Contoh Cerita Perjalanan Sukses yang dimulai dari hal kecil

Terkadang banyak alasan untuk memulai usaha seperti banyak yang dikemukakan salah satunya tidak punya modal, berikut yang akan saya share kali ini bagaimana sukses dimulai dari hal kecil.

Bermula dari orang tua sejak SMP anak laki-lakinya diajarkan untuk ikut membantu usaha sampingan orang tuanya, yaitu memelihara ayam jawa (ayam kampung) anak ini mendapatkan tugas memberikan makan pagi dan sore. Kelihatannya orang tua anak ini sedang merencanakan masa depan anaknya dengan melatihnya memperkenalkannya mulai dari memberi makan ayam.
Untuk memberikan motivasi ayah ini memliki 10 ekor ayam kemudian diberikan anaknya 3 ekor ayam terdiri dari 2 ayam betina dan 1 ayam Jantan, jadi ayam ini sudah jadi hak penuh hak milik anak. selang beberapa waktu 2 bulan berikutnya ayamnya beranak pinak karena 2 ayam betina semua bertelur dan beranak masing-masing bertelur dan menetas sebanyak 7 ekor sehingga bertambah 14 ekor sehingga total ayamnya menjadi 17 ekor.

Dengan 17 ekor ayam yang ada tersebut, anak ini setiap jumlah ayamnya bertambah menjualnya 5 ekor kemudian uang ditabung, sehingga ayam anak ini tinggal 12 ekor, anak ini punya rencana menambah jumlah bibitan yaitu semula 2 ekor betina dan 1 ekor jantan untuk menambah jumlah anakan dan sebagian diambil telurnya anak ini menambah bibit menjadi 3 ekor jantan dan 9 ekor betina, bertelurlah ayam, 6 ayam ini diambil telurnya, yang tiga ditetaskan, kemudian telur ini mulailah dipasarkan ternyata orderan pun meningkat, dari 3 ekor bibitan yang telornya ditetaskan menetaskan total ada 21 ekor, sehingga total ayam semula 12 ekor menjadi 33 ekor.

Karena telurnya permintaan meningkat, anak ini menambah bibitan menjadi 25 ekor betina dan 3 ekor jantan.sisanya dijual dan ditabung, jadi anak ini mendapatkan dua penghasilan dari penjualan telur dan penjualan ayamnya semuanya ditabung, begitu seterusnya berulang-ulang terus berkembang pesat. Sampai tidak terasa setelah mau lulus SMA jumlah tabungan cukup untuk untuk biaya melanjutkan kuliah bahkan dari penjualan telur dan ayamnya sisa uangnya bisa membeli sawah walaupun tidak luas hanya beberapa petak.

Disamping masih mengurusi ayamnya ini, anak ini sekarang bertambah kegiatannya yaitu mengelola sawah dibantu dengan nasehat-nasehat dari ayahnya, kegiatan-kegiatan ini dilakukan selesai kuliah. Waktu demi waktu dijalaninya hasil ayam dan mengelola sawahnya, dibelikan sawah lagi sehingga sawahnya menjadi bertambah luas.

Setelah lulus kuliahnya anak ini tidak lagi terjun langsung menangani pekerjaannya sekarang tinggal memanajemen usaha tersebut, bahkan sekarang mendirikan perusahaan. Kelihatannya impian orang tua anak ini menjadikan anaknya mandiri bisa terwujud juga.
Itu hanyalah sepenggal cerita kesuksesan untuk memotivasi kita dalam berusaha, supaya tidak ada alasan lagi untuk berusaha, karena sebenanya kalau dijelaskan secara lebih lengkap terdapat lika-liku usaha yang tidak selalu lancar dalam perjalanannya. Kalau saya simpulkan dari cerita diatas adalah mulai usaha sekarang juga karena kesuksesan butuh proses yang tidak singkat, diuraikan dari cerita diatas memulai usaha sejak SMP sejak dini sekali ukuran untuk berwira usaha.

Demikian semoga menjadi inspirasi dalam mewujudkan kesuksesan anda.







Terima kasih sudah berkomentar