Beberapa Kerusakan pada printer dan Cara Memperbaikinya

 on Wednesday, September 16, 2015  



Berikut mencoba mengulas beberapa kerusakan yang sering terjadi pada printer dari hasil pengalaman dan coba mengatasinya sendiri. Dan ternyata juga bisa, dari pada ke teknisi printer terus menerus, coba dan mencoba juga akhirnya bisa, lumayan kan menghemat pengeluaran, dan juga menjadi ketrampilan, kalau ada printer saudara yang rusak bisa membantunya.

Artikel lain : Printer buat ngeprint keluarnya kertas banyak, ini penyebabnya

Seringkali ketika printer rusak bisa diperbaiki dengan menggunakan logika-logika, berikut beberapa kerusakan printer dan cara memperbaikinya yang sering saya temui, antara lain :

1. Printer hasil cetaknya putus-putus
Ini paling sering dialami, hasil cetak tulisan terputus-putus, kurang jelas,  dari logika saya bisa saja tintanya kekentalan atau kering di catridgenya, bagaimana cara mengatasinya, yang saya lakukan untuk masalah printer seperti itu cara mengatasinya dengan menggunakan tisu, tepak  atau lap dibagian catridge dengan tisu lihat hasilnya kalau sudah ada bekas tinta menepak jelas sempurna, maka hasil cetaknya bisa dipastikan sempurna, kalau tepak tinta hanya bergaris kecil ini menunjukan tidak sempurna perlu diberi cairan pengencer, kalau tidak isi tinta lagi, dan lap pakai tisu kalau sudah membekas disitu bagus, silakan cek, kalau dari pengalaman saya sudah benar. Hasil cetaknya tidak putus-putus lagi, normal kembali.

2. Printer hasil cetaknya tidak keluar tulisan
Ini bisa di sebabkan tinta di catridge kosong, isi kembali secukupnya hati-hati dengan jarumnya jangan sampai kebablasan sehingga tembus, ukur sesuai tampungan catridge, jangan dipaksanakan terlalu penuh, bisa bocor catridgenya dan lap pakai tisu dan perlu diingat jangan sampai kena elektrolitnya, bisa konslet, yang mengakibatkan printer eror tidak bisa digunakan.
Kalau sudah diisi belum juga keluar tulisan, gunakan cara pertama diatas, lap dengan tisu bagian bawah catridge kalau menepak, seharusnya sudah bisa digunakan untuk ngeprint. Kalau belum berarti kerusakan pada catridge ini pernah saya alami, sudah berbagai cara tidak bisa ternyata memang cattridgnya sudah saatnya diganti. Karena pernah saya dengar catridge ini juga ada usiannya sampai berapa cetak.

3. Printer kertas macet ditengah jalan
Seringkali kertas mbulet didalam printer, ini biasanya kualitas kertas yang jelek terlalu tipis, dan bisa juga ada ganguan di rolling kertas. Bisa juga ada benda-benda kecil biasaya isi steples atau benda lain yang membuat kertas masuk tidak sempurna, menghambat kertas masuk. Cek apakah kalau sudah dicek semua tidak ada masalah yang saya sebutkan, berarti pada perangkat printer ada yang sudah tidak benar, pada bagian rolling tergeser, ini disebabkan biasanya ketika kertas nyangkut, memgambilnya tidak hati-hati, jadi merusakan perangkat printer, cara saya ketika printer macet, matikan power printer setelah tidak ada arus listrik, tarik kertas perlahan-lahan.

4. Printer menggunakan infus sering macet
Punya pengalaman dengan printer seperti ini, mseki yang pasang sudah teknisi printer, tidak pasti bagus, dari yang pernah saya temui, pemasangan slangnya kurang benar sedikit, menyebabkan slang jadi terhambat. Ini sering tejadi pada printer dengan tinta menggunakan infus, cara mengatasinya, lihat pergerakan slang tinta, sudah benar apa belum, seringkali pemasangan yang kurang pas, ini menganggu gerak slang sehingga sering menyangkut. Cara mengatasi perlu disetting ulang gerak slang perhatikan penyebab slang nyangkut benahi hingga gerak slang tidak ada hambatan.

5. Printer menggunakan infus sering masuk angin, tinta tidak mengalir ke catridge sehingga catridge tintanya kosong, buat cetak tidak keluar tulisan.

Artikel lain : Memperbaiki Printer iP 1880 dengan Masalah "The Ink Absorber Is Almost Full"


Ini akibat dari tersendatnya aliran tinta, bisa terjadi karena kentalnya tinta, saya pernah mengalami ini, saya buang isi tinta dan ganti tinta yang baru dan hasilnya bagus kembali, untuk menaikan aliran tinta ke catridge, gunakan maintenanca cleaning.

Artikel lain : Ebook Panduan lengkap service komputer, laptop dan Printer


Demikian kelima dari beberapa kerusakan printer yang sering saya temui, dan cara mengatasinya, dari mencoba akhirnya bisa juga dan ternyata tidak begitu sulit.

Pengalaman lain dari kerusakan printer lainnya adalah dalam penempatan printer, berikut diantaranya :
1. Jangan letakan printer di bawah AC, dari pengalaman printer kejatuhan air AC, apa yang terjadi printer rusak total tidak bisa diperbaiki.
2. Jaga kebersihan, pernah printer rusak, kata teknisi disebabkan oleh kotoran kecoa, membuat komponen eletrik printer rusak.

Sekian, saya akhiri Beberapa Kerusakan pada printer dan cara memperbaikinya, mudah-mudahan bermanfaat, artikel berikutnya Cara Perawatan Printer Supaya Lebih Awet














Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969



Beberapa Kerusakan pada printer dan Cara Memperbaikinya 4.5 5 Agus Supriyono Wednesday, September 16, 2015 Berikut mencoba mengulas beberapa kerusakan yang sering terjadi pada printer dari hasil pengalaman dan coba mengatasinya sendiri. Berikut mencoba mengulas beberapa kerusakan yang sering terjadi pada printer dari hasil pengalaman dan coba mengatasinya sendiri. Dan ternya...