Kuliner Khas Pemalang "Lontong Dekem "

Lontong Dekem dari namanya, kuliner ini memang sedikit asing terdengar di telinga, namun soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Kuliner yang berbahan pokok lontong ini tidak jauh beda dengan lontong opor lainnya, namun Lontong Dekem memiliki keunggulan yang tidak dimiliki lontong opor lain. yaitu campuran sambal goreng di atas penyajiannya.




Berikut ada Resep Lontong Dekem:
Bahan Lontong:
500 gr beras, 5 lbr daun pisang, 10 bh lidi potong-potong.

Bumbu untuk kuah:
1 ruas lengkuas, 5 btr kemiri sangrai, haluskan, 1 bh kelapa tua parut lalu sangrai, 1btr kelapa tua untuk dijadikan santan 2000ml, 2 btg sereh, 3 lbr daun salam, 2 sdm gula merah, 1 sdt garam, 1 sdt penyedap rasa.

Pelengkap:
20 bh kerupuk mie merah dan kuning, 10 sdm bawang goreng, 5 sdm irisan daun bawang.

Cara membuat:
Lontong:
Cuci beras, tirisaan airnya, siapkan panci, tuangi air 1 ltr, lalu didihkan, siapkan daun pisang yang sudah dibersihkandan lidi sebagai penjepit daun. Bentuk daun pisang bulat memanjang seperti tabung, jepit salah satu ujungnya dengan lidi, lalu masukkan setengah bagian beras sesuai dengan panjang daun pisang lalu beri jepit yang belum tertutup, kerjakan hingga selesai. kemudian masukkan kedalam panci, masak selama 4 jam sampai matang, setelah matang angkat lalu tiriskan.

Kuah:
Siapkan panci, tuang santan sebanyak 2000ml dan didihkan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan.,tambahkan sisa bumbu lainnya, aduk rata. Rebus selama 45 menit dengan api sedang samapi harum dan matang. Angkat.

Cara Penyajiannya:
Siapkan piring beri beberapa iris lontong siram dengan kuahnya, sajikan bersama taburan bawang goreng, kerupuk mie dan irisan daun bawang. Sajikan hangat.

Sajikan untuk 5 porsi.

Referensi
news.liputan6.com 
makanankhasjawatengah 







Terima kasih sudah berkomentar