Sejarah Musik Reggae di Indonesia

 on Wednesday, March 2, 2016  



Ada banyak sekali genre-genre musik di Indonesia yang asli dari dalam negeri maupun internasional. Aliran musik tersebut juga mempunyai fans berat hingga memfavoritkan genre tersebut sebagai kesukaan. Seperti halnya dengan jenis musik dengan tempo agak lambat tetapi vokal lebih berat dan khas bernama Reggae. Nama aliran musik ini pun diduga berasal atas pengucapan Afrika yang bermula dari ragged atau gerak kagok yang tampak seperti hentakan oleh orang yang menari dengan iringan musik ska.


Musik ini banyak disebutkan lahir di tahun 1968 yang diawali pula dari jalanan getho atau tepatnya area kaum Rastafaria di Kingston yang merupakan ibu kota dari Jamaika. Di samping itu, musik ini khas dengan gaya rambut gimbal beserta lirik-lirik lagu yang menyatakan kebebasan, perdamaian, keindahan alam dan gaya hidup bohemiaan. Isi lagu tersebut pun termasuk bagian dari ajaran Rastafari atau yang dikenal dengan Rasta. Kini, musik Rastafari ini telah dikonsumsi oleh publik, termasuk di Indonesia.

Sejarah Musik Reggae di Indonesia

Perkembangan musik ini pun hingga ke Indonesia yang memunculkan tokoh-tokoh Rastafara. Personal tersebut pun juga memberikan banyak pengaruh dan mempunyai fans yang tak kalah saing dengan aliran musik lainnya, diantaranya ialah:

Tony Q Rastafaraialah nama populer dari nama lahir Tony waluyo sukmo asih. Lahir di kota Semarang, 27 April 1961. Tony dan group musiknya telah berkecimpung dengan musik Rastafara ini sejak tahun 1989 dan menjadi pelopor dari musik Rastafara Indonesia.

Steven and Coconuttreez sebagai salah satu pelantun musik Ska yang ternama di Indonesia.

Joni Agung & Double T sebagai pelantun lagu Rastafara dengan bahasa Bali. Karya-karyanya pun tenar dan berkembang pesat dari era 80’an hingga 90’an.

Mbah Surip atau yang mempunyai nama Urip achmad rijanto, lahir di Jawa Timur, 6 Mei 1957.

Selalu ada cerita di setiap kisah dan sama pula dengan sejarah musik Reggae di Indonesia yang tak terlepas oleh cerita-cerita bermakna. Tak lupa pula atas pelopor yang menjadikan khas musik Rastafara ini dikenal dan disukai banyak pihak di Indonesia. Bahkan tak luput pula dengan gaya rambut gimbal yang begitu khas dan mempunyai seni itu.




Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969



Sejarah Musik Reggae di Indonesia 4.5 5 Agus Supriyono Wednesday, March 2, 2016 Selalu ada cerita di setiap kisah dan sama pula dengan sejarah musik Reggae di Indonesia yang tak terlepas oleh cerita-cerita bermakna. Tak lupa pula atas pelopor yang menjadikan khas musik Rastafara ini dikenal dan disukai banyak pihak di Indonesia. Bahkan tak luput pula dengan gaya rambut gimbal yang begitu khas dan mempunyai seni itu. Ada banyak sekali genre-genre musik di Indonesia yang asli dari dalam negeri maupun internasional. Aliran musik tersebut juga mempunyai fans...