Pemahaman Tentang Bisnis MLM Networking

Lihat sinetron bikin ketawa, ketika  dalam adegan   seseorang yang mencoba memprospek mencari anggota / downline dengan kata-kata pembuka SALAM DAHSYAT LUAR BIASA dengan logat bahasa dan gerakan tubuh.

Saya salah satu orang yang mengikuti sistem MLM sebenarnya merasa diejek juga tapi dalam pemahaman saya bisnis MLM bukan seperti itu, pemahaman tentang MLM berbeda-beda dan penerapan dalam menjalankan juga berbeda.

Berikut ini adalah pemahaman saya dan ini juga kenapa saya juga sependapat sistem bisnis MLM bagus, sebenarnya cukup ribet sulit untuk menjelaskannya.

Kelihatannya bisnis MLM pemahamannya dominan pada rekrut member cari downline, berikut saya bisa menjelaskan.

Bisnis MLM atau Bisnis Jaringan suatu sistem Bisnis untuk menjaga kestabilan bahkan meningkatkan pertumbuhan Bisnis jangka panjang atau di masa depan.

Berikut saya bisa mengilustrasikan

Saya memiliki toko kelontong yang setiap hari buka dari jam 08.00 sampai 09.00 pendapatannya pun tidak menentu kadang banyak kadang kecil, anggap saja sementara ini toko saya pendapatannya besar kemudian beberapa waktu kemudian jatuh turun karena ada persaingan yang ketat kemudian toko akhirnya sepi dan akhirnya toko tutup.

Gambaran singkat diatas, toko tersebut hanya menjual tidak memikirkan untuk membentuk jaringan (mitra) jadi ketika toko sepi tidak bisa berbuat apa-apa akhirnya tutup.

Toko kelontong ini saya kaitkan dengan sistem MLM yaitu dengan mencari jaringan/anggota/downline dalam hal ini downline saya sebut sebagai Mitra.

Toko ini berjualan seperti pada umumnya, namun disamping itu toko ini mencari mitra untuk ikut menjualkan barang dagangannya, terus mengembangkan jaringan, terkadang kalau ada modal toko ini membuka cabang, berikut cara yang dilakukan

- Toko ini untuk mendapatkan mitra memberikan selisih harga barang lebih murah, sehingga mitra bisa menjualnya lagi.

- Untuk memotivasi mitra, pemilik toko memberikan bonus penjualan

- Pemilik toko ini juga memanfaatkan mitra yang ada untuk mengembangkan jaringan, dengan memberikan bonus jika berhasil mengajak mitra baru

- Untuk memberikan motivasi kepada mitra-mitranya dalam menjalankan kemitraan, merekrut member baru pemilik toko ini pun memberikan bonus yang menarik.

Dengan usaha yang dilakukan diatas harapanya adalah bisnis tokonya bisa berkembang dan pendapatan meningkat karena dalam penjualannya dibantu oleh mitra-mitranya, karena sudah memiliki jaringan yang luas akan memperkuat bisnisnya misal disalah satu tempat sedang sepi, bisa juga dimitra lain tempat penjualan sedang tinggi.

Contoh lain, adalah bisnis pulsa, master dealer pulsa membangun jaringan agen-agen untuk meningkatkan penjualannya, ilustrasinya ada 2 counter pulsa, yang satu hanya jualan pulsa yang satu lagi selain jualan pulsa, membangun jaringan dengan menerima pendaftaran Agen Pulsa.

Counter Pulsa Pertama
Dalam sehari penjualan pulsanya lagi ramai-ramainya 100 transaksi anggap saja laba perhari pertransaksi Rp.1000 jadi labanya Rp.100.000 kemudian pas lagi sepi hanya 50 pertransaksi berarti laba perharinya Rp.50.000

Counter pulsa Kedua
Counter pulsa ini memiliki jaringan/agen/mitra ada 50 mitra. Dari hasil penjualan pulsa di counternya 100 transaksi x Rp.1000 = Rp. 100.000 kemudian laba dari transaksi agen/mitranya
misal mitranya tersebut perhari rata-rata 20 transaksi dan laba yang didapat Rp.200 pertranskasi maka laba yang didapatkan adalah 50 mitra x 20 transaksi x Rp.200 = Rp.200.000 jadi total penghasilan yang didapatkan dalam sehari Rp.300.000

Dan banyak bisnis lainya yang menerapkan sistem MLM / jaringan ini.

Bagaimana anda sudah punya kesimpulan atau masih bingung ?

Mungkin juga anda punya pemahaman yang benar tentang sistem MLM silahkan tinggalkan komentar anda.

Jika bisnis MLM ini jelek, kenapa banyak yang menerapkan bisnis ini kemudian Silakan buka penawaran bisnis-bisnis yang ada di internet, kebanyakan menggunakan sistem jaringan atau MLM
Berikut dapat saya simpulkan kelihatannya para pebisnis MLM ini tergiur dengan bonusnya saja belum menjalani sistem bisnis secara keseluruhan, maunya cepat dan mudah, karena menjual dianggap susah, lebih mudah merekrut member, kemudian fokus rekrut member dan akhirnya melupakan menjual produk, kemudian terjadilah bisnis rekrut member. Tidak ada penjualan produk dan karena semua anggota merekrut member dampaknya merekrut member menjadi sulit. Akhirnya GAGAL.

Mungkin juga apabila anda menggeluti bisnis MLM pilih produk yang tepat sesuai dengan profesi atau hobby anda, misalnya saja anda bekerja dikesehatan seperti dokter atau bidan anda bisa memilih bisnis MLM produk kesehatan, akan membantu anda dalam presentasi.

Berikut ada salah satu bisnis MLM yang saya ikuti dengan produknya jasa pasang iklan / promosi via sms, alasannya mengikuti bisnis ini bisa dikerjakan online di internet,  cara menjalankannya santai yaitu melalui promosi blog, karena kebetulan juga saya punya blog, kemudian produknya jasa pasang iklan via sms. Pertimbangannya Karena kegiatan usaha tidak meninggalkan yang namanya promosi atau beriklan sehingga saya menyimpulkan bisnis ini prospek.  Apa bisnisnya sebelumnya sudah pernah saya tulis pada artikel sebelumnya Bisnis di Internet yang direkomendasikan.

Demikian, maaf jika ada salah kata dan kekurangan lainnya,  semoga bermanfaat.







Terima kasih sudah berkomentar