Alasan mengikuti Arisan

Tentang Arisan, mendengarkan obrolan orang tentang arisan terdapat suatu hal yang menarik, sehingga saya share pada postingan kali ini semoga ada manfaatnya,  sesuatu yang diungkapkan orang tersebut saya jabarkan dalam sebuah artikel dengan judul alasan mengikuti Arisan,  berikut ulasannya :

Arisan lebih disiplin 
Dalam menyisihkan uang, tidak seperti menabung baru terkumpul karena bisa diambil pas waktu butuh karena kebutuhan akhirnya diambil, dan tabungan pun tidak terkumpul-kumpul. Pada arisan ini tidak bisa diambil dan harus tepat setoran, karena malu dengan teman lainnya peserta arisan mau tidak mau harus meyisihkan anggaran untuk arisan. Ini yang membuat pengelolaan keuangan dengan arisan lebih disiplin, rela berhemat agar bisa setoran arisan.

Arisan menjalin silahturahmi
Dengan arisan jadi sering ketemu dengan teman dengan warga, sehingga bisa terjalin silahturami, persaudaraan, Jika dibandingkan dengan menabung di bank, yang harus kelokasi kemudian antrinya juga terkadang lama, kemudian terkadang juga ada arisan yang tidak perlu hadir,  arisan ini yang pegang orang lain terkadang pas waktu setoran orangnya yang mengambil.

Arisan seperti Menabung yang dipaksakan
Kalau tidak dipaksa nanti ga bisa menabung, uangnya habis terus buat kebutuhan dengan mengikuti arisan-arisan sekali nerima uang lumayan. Tiba-tiba dapat uang banyak. Kalau nabung boro-boro terkumpul, baru sedikit dipakai.

Baca juga HABIS KETAWA, ADA YANG UNIK 

Demikian ketiga alasan kenapa ikut arisan, berikut pendapat saya tentang arisan, dengan kelebihan yang diuraikan diatas tidak berarti arisan itu baik, karena sebelum mengikuti menjadi anggota arisan juga harus mempertimbangkan kemampuan keuangan, jangan sampai terjadi gara-gara memaksakan arisan tidak mempertimbangkan keuangan akhirnya memperburuk keuangan, sudah tidak bisa menabung tetapi malah hutang bertumpuk. Perkirakan antara pendapatan dan pengeluaran selama sebulan setelah ada sisa bisa dianggarkan untuk arisan. Memang ada benarnya juga kalau tidak ikut arisan uang tidak bisa kumpul, dan tentang menabung juga ada benarnya karena menabung bisa diambil sewaktu-waktu, karena suatu kebutuhan akhirnya mengambil tabungan.







Terima kasih sudah berkomentar