Ingin Menulis Artikel Blog Lebih Baik Lagi

 on Friday, June 5, 2015  



Kemarin-kemarin ada teman blogger yang share berpendapat 10 Daftar blog terbaik versi dirinya sendiri, coba baca artikelnya dan penasaran dengan blog-blog yang disebutnya, sebelumnya blogger ini yang maaf tidak saya sebutkan disini ( barangkali tidak berkenan ) adalah blogger yang menurut saya hebat, bisa desain template blog dan karya-karya tulisannya saya akui lebih baik dari saya, lebih senior dia ngeblognya.

Berkunjung ke blog-blog yang disebutnya tadi masuk dalam 10 besar blog Indonesia terbaik, saya perhatikan isi blognya, tulisannya itu tidak sekedar share, point-point yang dapat saya petik ini diantaranya seperti tidak mengejar trafik pengunjung, tetapi lebih menekankan pada isi tulisan yang panjang, detail dan keoriginalannya.

Dengan membaca blog-blog tersebut, saya sendiri merasa terkoreksi menjadi bahan evaluasi saya untuk menulis lebih baik lagi tidak semata hanya mengejar trafik yang tinggi, juga harus memperhatikan isi dari artikelnya.

Meskipun kelihatannya isi tulisannya tidak dioptimasi untuk mendapatkan trafik, blog-blog tersebut trafiknya tinggi, akun fanpage facebook dan twitternya saja banyak followernya.

Disini dapat saya menyimpulkan, tulisan ini membentuk karakter blog, original itu penting, berikan tulisan yang detail dengan bahasa yang apa adanya, sehingga pembaca bisa menikmati, paham apa yang dibacannya, sehingga hasilnya pembaca bisa mendapatkan sebuah informasi, pelajaran dari artikel yang di baca, pesan-pesan yang ada pada tulisan tersebut tersampaikan kepada pembaca.

Blog yang sering saya kunjungi dan masuk dalam favorit saya saja tidak masuk dalam kategori blog terbaik, padahal pengunjungnya banyak dan blognya cukup populer, kelihatannya penilaian blog ini terletak pada topik selain blog, tapi topik yang lebih natural dalam penulisannya, topik umum yang dibahasnya, seperti diary dan catatan pengalaman lainnya.

Dengan pengetahuan ini, dalam pikiran saya, nantinya ada blog yang saya buat khusus untuk menekankan pada isi artikel, sebagai blog tempat untuk belajar menulis yang lebih baik lagi, dan blog lain dioptimasi untuk penghasil rupiah. jadi saya juga ingin bisa menulis yang baik tidak hanya sekedar blog untuk uang, karena rasanya lebih menikmati menulis karena sebuah kualitas. tetapi memang tidak dapat dipungkiri sebagai blogger perlu penghasilan lebih, karena minimal bisa tercukupi untuk biaya akses internet, kalau yang diminta si bisa mencukupi kebutuhan lainnya. sehingga jalan yang ditempuh adalah sambil belajar sambil jalan juga cari uang dari blog sebagai sumber penghasilan atau bisa disebut bonusnya dari blogging.

Sekian coretan pagi hari ini, pelajaran hari ini, mudah-mudahan bermanfaat.




Ingin Menulis Artikel Blog Lebih Baik Lagi 4.5 5 Agus Supriyono Friday, June 5, 2015 Dengan membaca blog-blog tersebut, saya sendiri merasa terkoreksi menjadi bahan evaluasi saya untuk menulis lebih baik lagi tidak semata hanya mengejar trafik yang tinggi, juga harus memperhatikan isi dari artikelnya. Kemarin-kemarin ada teman blogger yang share berpendapat 10 Daftar blog terbaik versi dirinya sendiri, coba baca artikelnya dan penasaran de...