Kisah Pemula Kesulitan Menulis Berita yang enak di baca

 on Tuesday, January 5, 2016  



Kalau menulis artikel buat blog sih bebas dengan bahasa apa saja, yang penting informasinya bisa sampai ke pembaca, tapi kalau berita ini sudan resmi menjadi sebuah media cetak, menulis berita ini memang harus pinter dari judul harus menarik, isi berita gaya bahasanya juga harus bagus, jelas dan terarah serta enak dibacanya.

Meski menulis berita ada rumusnya 5W+1H, tetap saja bagi pemula seperti saya, bingung juga bagaimana gaya bahasa yang bagus, yang tidak mengurangi nilai berita. memang benar butuh sepak terjang, pengalaman, jadikan menulis ini sebuah kebiasaan.

sumber foto : pelitariau.com


Ada temantadinya wartawan dari media lokal setelah punya pengalaman naik level pindah masuk di media cetak yang lebih bonafit lagi, karena memang skill menulis berita untuk media yang sudah besar, tidak bisa sembarangan. jadi pikiran saya menulis berita ini harus terus berlatih, sampai bisa membuat berita yang enak di baca, ketika sudah berpengalaman, banyak dibutuhkan tenaganya.

Pernah mengikuti seminggu pelatihan jurnalistik, begitu masuk tulisan di slide jadikan menulis sebuah kebiasaan, ikut pelatihan yang ada juga bingung, tidak percaya diri menulis beritanya sudah bagus apa belum, padahal sudah jelas rumusnya, tapi penyusunan bahasa yang enak ini yang susah.

Salah satunya pada latihan saya menulis berita, kegiatan dilakukan hanya 10 orang, waktu itu saya menulisnya puluhan orang melakukan bla bla, disini saya berpikir kalau hanya puluhan tidak menarik kata-katanya, dalam benak saya lantas bahasa yang benar apa ya, setelah release saya kirim ke wartawan, besoknya keluar di koran, ini menjadi pelajaran saya dalam menulis berita, yaitu kata puluhan itu enaknya ditulis sejumlah, kalau ribuan baru menarik, jadi bagus kalau menulis berita ribuan orang bla bla..terkesan ramai.

Sering saya buat release selalu saja ada koreksi dari pimpinan, dalam membuat berita ini yang menjadi kendala saya, menulis berita yang enak dibaca, penyusunan kalimat , senior saya juga sering bilang begitu, menulis berita itu yang enak di baca dan menarik.

Bagaimana anda sedang belajar menulis berita, saya memang belum bisa menulis berita, tetapi mau kasih saran he.... syukur dibaca, saranya adalah sering membaca berita, perhatikan penyusunan kalimatnya, kosa kata dalam rangkaian kalimat, dan urutan penulisannya sesuai rumus menulis berita yang sudah disebutkan diatas.

Sekian sebuah coretan kisah Pemula Kesulitan Menulis Berita yang enak di baca, selanjutnya simak juga Cara Jika Bingung Menulis Berita




Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969



Kisah Pemula Kesulitan Menulis Berita yang enak di baca 4.5 5 Agus Supriyono Tuesday, January 5, 2016 Kalau menulis artikel buat blog sih bebas dengan bahasa apa saja, yang penting informasinya bisa sampai ke pembaca, tapi kalau berita ini sudan resmi menjadi sebuah media cetak, menulis berita ini memang harus pinter dari judul harus menarik, isi berita gaya bahasanya juga harus bagus, jelas dan terarah serta enak dibacanya. Kalau menulis artikel buat blog sih bebas dengan bahasa apa saja, yang penting informasinya bisa sampai ke pembaca, tapi kalau berita ini su...