Mengatur modal terbatas dalam usaha sembako

toko kelontong
Ini lah salah satu pengetahuan dan pengalaman juga dalam menjalankan usaha sembako, yaitu bagaimana mengatur modal terbatas dalam usaha sembako, pada postingan ini akan saya share

Berikut beberapa hal yang bisa terjadi jika terbatasnya modal dalam menjalankan usaha sembako

1. Stok sering kosong
Modal yang terbatas membuat bingung membagi barang peritem yang dibelanjakan untuk dijual akhirnya ada barang yang tidak dibeli dan stok barangnya yang ada tersedia dalam jumlah sedikit-sedikit, misalnya untuk rokok saja karena merk dan jenis rokok banyak sudah memakan modal yang cukup, masing-masing

2. Banyak barang produk yang tidak dijual
Karena terbatasnya modal jenis item barang yang dijual menjadi tidak lengkap, banyak barang kebutuhan yang dibutuhkan yang tidak tersedia ditoko.

Dari kedua hal diatas sangat berpengaruh sekali terhadap penjualan, karena begitu orang membeli sudah meninggalkan kesan yang tidak baik untuk toko yang baru dibuka tersebut. Bayangkan jika ada orang beli sering menjawab tidak jual atau habis, tentunya ini harus disiasati harus ada pemecahan.

Berikut hal-hal solusi bagaimana jika modal terbatas dalam menjalankan usaha sembako :

1. Mengatur jumlah stok produk
Dari pengetahuan yang saya dapatkan apabila ada keterbatasan modal, anda bisa menyiasati dengan mengatur jumlah stok, misalnya saja anda belanja 2 hari sekali, anda lakukan analisa dalam dua hari sebelumnya  perkiraan, misalnya saja dalam  dua hari untuk barang gula pasir habis 10 kg stok yang anda sediakan dikalikan dua berarti sekali belanja 20 kg, begitu juga dengan barang jualan lainnya, dengan cara ini modal bisa terbagi merata sesuai kebutuhan sehingga mengurangi perputaran uang yang lambat, pada barang yang lama terjualnya, untuk rokok misalnya semua dikalikan dua misal untuk rokok merk tertentu lakunya lebih banyak maka bisa jadi tidak akan kekurangan stok rokok lagi.

2. Pinjam bank untuk tambahan modal
Anda lakukan analisa berapa perputaran uang jualan anda, ada coba perhitungan jika menambah modal dari pinjam bank, setelah menghitung anda bisa ukur kemampuan anda mengangsur, tujuannya biar angsuran anda lancar, apabila secara asal-asalan bisa terjadi anda tidak bisa mengangsur karena ada perputaran uang yang lambat. Dalam pinjam uang bank ini berarti anda mengambil laba penjualan saja, pokoknya sebagai angsuran atau dikembalikan, setelah selesai anda bisa mengambil lagi dan memutarkannya lagi sampai laba hasil penjualan bisa mencukupi untuk modal.

Demikian beberapa hal yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini seputar tentang keterbatasan modal dalam menjalankan usaha sembako atau toko kelontong ini, maaf jika banyak kekurangan dan salah kata, terima kasih sudah berkunjung.







Terima kasih sudah berkomentar