Cara Cek Perkiraan Pemberangkatan Haji Secara Online Dengan Nomor Porsi

 on Thursday, May 5, 2016  



Untuk mengetahui Perkiraan Berangkat haji secara online yang dibutuhkan adalah nomor porsi yang anda dapatkan pada saat mendaftar di Kantor Departemen Agama.

Untuk cek pemberangkatan haji dengan nomor porsi caranya mudah hanya beberapa menit saja anda bisa mengetahui jadwal keberangkatan haji

Berikut langkah-langkah untuk mengetahui jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi secara online, jadi siapkan nomor porsi anda :

1. Masuk kealamat situs resmi http://haji.kemenag.go.id/v2/node/955358
akan muncul gambar seperti di bawah ini

tampilan pada situs resminya

2. Seperti gambar diatas masukan nomor porsi anda.

3. Muncul hasilnya, sebagai contoh berikut seperti dibawah tampilannya.
Hasil cek akan muncul perkiraan berangkat
Dari hasil akan muncul perkiraan pemberangkatan haji untuk contoh diatas dari nomor resi yang diketikan hasilnya jadwal pemberangkatan tahun 2035

Dari hasil pengecekan lama juga ya, kalau daftar tahun 2015 berangkat 2035 berarti harus menunggu 20 tahun, pertanyaannya apakah perkiraan pemberangkatan bisa maju atau bisa lebih awal, dari sumber informasi yang saya dapatkan berita.suaramerdeka.com, bisa terjadi jadwal permberangkatan maju, diantaranya disebabkan oleh setiap tahun ada calon haji yang batal berangkat akibat meninggal, sakit, atau hamil.


Berikut kutipannya

’Hal ini karena jamaah yang berangkat tidak sebanding dengan jumlah pendaftar haji di setiap tahun,’’ kata Kasi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Mukhlis Abdillah.

Dia menambahkan, jumlah pendaftar haji di Kabupaten Purbalingga setiap tahun berkisar antara 1.200 orang hingga 1.300 orang. ‘’Padahal, jumlah yang berangkat setiap tahun rata-rata hanya 400 orang hingga 500 orang. Jadi, kalau dijumlah total pendaftar lalu dibagi jumlah alokasi haji, maka masa tunggunya 20 tahun,’’katanya.

Bisa Maju

Dia mengatakan, hal ini bisa menjadi patokan kesiapan umur maupun finansial masyarakat yang ingin berangkat haji. Namun masih ada kemungkinan maju atau malah mundur jadwal pemberangkatannya.

‘’Masih ada kemungkinan maju atau mundur, tergantung pada kebijakan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Arab Saudi,’’ungkap Mukhlis. Dia menuturkan, masa tunggu bisa maju, karena biasanya setiap tahun ada calon haji yang batal berangkat akibat meninggal, sakit, atau hamil.

‘’Rata-rata setiap tahun ada sekitar 80 calon haji yang membatalkan keberangkatannya, karena sebab-sebab itu,’’kata Mukhlis. Dia mengatakan, tahun ini Purbalingga akan memberangkatkan 470 calon haji. Jumlah ini jauh lebih banyak daripada tahun sebelumnya yang hanya 414 orang.

‘’Alokasi haji tahun ini masih ada kemungkinan berubah. Sebab, biasanya masih ada sisa kuota dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah,’’ungkapnya. Mengenai biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun ini, Mukhlis mengatakan, belum ditetapkan oleh pemerintah. Penetapan BPIH ini menjadi kewenangan Presiden.

‘’Jadi, belum ada yang dikatakan lunas. Semua simpanan haji statusnya adalah tabungan, selama belum ada ketentuan besar BPIH yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden,’’ katanya.


Sekian informasi Cara Cek Perkiraan Berangkat haji secara online




Cara Cek Perkiraan Pemberangkatan Haji Secara Online Dengan Nomor Porsi 4.5 5 Agus Supriyono Thursday, May 5, 2016 Untuk cek pemberangkatan haji dengan nomor porsi caranya mudah hanya beberapa menit saja anda bisa mengetahui jadwal keberangkatan haji Untuk mengetahui Perkiraan Berangkat haji secara online yang dibutuhkan adalah nomor porsi yang anda dapatkan pada saat mendaftar di Kantor ...