Pengetahuan Tentang Demam Pada Anak

Gejala Demam Anak Perlu Diwaspadai, berikut ada pengetahuan tentang demam anak, informasi ini saya dapatkan dari health.kompas.com


1. Demam disertai kejang

Kondisi ini umumnya menimpa anak berusia 3 bulan sampai 5 tahun. Durasi kejang bisa singkat hingga lebih dari 15 menit. Kejang bisa terjadi di satu atau beberapa anggota tubuh sekaligus.

Saat kejang, pasokan oksigen ke otak berkurang. Akibatnya, terjadi kerusakan yang mengganggu fungsi otak. Kejang demam lama dan berulang bisa menyebabkan gangguan kecerdasan atau perilaku.

2. Demam disertai muntah, diare, atau pusing

Muntah atau diare hingga 3-4 kali dalam sehari akan menyebabkan anak dehidrasi. Kondisi ini tentu membahayakan kesehatan dan tumbuh kembang anak.

"Bila anak sangat lemas, sebaiknya segera bawa ke dokter. Dikhawatirkan anak menderita penyakit yang serius seperti infeksi saluran cerna atau radang paru," kata Frieda.

3. Demam disertai kaku kuduk

Gejala ini ditandai anak yang tidak mampu mengangkat lehernya saat demam. Orangtua patut waspada jika anak mengalami gejala ini.

"Dikhawatirkan anak mengalami radang selaput otak. Karena itu, secepatnya anak dibawa ke dokter," kata Frieda.

4. Demam hingga suhu 38,5 derajat celsius di usia 3 bulan

"Orangtua patut waspada bila anaknya baru berusia 3 bulan, tetapi demamnya mencapai 38,5 derajat celsius. Dikhawatirkan anak terkena radang paru atau selaput otak," kata Frieda.







Terima kasih sudah berkomentar