Kini Jualan Online di Internet Semakin Mudah

 on Tuesday, September 15, 2015  



Kalau dulu awal mengenal internet, belajar dari nol jualan online di internet hal yang sulit, mulai dari membuat blog atau website, kemudian menata tampilan produk, dan kemudian salah satu hal yang paling sulit yaitu mendatangkan pengunjung ke website.

Buat blognya atau website toko online mudah tapi kalau sudah urusan pengunjung ini yang sulit bahkan bagi pebisnis online tak tanggung-tanggung untuk mengeluarkan biaya iklan yang besar demi untuk mendapatkan pengunjung website toko online yang ramai, dengan ramainya pengunjung toko online ini tentunya memberikan peluang ada yang beli.

Artikel lain : Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Toko Online dan Tertarget

Dalam perkembangannya jualan online semakin mudah, berikut beberapa diantaranya berjualan di internet dengan memanfaatkan media seperti berikut :

1. Media sosial
Pertama yaitu dengan media sosial, seperti misalnya facebook, dengan memiliki pertemanan yang banyak, misal 5000 orang, sekali posting produk yang membeli 5 saja sudah lumayan, kemudian untuk meningkatkan peluang lagi, membuat akun facebook lagi, punya akun facebook 10 masing-masing punya pertemanan 5000 jadi 50.000 orang menjadi media bisnis yang cukup prospektif.

Kemudian lagi memanfaatkan facebook yaitu dengan membuat fanpage facebook, cara kerjanya dengan liker atau follower yang banyak, ketika sudah memiliki follower ratusan ribu ini bisa, menjadi alat promosi yang cukup efektif, sekali posting akan dilihat oleh ratusan ribu follower, seperti misalnya fanpage mario teguh yang memiliki follower jutaan, seringkali saya lihat iklan sponsor di postingannya. Jadi pemanfaatannya untuk jualan online ketika memiliki fanpage banyak ini cukup prospek ketika posting produk akan dilihat jutaan pengguna facebook, anggap saja 1% saja yang tertarik dan order ini sudah bisa dihitung laba penjualannya.

Artikel lain : Pelayanan Bagus Repeat Order - Cerita Online Shop

Namun yang menjadi kendala disini cara memperbanyak follower disini membutuhkan trik, bahkan dari sini, menangkap adanya peluang dengan menawarkan jasa mendapatkan like yang banyak.

Media sosial lainnya yaitu instagram, ketika membuka instagram bisa dilihat banyak produk-produk bermunculan, semuanya ini online shop yang memanfaatkan pengguna instagram sebagai targetnya.

Cara kerjanya sama seperti facebook, yaitu memperbanyak follower, kemudian anda tinggal posting produk-produk anda, misal anda punya follower 100.000 yang membeli 1% saja anda sudah mendapatkan pembeli 100 orang, laba dari jualan online shop yang cukup menggiurkan. Untuk cara mendapatkan followernya pun ada caranya seperti memfollow kemudian mendapatkan follow back dan cara-cara lainnya, jika anda punya dana, anda pun bisa membayar jasa penambah follower.

Begitu juga media sosial lainnya seperti twitter, google+ cara kerjanya sama, anda harus memiliki pertemanan ataupun follower sebanyak-banyaknya, agar ketika anda upload produk banyak yang melihatnya.

2. Website market place
Meski keberadaan website market place  terbilang baru, tapi sudah cukup populer, karena memang website market place ini termasuk salah satu bisnis besar, begitu launching, iklannya langsung tersebar dimana-mana, di blog, difacebook sehingga pantas saja website market place ini trafiknya langsung tinggi. Dengan trafik tinggi ini memudahkan para penjual online untuk memasarkan produknya, salah satunya tokopedia, tinggal registrasi buka lapak disitu kemudian pasang barang dagangan anda, dan tunggu, karena urusan pengunjung website tokopedia ini sudah beriklan dimana-mana, jadi dipastikan trafiknya tinggi setiap harinya.

Pernah saya bertransaksi di tokepedia sebagai pembeli, saya perhatikan sistem toko online memang bagus, tidak ada lagi istilah toko online tidak ada barang yang tidak sampai, karena sistemnya setiap transaksi menggunakan rekening bersama, dimana sebelum barang sampai uang pembeli tidak diberikan kepada penjual.

Artikel lain : Ini Jika Punya toko online bermodal besar, keren bro

Mungkin yang tidak mengenakan bagi penjual adalah menerima pembayaran setelah ada konfirmasi dari pembeli bahwa barang sudah di terima, Karena butuh waktu beberapa hari, perputaran modal jadi lambat dan harus memiliki modal yang cukup, apalagi jika barang yang terjual banyak, maka modal akan mengendap beberapa hari.

Jadi kesimpulan berjualan menggunakan website besar market place seperti tokopedia ini ada kelebihan yaitu tidak dipusingkan pengunjung dan kelemahannya uang penjualan tidak bisa langsung diterima.

Namun demikian meski jualan online ini mudah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berjualan online di internet, salah satunya menurut saya adalah

1. Pemilihan produk
Produk yang dijual ini juga perlu dipertimbangkan, ketika menjual produk di internet yang sudah pasaran, mudah di jumpai didunia nyata, rasanya akan kesulitan menjual secara online, orang lebih memilih membeli di dunia nyata daripada membeli secara online yang menunggu beberapa hari barang sampai di pembeli.


2. Harga
Harga yang lebih murah dari pada membeli secara online ini juga menjadi daya tarik, sehingga orang memutuskan untuk membeli secara online, saya contohkan saya temui orang berjualan tas branded, harganya di online shop terbebut kalau harganya lebih murah dari counter, dengan pertimbangan harga, jualan tas branded ini pun menjadi laris manis, pernah saya ketahui ada saudara yang berjualan tas secara online menggunakan media instagram dalam sebulan mampu menjual 300 tas.


3. Permintaan
Permintaan ini bisa diketahui di google analityc atau keyword planer di tool ini bisa terlihat kata kunci yang banyak di cari melalui mesin pencari, yang ini bagi orang awam akan sulit, dalam hal ini ada jasa yang ahli dalam bidang mengetahui permintaan di internet.


4. Persaingan
Kalau produk yang dijual sudah pasaran di internet, akan banyak saingan maka strategi yang dilakukan adalah harga yang murah, kemudian ketika produk dipasaran di internet masih jarang atau langka ini yang bagus anda tidak begitu dipermasalahkan dengan harga, dan bisa jadi barang dagangan anda laris manis.

Artikel lain : Kiat Membangun Reputasi Toko Online

Jualan diinternet ini cukup menjanjikan, karena target pasarnya cukup luas dari sabang sampai marauke, pengguna internet yang terus meningkat, memberikan peluang prospek yang cerah. Pantas saja banyak pebisnis yang mengeluarkan modal besar untuk membuat website jual beli, dan terus bermunculan mulai dari toko bagus, olx, berniaga, elevania, tokopedia, bukalapak.

Kemudian yang cukup menguntungkan jika di bandingkan dengan toko di dunia nyata offline, kalau di offline mungkin jam buka jam 09.00 – 21.00 kalau jualan online di internet 24 jam nonstop bisa diakses, dini hari orang bisa mengakses melihat produk-produk dan pagi harinya orang bisa order, orang mempunyai banyak waktu, tidak dibatasi waktu, misal setelah aktivitas selesai pukul sembilan malam, jam itu orang bisa berbelanja online.

Dari ulasan diatas secara keseluruhan dapat saya simpulkan Jualan Online di Internet Semakin Mudah yaitu dengan memanfaatkan website-website besar seperti media sosial dan market place anda bisa menggunakannya secara gratis. Dengan cara tersebut anda bisa meminimalisir pengeluaran, anda bisa gunakan biaya pengeluaran tersebut untuk modal atau membangun aset di internet, sepertinya membangun fanpage faecebook, instagram, twitter yang memiliki follower yang banyak

Sekian saya akhiri coretan pengetahuan kali ini, mudah-mudahan memberikan manfaat. Artikel berikutnya Kelebihan Menjalankan Toko online Melalui Web




Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969



Kini Jualan Online di Internet Semakin Mudah 4.5 5 Agus Supriyono Tuesday, September 15, 2015 Kalau dulu awal mengenal internet, belajar dari nol jualan online di internet hal yang sulit, mulai dari membuat blog atau website, kemudian menata tampilan produk, dan kemudian salah satu hal yang paling sulit yaitu mendatangkan pengunjung ke website. Kalau dulu awal mengenal internet, belajar dari nol jualan online di internet hal yang sulit, mulai dari membuat blog atau website, kemudian...