Kelemahan Bisnis Multi level Marketing (MLM) Bisnis Jaringan

 on Sunday, January 10, 2016  



Ide menulis ini dadakan baru saja membahas dengan teman tentang bisnis MLM melalui pesan BBM, bisa dibilang perbedaan pendapat tentang bisnis jaringan.

Inti dari apa yang disampaikan teman di BBM teman saya ini adalah kelemahan bisnis beauty shop azaria.

Teman saya ini mengungkapkan kalau sistem yang ada di azaria ini piramid diperkirakan hanya 10% yang bergabung diawal yang mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut, orang yang bergabung belakangan rugi.

Kemudian bisnis azaria ini haram karena dari bonus yang dihasilkan dari get member.

Saya menjawab mengulas disini bukan karena saya ini member bisnis azaria, tetapi saya tetap apa adanya dari pengetahuan yang saya ketahui, bukannya pembelaan karena saya membernya.


Sumber Foto : topfittraining.com


Dari ungkapan diatas yang menyebutkan kalau bisnis azaria ini yang diuntungkan adalah 10% yang bergabung di awal, saya memahami itu, memang ada benarnya juga, dan ini menurut saya salah satu kelemahan dari bisnis jaringan atau bisnis MLM, saya dulu pernah ikut bisnis mlm dengan produk pulsa elektronik, bisnis mlm lainnya dan sekarang ikut lagi bisnis azaria, gagal tapi mau mencoba lagi, tetapi tentunya ikutnya ada alasanya, untuk bisnis azaria ini alasannya ada penyempurnaan sistem pemasaran dari sebelumnya, sebenarnya yang gabung bisnis azaria ini atas nama istri saya, tetapi saya sebagai penggerak, saya yang menjalankannya.

Yang namanya membangun jaringan ini penting bagi sebuah bisnis tidak hanya bisnis MLM, dengan luasnya jaringan perusahaan bisa berkembang, saya dapat mencontohkan indomart dan alfamart bisa dilihat tokonya ada dimana-mana, ini adalah jaringan, tanpa adanya jaringan yang luas, bisnis akan sulit berkembang, saya menganggapnya bisnis jaringan ini faktor kali, ibaratnya saya buka cabang di 10 tempat, penjualan misal per cabang 10 biji total penjualan bisnis saya berarti 10 x 10 tempat berarti ada 100, bisa dibayangkan jika bisnis hanya satu tidak memikirkan jaringan, rasanya sulit bisnis bisa berkembang.

Contoh lainnya adalah, mungkin anda pernah ditawari jualan pulsa, itulah dalam rangka membangun jaringan, ketika anda berhasil membangun agen pulsa, punya donwline banyak, anda bisa lebih banyak omzet dan mudah mendapatkan pasive income.

Ilustrasinya adalah anda jualan pulsa, berjualan sendirian untungnya segitu-gitu saja, untuk pengembangan anda mengajak orang berjualan pulsa berhasil mendapatkan mitra 10 orang, misal setiap mitra dalam sehari berhasil transaksi pulsa 50 kali, maka total penjualan keseluruhan bersama mitra anda dalam sehari  50 kali x 10 mitra, maka penjualan dalam sehari ada 500 transaksi, jadi untungnya lebih gede.

Begitu juga bisnis MLM bisnis jaringan, agar penjualan meningkat merekrut member sebanyak-banyaknya, namun dalam prakteknya orang menurut saya salah dalam pemahaman, fokusnya hanya bonus rekrut member saja, tidak benar-benar membangun jaringan untuk pengembangan yang bertujuan meningkatkan omzet penjualan produk. tragisnya setelah diajak gabung di tinggalkan begitu saja, tidak diberikan pengarahan. menurut saya yang benar adalah diberikan arahan, karena ketika jaringan bisa bekerja bagus, upline pun mendapatkan keuntungan.

Menurut saya, tidak ada bisnis yang hanya memiliki kelebihan pasti ada kelemahannya, dan menurut saya, bagi saya mengikuti bisnis azaria ini bentuk action, banyak orang yang kebanyakan berpikir akhirnya tidak melakukan apa-apa diam ditempat, sedang yang action tahu apa yang terjadi dan pengalaman yang sebenarnya dari bisnis tersebut, jika terjadi hal yang tidak diharapkan itu menjadi pengalaman, yang dilain waktu karena sudah tahu tidak akan mengulanginya lagi.

Kenapa gabung di bisnis azaria, ini ada yang berbeda, saya sendiri memahami bahwa bisnis azaria ini 10% yang gabung diawal yang mendapatkan keuntungan, tetapi semua kembali ke kerja keras masing, gabung diawal kalau pasive gagal tidak melakukan apa-apa hasilnya juga nihil, tidak ada untungnya. yang sabar, tekun dan kuat merekalah yang berhasil, contohnya ada 5 orang jualan bakso, yang empat tidak kuat tidak bertahan tutup, tinggal satu orang yang kuat dan sabar, akhirnya penjual bakso yang tinggal satu ini yang ramai jadi rebutan, begitu pula bisnis ketika ada yang menyerah mengurangi saingan.

Yang berbeda di bisnis azaria ini adalah potensi penghasilannya tidak hanya dari get member, kita bisa berjualan produk-produk azaria, dan mendapatkan keuntungan langsung, kita bisa pasarkan secara online dengan sistem dropship yaitu dengan membuat toko online dengan produk yang dijual produk azaria, tanpa stok bisnis bisa berjualan, jadi tidak perlu modal tambahan, kemudian di azaria ini tidak ada stokis, jadi memiliki modal besar dan kecil itu diberlakukan sama, tidak ada harga yang lebih murah, harga terpusat dari perusahaan azaria.

Seringkali orang mau jualan bingung produknya apa, dengan info bisnis azaria ini anda bisa jualan dengan modal hanya 1,4 juta anda sudah punya usaha punya bisnis, selanjutnya tanpa punya stok anda bisa berjualan, urusan pengepakan dan lain-lain langsung dari perusahaan azaria yang berada di surabaya.

Mengenai halal dan haram komentar teman diatas menyebutkan bisnis azaria ini haram karena penghasilannya diperoleh dari rekrut member.

Dari pertanyaan halal dan haram saya dapat menjawab sebagai berikut :
ketika ada seorang bergabung mengeluarkan uang 1,4 juta itu tidak cuma-cuma seperti money game tidak mendapatkan apa-apa, tetapi di azaria mendapatkan produk senilai 1,6 juta, anda bisa cek di list harga azaria harganya, ketika repeat order anda tidak lagi mendapatkan produk tersbeut senilai 1,4 juta tetapi 1,6 juta.

Jadi uang pendaftaran member sebesar 1,4 juta anggap saja membeli produk azaria, karena orang mau memasarkan produk tentunya harus menguasai mengetahui produk dahulu yang akan dijual, jadi ketika daftar anggap saja itu produk buat sample di coba dulu apakah produk azaria ini berkualitas atau tidak.

Mengenai bonus satu juta yang diberikan oleh perusahaan azaria, ini wajar andai saja, misal dalam kalkulasi perusahaan rugi memberikan bonus 1  juta, terlalu besar, bisa jadi ini rugi diawal, seperti orang beriklan, untungnya perusahaan adalah jaringan azaria berkembang yang nantinya dengan pengembangan jaringan tersebut, perusahaan azaria dan membernya mendapatkan keuntungan yang berkelanjutan. ibaratnya misal diperusahaan lain untuk mendapatkan jaringan perusahaan mengeluarkan biaya iklan cuma-cuma, tetapi setelah beriklan jaringan perusahaan berkembang dan pengaruhnya penjualan meningkat berkelanjutan, perusahaan jadi untung besar.

Jadi kalau tidak ada yang dirugikan apakah bisa disebut haram, ada penjual ada pembeli dan keduanya sepakat, ada produk yang dijual. jadi apakah bonus get member yang didapatkan ini haram.

Sistem perusahaan juga demikian, ketika karyawan berhasil pastinya ada bonus yang diberikan.

Contoh lain, ketika anda mengantarkan orang membeli motor (misal makelar) di dealer kemudian anda mendapatkan komisi dari dealer, apakah uang itu haram, uang itu adalah sebagai bonus,  karena dengan seperti itu dealer motor merasa terbantu, dengan pemberian bonus tersebut diharapkan termotivasi dan terus berkelanjutan, melakukan hal yang sama mengantarkan pembeli motor berikutnya, sehingga pada akhirnya penjualan motor meningkat.

Dalam bisnis metode pemberian bonus ini umum tidak hanya di MLM diperusahaan-perusahaan juga seperti itu, apalagi di peluang bisnis di internet banyak sekali penawaran seperti itu, mengajak orang mendapatkan bonus afiliasi.

Demikian ulasan versi saya mencoba berpendapat tentang sebuah Kelemahan Bisnis Multi level Marketing (MLM) bisnis Jaringan, oh ya setelah mengetahui ulasan bisnis azaria jika anda tertarik ingin menjalankan bisnis azaria membutuhkan informasi lebih lanjut bisa menguhubungi sms/wa 085640930969 atau BB 7421A5D8, berikut simak juga Cara Daftar Secara Online Bisnis Myazaria



Cari Tool Internet Marketing, Tool Facebook, Tool Instagram, Tool Youtuber dan Informasi Produk Digital Indonesia Terbaru Lainnya Selengkapnya disini Blog Review Produk Digital Indonesia



Kelemahan Bisnis Multi level Marketing (MLM) Bisnis Jaringan 4.5 5 Agus Supriyono Sunday, January 10, 2016 Kelemahan Bisnis Multi level Marketing (MLM) bisnis Jaringan, Dari ungkapan diatas yang menyebutkan kalau bisnis azaria ini yang diuntungkan adalah 10% yang bergabung di awal, saya memahami itu, memang ada benarnya juga, dan ini menurut saya salah satu kelemahan dari bisnis jaringan atau bisnis MLM Ide menulis ini dadakan baru saja membahas dengan teman tentang bisnis MLM melalui pesan BBM, bisa dibilang perbedaan pendapat tentang bisni...