Kuliner Paling Populer di Pemalang " GROMBYANG"

khas pemalang
Ketika berkunjung atau melewati Kota Pemalang anda bisa mampir mencoba makanan khas Pemalang GROMBYANG, berikut  makanan yang sering di coba mereka yang mampir ke Pemalang.

Makanan yang satu ini memang sudah menjadi salah satu ikon kuliner yang paling populer di Kota Pemalang. 

Ada beberapa warung yang menjual Makanan khas satu ini. Yang paling gampang ditemui  adalah disepanjang jalan R.E Martadinta atau sebelah utara alun-alun kota Pemalang. Disitu memang sentra wisata jajanan yang ada di Pemalang.

Kata grombyang sendiri berasal dari bentuk sajiannya yang terlihat grombyang-grombyang (goyang-goyang) karena berupa kuah dan isi yang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau, dan kuah dan disajikan di mangkuk yang kecil. Biasanya nasi grombyang disajikan dengan sate babat yang biasa orang menyebutnya “sate kiwir”. Tidak diketahui dengan pasti kapan makanan khas ini mulai diciptakan. Namun, menurut penuturan para orang tua di Pemalang, makanan khas Grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an. Pada waktu itu penjual Grombyang menjual dagangannya tidak menetap seperti sekarang tetapi berkeliling kampung.

Sumber : Indravaganza 







2 komentar

Click here for komentar
November 9, 2013 at 1:23 PM ×

Keren infonya, sangat menarik,
aldirahmanuntoro.blogspot.com

Balas
avatar
admin
November 18, 2013 at 9:09 AM ×

makasih, mampir gan kepemalang cobain kulinernya, sudah saya kunjungi blognya, blognya artikelnya bagus-bagus dan informatif

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar