3 Hal ini perlu diketahui ketika melintasi Kereta Api

Terjadi lagi kecelakaan kereta api, yaitu sebuah truk pengangkut BBM dengan KRL di Bintaro, baru saja seseorang disekitar kejadian dan korban diwawancarai disebuah acara Televisi, dari mendengar kesaksian tersebut saya memetik sebuah perhatian dan sekaligus pelajaran ketika melintasi rel kereta api.

Dari kesaksian seorang penjual gado-gado disekitar lokasi tabrakan kereta api dengan truk pengangkut BBM mengungkapkan bahwa dalam kondisi jalan yang sedang ramai ketika truk diperlintasan berada tepat diatas rel kereta api truk tidak bisa berjalan, padahal petugas parkir terus memberikan aba-aba untuk maju, tetapi truk tidak bisa maju yang melihat tidak tahu truknya mogok mesinnya atau supirnya grogi tahunya truk berhenti tepat di perlintasan rel kereta api, kemudian terjadilah tabrakan antara truk dan kereta api dari tabrakan tersebut terdengar ledakan 3 (tiga ) kali dengan api keatas, petugas parkir juga ada yang terkena sampai terbakar dan ibu penjual gado-gado tersebut tidak mengetahui keadaan selanjutnya tentang petugas parkir yang terbakar tersebut. Ibu itu juga mengungkapkan bahwa kejadian tabrakan kereta api juga pernah terjadi lagi waktu dengan sepeda motor MIO ketika itu sepeda motor terhenti dikereta api secara tiba-tiba, pemilik terus berusaha memegangi kendaraannya akhirnya tertabrak sepeda motor dengan pemiliknya, padahal sekilingnya sudah mengingatkan untuk meninggalkan motornya.

Dari kejadian tersebut saya melihat adanya suatu yang perlu diperhatikan ketika melewati rel kereta api, berikut Beberapa hal yang perlu diketahui ketika melintasi Kereta Api

1. Yang ini sudah umumnya ketika melintasi kereta api, sudah ada bunyi sinyal berhenti meski palang kereta belum menutup jalan.

2. Saya melihat ketika kendaraan baik mobil atau sepeda motor ketika tepat diatas rel kereta api mesin tidak bisa berfungsi atau mogok pada saat kereta akan melintas dengan jarak yang tidak jauh dari lokasi perlintasan tersebut. Untuk itu jika anda mengendarai mobil upayakan jaga gas dan kopling supaya tidak berhenti tepat diperlintasan jalan. Misalnya dalam keadaan normal sedang tidak ada kereta yang akan melintas, jika anda tidak pandai mengontrol atau masih ragu dalam mengendalikan kopling dan gas ketika medan perlintasan rel yang dilalui jalan naik biarkan motor atau mobil didepan anda berjalan kira sudah melintasi rel baru anda tancap gas sehingga anda tidak repot lagi harus mengerem kemudian mengontrol kopling mobil anda.

3. Jika terjadi kendaraan anda baik mobil atau sepeda motor berhenti tepat diperlintasan kereta api, segera dorong dengan sekuat tenaga minta bantuan orang terdekat untuk membantu mendorongnya, dan jika kereta api sudah dekat dengan perkiraan tidak ada waktu lagi untuk mendorongnya tinggalkan kendaraan anda segeralah menghindar sayangi nyawa anda.

Demikian berbagi informasi yang bisa saya share tentang 3 hal yang perlu diketahui ketika melintasi rel keretapi







Terima kasih sudah berkomentar