hasilnya menulis berasa susah dan hasilnya ketika saya baca ulang juga pesimis bisa menang.

2. Tulis terstruktur berurutan, misalnya paragraf utama berupa point-poinnya, paragraf kedua uraian poin-point pada paragraf pertama, kemudian pada akhir artikel kesimpulan dari apa yang anda ulas.

3. Tulisan buat selengkap-lengkapnya atau detail dari setiap pokok point yang diulas, dengan demikian hasil tulisan akan panjang dan memberikan penjelasan yang cukup bagi pembaca, dari yang saya amati pemenang lomba tulisannya panjang berkisar 600 kata sampai 1000 kata.

4. Kalau ada ikuti lomba menulis dengan juri orang bukan mesin pencari google, pengetahuan saya cukup sulit juga, meski tulisannya bagus, bisa tidak menang, karena yang menang bukan hanya tulisan bagus saja, tetapi artikel harus berada di nomor urut pertama kedua dan ketiga sedangkan untuk menduduki peringkat pertama halaman pencari google tersebut ada tekniknya, Sering blogger menyebutnya SEO. Jadi jika anda mengikuti lomba menulis dengan juri mesin pencari google disamping anda pintar menulis anda juga harus memahami bagaimana mengoptimasi artikel agar masuk dihalaman pertama google.

Demikian keempat hal yang dapat saya bagikan, yang dapat saya simpulkan catatan menang lomba menulis pertamaku, mudah-mudahan bisa menjadi bahan evaluasi sehingga dapat menulis lebih baik lagi.

Mengikuti lomba menulis ini lumayan juga hadiahnya, kalau hadiahnya besar biasanya yang ikut master-master semua, dari pengetahuan saya ada yang memberikan hadiah juara pertama 50 juta kemudian ada juga yang 10 juta, cukup menarik, dengan sering mengikuti lomba menulis secara tidak langsung juga melatih diri kita untuk menulis lebih baik, sehingga bisa mengetahui sejauh mana kemampuan kita dalam menulis, kalau bisa jadi juaranya dan menjadi catatan pribadi yang menyenangkan.

Simak juga berikutnya Cara Agar Menang Kontes Menulis




Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969



Catatan : Menang Lomba Menulis Pertamaku 4.5 5 Agus Supriyono Monday, May 4, 2015 Mengikuti kontes itu yang saya lakukan untuk memotivasi agar menulis dengan baik, karena kalau ikut lomba ini biasanya serius memberikan tulisan yang paling bagus menurut penulis. Tadinya karena tertarik dengan hadiah, iseng mengikuti siapa tahu beruntung. Mengikuti kontes itu yang saya lakukan untuk memotivasi agar menulis dengan baik, karena kalau ikut lomba ini biasanya serius memberikan tul...