Penyebab Terlambat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

Terlambat Menstruasi  sering dibicarakan pada umumnya adalah tanda kehamilan kehamilan, tapi bagaimana jika terlambat menstruasi tersebut tidak hamil apakah penyebabnya, berikut kali ini mencoba memosting tentang hal ini yang didapat dari berbagai sumber




Penyebab Menstruasi
Dari sumbernya merdeka com menginformasikan sebagai berikut

Ketidakseimbangan hormon
Hormon memegang peranan penting dalam siklus menstruasi wanita. Jika terjadi ketidakseimbangan, wanita pun cenderung terlambat atau bahkan terlalu cepat mengalami datang bulan.

Pengobatan
Alasan lain kenapa menstruasi datang terlambat adalah karena efek dari obat-obatan yang dikonsumsi. Pengobatan tersebut menyebabkan hormon tidak seimbang dan membuat menstruasi datang terlambat.

Tiroid
Jika hormon estrogen dan progesteron berperan langsung dalam siklus menstruasi, hormon tiroid juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa wanita mengalami haid terlalu singkat atau terlalu lama.

Olahraga
Wanita yang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga terlalu berat biasanya juga bermasalah dengan siklus menstruasinya. Tubuh yang kelelahan, stres, dan tenaga yang terkuras habis membuat menstruasi datang terlambat.

Pil KB
Tak jarang pil KB yang dikonsumsi juga membuat menstruasi datang terlambat. Wanita perlu berkonsultasi dengan dokter jika tidak ingin kondisi tersebut berlanjut terus-terusan.

Stres
Stres mampu memberi dampak buruk bagi fungsi tubuh. Apapun sebab dari stres, hormon ikut terpengaruh dan membuat menstruasi wanita datang terlambat.

Berikut juga yang dikutip dari meetdoctor com tentang tanya jawab terlambat menstruasi

dok, apa penyebab terlambat menstruasi?
slmt pagi dok. umur sy 20 thn dan sdh mnikah. sy melakukan hubungan slma 1 mnggu brturut" 27 des-2 jan nmn sperma suami sy dibuang diluar krena kami ingin mnunda khmilan krn sy msih sbuk kuliah.
pada bln desember sy haid tgl 17-21 dan smpai skrg sy blm haid.
sy sdh tes pke TP tp hsilnya ngatif.
apakh ada kmungkinan sy hmil...??? jika iya brpa bln usia kndungan sy..??

jawaban :
Bila TP negatif, maka sudah pasti anda tidak hamil pada saat ini.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan haid semacam itu. Salah satu faktor yang memang sering terjadi adalah adanya gangguan / ketidak seimbangan hormon.

Pada kondisi seperti ini biasanya diobati dengan obat-obatan hormonal guna melancarkan siklus haidnya. Idealnya, harus diperiksakan terlebih dahulu ke dokter kebidanan dan kandungan guna memperoleh pengobatan dan pemeriksaan hormon sebelum diobati, agar pengobatan yang diberikan tepat dan benar.

Pastikan pula berat badan anda ideal dan cukup waktu istirahat serta rutin berolah-raga. Ketiga faktor ini sangat menunjang kelancaran dan keteraturan siklus menstruasi.

Terima kasih.

Cara Mengatasinya

Berikut cara mengatasi terlambat menstruasi yang saya dapatkan dari belajarkreatif net
Cara Alami Mengatasi Terlambat Datang Bulan Jeruk nipis dapat digunakan sebagai cara alami mengatasi telat haid atau haid tidak teratur. Berikut ini saya akan membagikan tips cara alami mengatasi telat haid sebagai berikut: Siapkan 1 buah jeruk nipis, 2 jari kunyit, garam dan kapur sirih secukupnya. Campur air perasan kunyit dan jeruk nipis beserta kapur sirih dan garam secukupnya. Saring dan siap di minum Minum air ini 1X sehari. Mengatasi datang haid tidak teratur Daun kemuning dan daun pacar kuku (lawsonia inermis) masing-masing bahan segar sebanyak ½ genggam, rimpang temulawak 1 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air bersih. Lalu, direbus sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, airnya diminum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Selain itu ada juga tips mengatasi terlambat mentruasi saya dapatkan dari infoterbaru3.blogspot.com

Tips Mengatasi Telat Datang Bulan :

1. Jus anggur  atau anggur yang dimakan langsung bisa memperbaiki siklus menstruasi, karena anggur adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk mengatasi menstruasi tertunda.

2. Mengonsumsi jus tebu secara teratur sejak 2 minggu sebelum jatuh tempo menstruasi bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk mengatasi terlambat datang bulan.

3. Minum jus lidah buaya secara teratur bisa membantu tubuh mempertahankan siklus menstruasi atau datang bulan secara teratur.

4. mengkonsumsi jus peterseli setiap hari adalha salah satu cara agar menstruasi atau datang bulan bisa teratur. Peterseli adalah ramuan lain yang terbilang efektif dan efisien dalam mencegah gangguan datang bulan atau menstruasi.

5. Mengonsumsi buah pepaya dan wortel dapat merangsang dan mengatur siklus menstruasi atau datang bulan agar datang secara teratur dan tidak terlambat.

Demikian semoga membantu

Sumber foto : hendriwuzzup.blogspot.com








Terima kasih sudah berkomentar