Permasalahan Mendidik anak dan Anak rewel

 on Tuesday, June 23, 2015  



Akhir-akhir ini anak rewel, manja, memancing emosi orang tua, itu yang pernah rasakan dari sini mencoba menulisnya, mendidik anak-anak itu sulit dicerna, terkadang sebagai orang tua terlalu sayang kepada anaknya, hasilnya anak jadi manja dan ujung-ujungnya rewel dan kurang mandiri.

Karena belum pengalaman kali ya sebagai orang tua baru anak bariu satu, jadi maksud baik menyayangi anak ternyata hasilnya bisa juga terkadang tidak baik, ternyata sikap dan tindakan orang tua yang penuh kasih sayang bisa menjadi memanjakan, yang menyebabkan anaknya nanti kurang mandiri, sedikit-sedikit panggil kedua orang tuanya, sudah bisa ambil minum sendiri menyuruh kedua orang tua, anak balita umur kurang dari 6 tahun ini memang seperti bos, sebagai orang tua diuji kesabarannya setiap harinya.

Dari apa yang saya perhatikan, anak ini mulai bersikap diluar kendali, tidak menurut ketika dibilangin, ini ketika anak sudah senang bermain, bermain dilingkungan rumah, kalau suasana atau lingkungan berisi anak-anak yang sopan dan santun, anak akan mengikutinya, jika berkumpul dengan anak-anak yang ugal-ugalan maka akan ikut ugal-ugalan, inilah yang menjadi kekhawatiran saya sebagai orang tua.

Ada anak kecil usia 6 tahun, sikap dan tingkah laku serta tutur katanya ini dalam penilaian saya cukup nakal, tutur katanya pun sudah seperti orang dewasa yang tidak tahu kalau kata-kata tersebut tidak pantas disebutkan oleh anak-anak, ketika bermain dengan anak-anak seperti itu, lihat hasilnya sedikit banyak anak akan meniru, dan sering mengesalkan anak tidak mau di bilangin, saatnya mandi, makan ini orang tua jadi kesulitan.

Anak ini memang dunianya bermain dan bersenang-senang, jika kesenangannya di ganggu ini akan membrontak, kemudian tidak menurut apa yang dikatakan orang tua, bahkan bisa dibilang lebih memilih bermain dengan teman dan melupakan makannya.

Ketika anak sudah bermain susah sekali, pola makannya menjadi tidak teratur dan ini menghawatirkan karena asupan gizinya jadi tidak seimbang, dengan kekerasan rasanya tidak tega, dibiarkan anak akan berlarut seperti itu terus.

Dalam pikiran saya, biarkan saja anak kecil belum tahu apa-apa, di bilangin ya percuma saja, nanti kalau sudah umur tujuh tahun baru, ada sedikit penekanan dalam mendidik anak.

Dari yang saya tulis disini, dalam pemhaman saya dapat menyimpulkan pentingnya memilih lingkungan tempat bermain anak yang baik, biar si anak tidak terbawa dengan hal-hal yang tidak baik, yang akhirnya anak suka rewel, dan ujung-ujung memancing kesabaran orang tua, menjadi orang tua sering marah-marah, orang tua ini seringkali habis batas kesabarannya dan memarahinya, sedangkan memarahi anak katanya secara psikologis ini sangat tidak baik bagi tumbuh kembang anak.

Jika pembaca artikel ini ada orang ahli dibidang psikologi anak atau bisa juga orang tua yang berpengalaman, mohon bisa menyempatkan komentar saran dan masukan memberikan pencerahan tentang permasalahan mendidik anak dan anak rewel, atau punya terima kasih. mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca lainnya.





Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969



Permasalahan Mendidik anak dan Anak rewel 4.5 5 Agus Supriyono Tuesday, June 23, 2015 Dalam pikiran saya, biarkan saja anak kecil belum tahu apa-apa, di bilangin ya percuma saja, nanti kalau sudah umur 7 tahun baru, ada sedikit penekanan dalam mendidik anak. Akhir-akhir ini anak rewel, manja, memancing emosi orang tua, itu yang pernah rasakan dari sini mencoba menulisnya, mendidik anak-anak itu s...