Tips Berlatih Menulis Artikel agar Tulisan Tidak Mbulet, Membingungan dan Mudah Dipahami

 on Sunday, February 14, 2016  



Bukan bermaksud menggurui, sharing kali ini hanya pelajaran yang saya dapatkan hari ini tentang bagaimana belajar menulis artikel agar tulisan tidak membingungkan, bahasan saya itu mbulet dan mudah memahami.

Cara yang saya lakukan ketika saya berlatih menulis adalah setelah saya posting, saya suruh istri untuk membacanya, kemudian memberikan komentar tentang bagaimana susunan kata dan kalimatnya, apakah sudah standar apa belum sudah seperti umumnya, paling tidak orang yang membaca paham dengan apa yang disampaikan dalam artikel tersebut.

Hasilnya penilaian ada artikel yang mbulet, membingungan, ada juga yang sudah standar, sudah pantaslah tulisannya di publikasikan di baca orang.

Dari tulisan yang mbulet itu biasanya saya lagi tidak fokus membuat artikel, kemudian kurangnya menguasai materi, memaksakan sehingga hasil tulisannya membingungkan. biasanya targetnya menulis artikel panjang.

Jadi bagi anda penulis blog yang baru memulai seperti saya, jangan asal menulis, tulis sesuai dengan penguasaan materi, pengetahuan yang anda miliki. dari pada hasilnya nanti membingungkan, pesan dalam artikel tidak tersampaikan, dan bisa jadi di cap penulis yang masih belajar terus.

Saya sendiri kalau menulis berdasar pengalaman dan pengetahuan bisa menulis panjang sampai 2000 kata tapi kalau topiknya belum menguasai, 300 kata saja, kesulitan dan hasil jadinya kalimatnya membingungkan.

Ketika mendapatkan order penulisan artikel review ( Baca juga pada jasa artikel review), saya mensiasatinya menggunakan metode penulisan artikel dengan sistem tanya jawab, penjelasan per poin yang kata-katanya bisa didapatkan dari sumbernya.

Kemudian cara yang saya lakukan ketika Berlatih Menulis Artikel agar tulisan tidak bulet,membingungan dan mudah dipahami, adalah disetiap paragraf menghindari kalimat yang panjang.

Hal yang saya perhatikan juga dalam menulis adalah pemberian tanda koma dan titik, ini penting sekali, jika terlewatkan ini seringkali membingungkan kalimatnya.

Jadi penulis ini harus siap dikritik, kritikan tersebut akan menjadi pembelajaran sehingga pada akhirnya bisa menulis dengan baik.

Saya kalau menilai tulisan sendiri juga bingung apakah sudah bagus apa belum, yang bisa menilai hanya dari pembaca, kadang dibilang tulisan artikel saya mbulet membingugkan, nyatanya pernah ikut lomba dapat juara satu. ( bukan bermaksud sombong hanya evaluasi saja agar percaya diri menulis)

Tapi dari situ saya dapat menyimpulkan setiap penulisan ini tidak meski selalu bagus, terkadang tergantung dari mood ketika menulis. jadi perlu adanya editor sebelum dipublikasikan di blog. simak juga : Perlunya seorang editor sebelum mempublikasikan tulisan di blog

Cara saya untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan sering ikut lomba menulis. kalau saya sampai menang bararti tulisannya saya sudah layak di baca umum.

Kesimpulan : 

Tips Berlatih Menulis Artikel agar tulisan tidak bulet,membingungan dan mudah dipahami dapat saya rangkum adalah :

1. Jangan membuat kalimat panjang, disetiap paragrafnya.
2. Perhatikan tanda titik, koma disetiap artikel
3. Terus Berlatih menulis
4. Ikut lomba menulis sebagai sarana belajar dan mengevaluasi tulisan artikel anda.

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat.





Cari Tool Internet Marketing, Tool Facebook, Tool Instagram, Tool Youtuber dan Informasi Produk Digital Indonesia Terbaru Lainnya Selengkapnya disini Blog Review Produk Digital Indonesia



Tips Berlatih Menulis Artikel agar Tulisan Tidak Mbulet, Membingungan dan Mudah Dipahami 4.5 5 Agus Supriyono Sunday, February 14, 2016 Bukan bermaksud menggurui, sharing kali ini hanya pelajaran yang saya dapatkan hari ini tentang bagaimana belajar menulis artikel agar tulisan tidak membingungkan, bahasan saya itu mbulet dan mudah memahami. Bukan bermaksud menggurui, sharing kali ini hanya pelajaran yang saya dapatkan hari ini tentang bagaimana belajar menulis artikel agar tulis...