Rasanya sulit juga mengelola online shop cuma satu orang

 on Thursday, July 9, 2015  



Setelah sebelumnya posting Saran Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop, kali ini coba share sedikit pengalaman ketika mengelola online shop, rasanya sulit juga jika mengelola online shop hanya satu orang.

Jika anda berniat merencanakan membuka toko online, semoga share ini bisa menjadi bahan pertimbangan

Berikut kenapa sulit jika menjalankan online shop satu orang, bisnis online online shop ini ada beberapa bidang pekerjaan yang harus dijalankan seperti antara lain, promosi, pelayanan pembeli, pengepakan dan pengiriman, dan pengelolaan website.

Hasilnya jika di kerjakan sendiri, akan kesulitan dalam mendatangkan pengunjung ke website karena kurang fokus dalam promosi, karena harus melayani pembeli dan urusan lainnya.

Meski demikian, mungkin juga dikerjakan satu orang, berikut dapat saya memberikan gambaran yaitu untuk urusan promosi kita keluar modal buat pasang iklan bulanan, di google atau di facebook, kemudian untuk pengepakan dan pengiriman, melakukan kerjasama dengan ekspedisi, caranya yaitu petugasnya mau mengepak dan mengurus pengirimannya, online shop terima beres, kemudian pengelolaan website anda keluar modal lagi, kerjasama kontrak dengan jasa pengelola website. jadi setelah terbagi-bagi anda tinggal fokus melayani pembeli. kelemahan konsep ini, bisa jadi terlalu banyak keluar biaya operasionalnya. yang bisa saja kalau tidak cerdas memanajemennya bisa rugi.

Cara yang lebih hemat menurut saya, minimal yang menjalankan online shop ini dua orang, satu bagian pelayanan pembeli dan keuangan, satunya lagi bagian fokus promosi, pengelolaan website, dan pengepakan serta pengiriman, cara ini kelihatannya lumayan agak ringan.

Salah satu hal yang terpenting dalam menjalankan online shop adalah mendatangkan pengunjung ke website, cara yang dilakukan yaitu dengan promosi, beriklan. ini hal yang menjadi bagian yang membutuhkan kerja keras pemilik online shop. jika berani spekulasi modal untuk beriklan tidak jadi masalah, jika promosi dilakukan sendiri secara gratis ini membutuhkan proses dan waktu, ini yang menurut saya bagian tersulit dari menjalankan online shop,

Jadi dapat memberikan kesimpulan sebelum menjalankan bisnis toko online ini tidak mudah, perlu direncanakan dengan seksama, agar online bisa berjalan lebih terarah.

Artikel berikutnya  : Cerita Online Shop : Pembeli yang cerewet dan bermasalah




Rasanya sulit juga mengelola online shop cuma satu orang 4.5 5 Agus Supriyono Thursday, July 9, 2015 Jika anda berniat merencanakan membuka toko online, semoga share ini bisa menjadi bahan pertimbangan Setelah sebelumnya posting Saran Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop , kali ini coba share sedikit pengalaman ketika mengelola online ...