5 Manfaat Menceritakan Dongeng Kepada Anak

 on Thursday, March 31, 2016  



Dongeng sangat identik jika dikaitkan bersamaan dengan bayi dan balita. Dari zaman dahulu budaya menceritakan dongeng sudah sangat terkenal dan berasal dari kebudayaan luar. Dongeng sendiri tidak hanya berfungsi untuk menghibur bayi anda namun juga untuk mempererat hubungan antara anda dan bayi anda. Sungguh tidak ada yang namanya terlambat untuk memberikan cerita dongeng anak, anda bisa memberikannya ketika anak berusia 1 tahun. Tentu dengan penyampaian yang disertai ekspresi beragam disesuaikan dengan alur cerita.

Dongeng seperti Si Kancil, Bawang Merah & Bawang Putih, dan Si Jubah Merah adalah dongeng yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Pesan-pesannya yang begitu mudah dicerna oleh anak dan juga sangat menyentuh membuatnya dapat memberikan pengalaman kepada anak anda. Sebenarnya anda dapat memberikan pengalaman kepada anak dan bagaimana mengatasi masalah tersebut tanpa si anak terlibat secara langsung dengan masalah tersebut. Ya tentu saja dengan cara membacakan dongeng kepada mereka secara tidak langsung mereka akan belajar cara mengatasi masalah.



Beberapa manfaat yang Sariwangi-Mari Bicara rangkum untuk anda dari membacakan dongeng untuk anak adalah sebagai berikut :

1. Dapat mempererat ikatan emosi orang tua dengan anak

2. Sebagai wadah relaksasi dari anak anda

3. Dapat secara tidak langsung mengalami budaya lain yang diberikan dari cerita-cerita dongeng luar negeri seperti Cinderella dan lain sebagainya

4. Dapat memperkenalkan ide baru kepada anak anak anda baik dalam mengatasi masalah juga dalam berhubungan sosial

5. Secara tidak langsung menyampaikan nilai moral yang bisa anak pelajari sejak dini

Anak-anak yang rutin diberikan bacaan dongeng setiap malam memiliki perasaan yang lebih kuat dan tajam serta mereka memiliki segudang solusi yang dapat membantu mereka mengatasi masalah dalam ajang sosialisasi. Lalu apakah anda akan tetap mengekang diri dengan kesibukan-kesibukan kerja yang akhirnya menjadi alasan paling ampuh untuk anda menhindar dari membacakan cerita dongeng kepada anak anda ? ingatlah bahwa tumbuh kembang yang baik bagi anak-anak adalah hal yang sangat penting.





5 Manfaat Menceritakan Dongeng Kepada Anak 4.5 5 Agus Supriyono Thursday, March 31, 2016 Beberapa manfaat yang Sariwangi-Mari Bicara rangkum untuk anda dari membacakan dongeng untuk anak adalah sebagai berikut : 1. Dapat mempererat ikatan emosi orang tua dengan anak Dongeng sangat identik jika dikaitkan bersamaan dengan bayi dan balita. Dari zaman dahulu budaya menceritakan dongeng sudah sangat terkenal ...