Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

Sering mengantuk bisa menganggu rutinitas aktivitas, apakah ini penyakit atau karena kurang tidur, berikut share yang saya dapatkan dari berbagai sumber

Mengapa saya Sering mengantuk

Perlu dicari dahulu penyebab kantuknya, misalnya apakah karena kurang istirahat, atau ada sakit diabetes, hipotensi, anemia dan sebagainya.

1. Kurang Olahraga

Menurut dr. Michael Triangto SpKO, spesialis kedokteran olahraga dari Slim+ Health Sport Therapy, mudah mengantuk atau tubuh seperti kurang berenergi bisa disebabkan karena kurang berolahraga.

”Olahraga yang tepat intensitasnya adalah yang dilakukan hingga mencapai zona latihan (training zone) diri orang tersebut, dan dilakukan secara teratur. Jika tidak optimal, mungkin tubuh akan tetap loyo. Atau sebaliknya, dia makin mudah mengantuk karena tubuh terlalu lelah akibat olahraga berlebihan,” kata dr. Michael.

Sebaiknya jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Berikan jarak minimal
tiga jam antara olahraga dan waktu tidur. Pasalnya, begitu selesai berolahraga, tubuh
memproduksi adrenalin yang membuat Anda sulit tidur. Setelah beberapa lama,
adrenalin menurun, tubuh akan relaks dan Anda mudah tidur. Menurut dr. Andreas,
makin berat porsi berolahraga seseorang, maka waktu tidur yang dibutuhkan semakin
besar.

2. Gejala Prediabetes

Ngantuk terus-menerus, menurut dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin dari Divisi Metabolik Endokrin RSCM, bisa jadi merupakan salah satu gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, seperti mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes bisa menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu pemeriksaan darah.

3. Gejala Anemia
Gampang mengantuk, atau cepat lelah dan lesu, juga merupakan salah satu gejala anemia (kekurangan sel darah merah). Karena anemia, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen adalah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Untuk mengetahuinya, Anda harus melakukan pemeriksaan darah. Jika hasilnya oke, bisa jadi Anda mengantuk karena memang kurang tidur atau kualitas tidur Anda buruk. (f)



4. Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)
Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.

5. Dehidrasi
Kelelahan dan kantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat.

6. Depresi
Depresi bukan hanyan gangguan emosi tetapi juga banyak berkontribusi untuk gejala fisik. Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum pada orang yang mengalami depresi.

7. Gangguan Tidur
Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk terus-menerus. Tidur digunakan untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel tubuh memperbaiki dan meremajakan diri.
Sementara pada orang yang menderita kurang tidur karena insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.

8. Penyakit Jantung
Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

9. Sindrom Kelelahan Kronis
Lelah biasanya segera hilang saat dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori. Semoga bermanfaat.


10. Gangguan saluran kemih
Gangguan seperti infeksi dapat menyebabkan luka dan terbakar yang sering terjadi pada malam hari sehingga hal itu menganggu tidur.


Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi agar tidak mudah mengantuk dengan cara: istirahat dan tidur yang cukup minimal 6-8 jam sehari, makan makanan bergizi seimbang dan bisa ditambah juga minum vitamin untuk stamina misalnya BioATP, olahraga teratur agar tubuh sehat dan bugar. Jika hal-hal tersebut sudah dilakukan tetapi masih sering mengantuk, maka perlu pastikan adakah kondisi kesehatan Anda yang terganggu, misalnya ada anemia (kurang darah), hipotensi, sakit diabetes dan sebagainya. Karena itu sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk dievaluasi.

Berikut ada cara lain :

1. Sayuran Hijau
Sebaiknya perbanyaklah konsumsi sayuran hijau seperti bayam, seledri, lubis, kembang kol, kankung, dan kentang manis. Karena dengan mengkonsumsi dayuran hijau ini, sahabat bisa mengtrol berat badan sahabat dan menaikkan jumlah darah dalam tubuh.

2. Kacang Almond
Kacang almond kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

3. Buah
Selain mengkonsumsi sayuran hijau, bagi penderita anemia juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buah segar. Seperti aprikot, semangka, apel, anggur, kismis dan buah plum yang dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh kita.

4. Banyak minum Air Putih
Selain mengkonsumsi sayuran hijau dan buah kita juga diwajibkan minum air putih minimal 8 gelas/hri

5. Biasakan tidur lebih cepat
Sebaiknya kita tidur lebih awal, karena tidur terlarut larut membuat kita sulit bangun pagi

6. Pola makan
Sebuah pola makan yang buruk dapat membuat tubuh merasa lelah dan lesu. Makan makanan yang tidak sehat atau junk dapat menyebabkan tidur terlalu banyak. Oleh karena itu, makanlah makanan yang kaya nutrisi dan mencakup banyak buah-buahan segar dan sayuran dalam diet mereka dan mengurangi jumlah junk food dan makanan berminyak

Demikianlah share seputar Penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya

Sumber :
Madhigokil blog 
Madinggalasta blog 
Dokita co
Femina co id 
ini cara ku  com 







4 komentar

Click here for komentar
January 15, 2014 at 2:02 PM ×

rasa ngantuk yg berlebihan memang harus segera diatasi ya mas :)
makasih sharingnya yg bermanfaat ^^

Balas
avatar
admin
January 15, 2014 at 8:33 PM ×

@Mba Indri : sama-sama mba Indri terimakasih juga kunjungannya

Balas
avatar
admin
January 16, 2014 at 11:15 AM ×

wah jangan2 saya termasuk nih...

Balas
avatar
admin
January 16, 2014 at 1:33 PM ×

@Berandakta : Semoga baik-baik saja

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar