Cerita Warga Lereng Gunung yang kekurangan air di musim kemarau

 on Monday, August 31, 2015  



Di ajak teman survey karena besoknya mau kegiatan sosial droping air bersih, ketika ngobrol dengan warga dengan kades ada cerita-cerita yang menurut saya baru saya dengar dan memprihatinkan. teman saya ini saja kaget, setelah terjun langsung di lokasi ternyata bencana kekeringan itu dampaknya sangat terasa, dan air ini sangat berarti setiap harinya. hidup mengharapkan bantuan air, kalau tidak ada bantuan datang harus membeli air.

Berikut cerita-cerita singkat yang saya dengarkan bagaimana dampak kekeringan, dapat saya merangkumnya, antara lain

1. Ada teman yang bercanda kepada warga " kenapa si bu, air disini sulit kok buat rumah disini"

2. Kesulitan mandi, kalau pun harus mandi airnya ga mengalir hilang begitu saja, tetapi dari air tersebut ditampung lagi untuk menyiram tanaman. jadi bisa dua kali manfaat yaitu untuk mandi dan menyiram tanaman.

3. Karena kekeringan tidak bisa bercocok tanam, yang laki-laki pergi merantau ke kota buat menyambung hidup dan salah satunya untuk beli air dimusim kemarau.

4. Kebutuhan air dari tadah air hujan, ketika hujan tiba air ditampung, setelah datang musim kemarau hanya beberapa hari air sudah habis.

5. Ketika bantuan air datang, ramai warga antri, dengan membawa dirigen untuk mendapatkan air.

6. Tidak ada sumber mata air, mau buat sumur atau ngebor biaya besar sekali, itu mangkanya sampai sekarang kekeringan ini setiap tahun terjadi. belum ada solusi permanen.

Sekian...




Cerita Warga Lereng Gunung yang kekurangan air di musim kemarau 4.5 5 Agus Supriyono Monday, August 31, 2015 2. Kesulitan mandi, kalau pun harus mandi airnya ga mengalir hilang begitu saja, tetapi dari air tersebut ditampung lagi untuk menyiram tanaman. jadi bisa dua kali manfaat yaitu untuk mandi dan menyiram tanaman. 3. Karena kekeringan tidak bisa bercocok tanam, yang laki-laki pergi merantau ke kota buat menyambung hidup dan salah satunya untuk beli air dimusim kemarau. Di ajak teman survey karena besoknya mau kegiatan sosial droping air bersih, ketika ngobrol dengan warga dengan kades ada cerita-cerita yang...