Minum Kopi Apakah Ada Pengaruh Bagi Kesehatan

 on Sunday, June 21, 2015  



Minum Kopi Apakah Ada Pengaruh Bagi Kesehatan, itu yang sedang saya pikirkan hari ini, berawal dari sering didepan komputer terkadang pekerjaan belum selesai mengantuk dan untuk menyegarkan kembali saya minum kopi, hilang rasa kantuk, berikutnya minum kopi ini menjadi rutinitas kebiasaan sehari-hari, dari situ tiba-tiba berpikir, sering minum kopi apakah ada pengaruhnya baik atau buruk bagi kesehatan.

Coba saya cari informasi barangkali ada hasil penelitian tentang kopi ini bagi kesehatan, biar kalau ada pengaruh buruk bagi kesehatan, selanjutnya akan saya batasi kalau bisa dihilangkan biasa minum kopi, kalau tidak ada masalah, jadi lega kalau sedang mengantuk bisa minum kopi dengan tenang tanpa memikirkan efek bagi kesehatan.

Berikut informasi yang saya dapatkan dari sumbernya http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16507475, tentang kopi ini berikut kutipannya

Coffee is a complex mixture of chemicals that provides significant amounts of chlorogenic acid and caffeine. Unfiltered coffee is a significant source of cafestol and kahweol, which are diterpenes that have been implicated in the cholesterol-raising effects of coffee. The results of epidemiological research suggest that coffee consumption may help prevent several chronic diseases, including type 2 diabetes mellitus, Parkinson's disease and liver disease (cirrhosis and hepatocellular carcinoma). Most prospective cohort studies have not found coffee consumption to be associated with significantly increased cardiovascular disease risk. However, coffee consumption is associated with increases in several cardiovascular disease risk factors, including blood pressure and plasma homocysteine. At present, there is little evidence that coffee consumption increases the risk of cancer. For adults consuming moderate amounts of coffee (3-4 cups/d providing 300-400 mg/d of caffeine), there is little evidence of health risks and some evidence of health benefits. However, some groups, including people with hypertension, children, adolescents, and the elderly, may be more vulnerable to the adverse effects of caffeine. In addition, currently available evidence suggests that it may be prudent for pregnant women to limit coffee consumption to 3 cups/d providing no more than 300 mg/d of caffeine to exclude any increased probability of spontaneous abortion or impaired fetal growth.

Coba terjemahkan versi tool translate dalam bahasa Indonesia
Kopi adalah campuran kompleks bahan kimia yang menyediakan sejumlah besar asam klorogenat dan kafein. Tanpa filter kopi adalah sumber penting dari cafestol dan kahweol, yang diterpenes yang telah terlibat dalam efek meningkatkan kolesterol-kopi. Hasil penelitian epidemiologi menyarankan bahwa konsumsi kopi dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis, termasuk diabetes mellitus tipe 2, penyakit Parkinson, dan penyakit hati (sirosis dan hepatocellular carcinoma). Kebanyakan penelitian prospektif kohort belum menemukan konsumsi kopi akan dikaitkan dengan secara signifikan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Namun, konsumsi kopi dikaitkan dengan peningkatan beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah dan plasma homocysteine. Saat ini, ada sedikit bukti bahwa konsumsi kopi meningkatkan risiko kanker. Untuk orang dewasa yang mengkonsumsi jumlah moderat kopi (3-4 cangkir/d menyediakan 300-400 mg/d kafein), ada sedikit bukti risiko kesehatan dan beberapa bukti manfaat kesehatan. Namun, beberapa kelompok, termasuk orang-orang dengan hipertensi, anak-anak, remaja dan orang tua, mungkin lebih rentan terhadap efek kafein. Selain itu, saat ini bukti yang tersedia menunjukkan bahwa mungkin bijaksana untuk wanita hamil untuk membatasi konsumsi kopi untuk 3 cangkir/d menyediakan tidak lebih dari 300 mg/d kafein untuk mengecualikan setiap probabilitas peningkatan aborsi spontan atau gangguan pertumbuhan janin.

Dari kutipan diatas ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan :

1. Hasil penelitian epidemiologi konsumsi kopi mencegah beberapa penyakit kronis, seperti diabetes, parkinson dan penyakit hati.

2. Ada sedikit bukti kopi menyebabkan resiko kanker

3. Dari pemahaman saya dari apa yang saya baca diatas kesimpulannya kopi ini ada baiknya bagi kesehatan ada resiko juga bagi kesehatan, mungkin kalau demikian berarti minum kopi ini jangan berlebihan.

Sekian share hari ini, mudah-mudahan ada manfaatnya.




Minum Kopi Apakah Ada Pengaruh Bagi Kesehatan 4.5 5 Agus Supriyono Sunday, June 21, 2015 Minum Kopi Apakah Ada Pengaruh Bagi Kesehatan, itu yang sedang saya pikirkan hari ini, berawal dari sering didepan komputer terkadang pekerjaan belum selesai mengantuk dan untuk menyegarkan kembali saya minum kopi, hilang rasa kantuk, berikutnya minum kopi ini menjadi rutinitas kebiasaan sehari-hari, dari situ tiba-tiba berpikir, sering minum kopi apakah ada pengaruhnya baik atau buruk bagi kesehatan. Minum Kopi Apakah Ada Pengaruh Bagi Kesehatan, itu yang sedang saya pikirkan hari ini, berawal dari sering didepan komputer terkadang pekerj...