3 Pengetahuan Penting untuk Pengendara Mobil

Sebagai orang yang baru bisa mengendarai mobil, rasanya tidak cukup hanya mengendarai mobil saja ada beberapa hal penting dan menurut saya tidak hanya diketahui tapi wajib bisa mengatasi sendiri, karena kalau tidak bisa mengatasi sendiri rasanya bisa was-was ketika mengendarainya itu kalu saya.

Apa sajakah pengetahuan penting yang wajib diketahui untuk pengendara mobil
1. Mengerti cara mengatasi ketika mobil mogok
Ini tidak terjadi mobil yang jadul saja mobil baru juga bisa terjadi tiba-tiba mogok, sebagai pengendara harus bisa mengatasinya, lalu bagaimana cara mengatasinya, beberapa yang harus dicek adalah aliran listrik yang menghubungan starter, apakah accu mobil masih bagus, kemudian  cek bensin, catat nomor hp tenaga service atau montir mobil, jika terjadi anda bisa menghubungi via hp, anda bisa dipandu melalui hp untuk mengatasi mobil yang sedang mogok. berikut ada kutipan dari ada-apakah.blogspot.com bagaimana ketika mobil mogok

1. Arus listrik ke terminal plus koil turun

Penyebab utama dan kerap terjadi pada mobil yang telah berumur lima tahun ke atas adalah tegangan arus listrik ke koil yang merosot drastis. Akibatnya, proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik.

Cara untuk mendeteksi masalah ini cukup gampang, yaitu periksa kabel distributor dan tempelkan ke bodi mobil kemudian starter mobil. Bila terdapat percikan api, berarti arus listrik masih ada. Begitu pun sebaliknya.

Bila tidak terdapat arus listrik maka periksalah sambungan kabel, untuk memastikan apakah ada kabel yang tidak tersambung dengan baik. Bila sambungan kabel ternyata tidak bermasalah berarti koil atau platina yang rusak atau kotor.


2. Arus listrik aki lemah

Arus listrik aki yang lemah bisa dikarenakan beberapa hal, yaitu karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendur, alternator atau dynamo ampere yang aus, serta aki yang telah habis masa pakainya.

Bila Anda menduga bahwa aki yang bermasalah, maka langkah pendeteksian pertama yang wajib Anda lakukan adalah memeriksa pemasangan kabel di terminal aki. Pastikan apakah kabel tersebut telah terpasang baik atau tidak.

Bila ternyata kendur, maka segera kencangkan. Sebelumnya, bersihkan dulu terminal tersebut dengan menggunakan kertas amplas atau (bila Anda membawa sikat gigi) sikat hingga bersih.

Jangan lupa periksa air aki apakah volumenya cukup. Segera tambah jika kurang dari takaran.

Namun, bila aki sudah aus karena masa pakai telah habis, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya.


3. Alternator aus

Peranti ini berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Oleh karena itu, bila alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil mogok.

Beberapa masalah yang kerap terjadi di alternator adalah :

a. Gulungan kawat tembaga putus

Beberapa kerusakan yang kerap terjadi di perangkat ini antara lain, putusnya gulungan kawat tembaga. Meski hanya satu di antara beberapa gulungan, hal itu akan mengganggu arus listrik.


b. Diode putus

Biasanya terdapat enam diode di alternator. Meski hanya satu diode yang bermasalah, itu sudah cukup membuat mesin mobil sulit sekali dinyalakan.

c. Kabel berkarat

Kabel pengisian listrik dari alternator ke aki sangat rentan berkarat. Maklum, letak alternator yang ada di bagian bawah dari mesin sangat rawan terkena kotoran dan air, akibatnya kabel menjadi getas atau korosi.

Bila itu terjadi, maka aliran listrik ke aki tidak maksimal dan mobil pun berpotensi mogok.


4. Karburator bermasalah

Penyebab mobil mogok lainnya yang kerap dialami pengguna mobil adalah karburator yang bermasalah (bagi mobil yang masih menggunakan karburator). Pada umumnya, masalah yang terjadi adalah semburan bahan bakar yang terlalu sedikit. Walhasil proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit dihidupkan.

“Ada dua hal yang menyebabkan karburator tidak bisa menyemburkan bahan bakar secara optimal, yaitu setelan klep yang terlalu rapat atau kotor,” kata Daryono.

Cara untuk mendeteksi masalah itu cukup gampang. Lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol. Kemudian starter mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.


5. Switcher starter aus

Peranti itu memang terlihat sepele dan kerap tidak disadari oleh pengguna atau pemilik mobil. Padahal, kemungkinan terjadinya kerusakan pada peranti ini sangat besar. Maklum, switcher paling kerap digunakan yaitu di saat pengguna mobil mulai mengaktifkan atau mematikan mesin kendaraannya.

Pada umumnya, kerusakan terjadi pada kabel yang renggang, logam kontaktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aus sehingga tidak tersambung. Bila Anda mengalaminya segera ganti.

2. Mengerti cara mengganti mendongkrak ban mobil
Untuk antisipasi anda harus memiliki ketrampilan mendongkrak mengganti mobil, karena ban kempes bisa terjadi sewaktu-waktu jika anda meminta pertolongan akan menjadi lama, dan perjalanan anda pun akan tertunda lama.

3. Mengerti cara jika terjadi rem mobil blog
Jika ini terjadi pada pengendara baru berbahaya karena belum berpengalaman, bisa-bisa membahayakan pengguna jalan lainnnya, terus bagaimana cara mengatasinya jika rem mobil blog, jika anda lebih menyanyangi nyawa anda mungkin bisa dilakukan seperti yang difilm-film buka pintu kemudian lompat atau juga seperti yang dilansir dari otomotif.news.viva.co.id berikut ada cara bagaimana jika terjadi rem mobil blong berikut ulasannya

1. Tetap tenang

Jika sistem pengereman mobil anda gagal secara tiba-tiba, hal yang pertama dilakukan adalah jangan panik. Tetaplah tenang dan yakinkan diri Anda untuk bisa menghentikan mobil melalui cara lain.

Jangan memperburuk situasi dengan membayangkan sesuatu yang belum terjadi, melainkan tetap fokus pada jalanan di depan anda. Dengan pikiran yang tenang, tentunya akan lebih mudah mendapatkan ide untuk menangani situasi seperti ini. Pastikan juga semua penumpang di dalam mobil menggunakan sabuk pengaman.

2. Tetap mengemudi

Bahkan seorang pilot pun dituntut untuk tetap di kemudi selama situasi darurat seperti kerusakan mesin, kebakaran, kebocoran bahan bakar. Begitu juga dengan situasi ketika rem mobil yang Anda kendarai tak berfungsi.

Pengemudi dituntut untuk tetap mengemudikannya hingga kendaraan tersebut berhenti. Jika Anda membawa penumpang lain, yakinkan mereka bahwa Anda dapat menghentikan mobilnya.

3. Alihkan rute

Alihkan rute perjalanan Anda menjauh dari perkotaan yang ramai atau ke daerah yang lalu lintasnya lebih sedikit. Cara ini bisa meminimalkan jumlah cedera pada penumpang dan juga orang-orang di sekitar jalanan. Itupun jika Anda mampu mengurangi kecepatan kendaraan.

4. Peringatkan lalu lintas sekitar

Cobalah untuk menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk memperingatkan lalu lintas di depan dan juga di belakang mobil Anda mengenai situasi darurat yang terjadi.

Anda bisa melakukannya dengan cara mengaktifkan lampu hazard dan membunyikan klakson, namun jangan pernah mengalihkan perhatian Anda dari kemudi mobil. Berhati-hatilah karena Anda akan banyak melanggar peraturan lalu lintas.

5. Memompa tekanan rem

Jangan pernah kehilangan harapan tentang sistem pengereman mobil. Pompa terus pedal rem untuk membangun tekanannya. Jika beruntung, rem dapat bekerja lagi setidaknya untuk beberapa detik yang mungkin cukup membantu menyelamatkan hidup Anda.

Sekali lagi, jangan pernah melepaskan perhatian pada kemudi mobil ketika tengah sibuk menginjak rem.

6. Turunkan gigi

Pindahkan gigi mobil ke kecepatan rendah, gigi satu dan dua. Pada gearbox konvensional, gigi satu memiliki ukuran yang besar membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan satu putaran dari roda gigi besar, sehingga laju kendaraan akan menjadi lambat.

Jika Anda berada pada kecepatan tinggi (gigi lima atau enam), turunkan secara bertahap hingga mencapai kecepatan terendah. Jangan langsung mengganti ke gigi satu jika tak ingin situasi yang lebih buruk.

7. Gunakan rem parkir

Kebanyakan pengemudi lupa akan keberadaan rem parkir yang dapat membantu jika rem utama tak berfungsi. Rem parkir juga dapat menghentikan kendaraan, tetapi harus hati-hati dalam menggunakannya.

Jangan menarik handle rem secara tiba-tiba jika tak ingin jungkir balik di jalanan. Lakukanlah dengan lembut dan mantap. Meskipun cara ini akan berlangsung sangat lama untuk berhasil, tetapi sangat bermanfaat.

8. Keluar dari jalanan

Mengemudi di jalanan aspal yang konvensional dapat membantu memperlambat laju mobil. Bila Anda menemukan jalanan berlumpur atau jalanan berpasir, jangan ragu untuk melintasinya karena bisa membantu dalam situasi berbahaya seperti ini.

Secara teknis, ketika ban berjalan di medan yang kasar, maka akan menambah gesekannya dan memperlambat rotasi roda.

9. Gunakan gigi mundur

Ketika cara-cara diatas tak mampu menghentikan laju mobil Anda, maka sudah saatnya menggunakan gigi mundur. Ini mungkin cara yang cukup nekat, tapi sangat ampuh.
Cara ini memang dapat merusak gearbox pada mobil, tetapi dapat menyelamatkan hidup pengemudi dan penumpang lainnya.

10. Tabrakkan ke semak-semak

Jika masih tidak bisa menghentikan kendaraan, maka pilihan terakhir hantamlah semak-semak atau pepohonan kecil. Namun, hal ini dapat merusak beberapa bagian mobil yang vital seperti tangki bahan bakar, selang bahan bakar, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu dibutuhkan evakuasi segera setelah mobil berhenti. Kehadiran fitur keamanan lainnya dimobil seperti sabuk pengaman dan airbag akan sangat berguna untuk membantu pengendara untuk melakukan cara ini.


Jika anda tidak menginginkan terjadi ketiga hal diatas, saran dari saya untuk mencegah atau antisipasi lakukan pemeriksaan rutin mobil anda di bengkel , terutama jika anda akan melakukan perjalanan keluar kota. Artikel ini hanya pengetahuan singkat saja anda bisa mendapat pengetahuan lebih lengkap lagi dengan googling.
Demikian semoga bermanfaat.







Terima kasih sudah berkomentar