Cara Perawatan Printer Supaya Lebih Awet

Printer pasti ada-ada saja masalah yang sering terjadi, tidak bisa ngeprint, hasil cetak teksnya terputus-putus, kertas tidak bisa keluar dan lainya berikut topik yang akan saya share kali ini yaitu bagaimana cara perawatan printer supaya lebih Awet.

Bagaimanapun juga barang elektronik pasti ada umurnya, pasti ada rusaknya, apabila memiliki printer hanya bisa merawat mencegah supaya printer lebih awet atau lebih lama bisa digunakan. seperti ilustrasinya sebagai berikut membeli printer baru, tidak tahu cara merawatnya hanya pakai dan pakai tiba-tiba dalam waktu satu bulan printer sudah rusak atau tidak normal lagi hasil cetakannya.

Berikut share pengalaman mengenai menggunakan printer, dari beberapa kerusakan yang sering terjadi ini menjadikan catatan saya dalam menggunakan printer, kemudian menjadi mengerti bagaimana cara merawat printer supaya lebih awet atau lebih tahan lama, berikut ulasannya

1. Jangan gunakan kertas yang terlalu tebal
Dari pengamatan saya menggunakan kertas yang tidak standar terlalu tebal akibatnya akan rusak, akibatnya ketika mau ngeprint menggunakan kertas biasa yang tidak tebal 70gr hvs kertasnya keluarnya banyak, misal mau ngeprint satu lembar, kertasnya yang keluar beberapa lembar, cetakan hanya pada lembar pertama tetapi dua sampai tiga kertas lembaran kosong lainnya ikut terbawa keluar.

2. Jangan gunakan tinta yang terlalu kental
Ini yang pernah saya alami membuat tinta dicatridge menjadi kering sehingga ketika mau mencetak hasilnya terputus-putus bahkan tidak keluar teksnya, cara mengatasinya dengan cairan untuk mencairkan tinta, kalau tidak salah namanya piqmen.dengan cairan ini tinta akan lebih encer dan akhirnya buat ngeprint bisa juga.

3. Segera isi ulang tinta catridge jika hasil cetak tidak bagus (mau habis )
jika telat mengisi tinta dalam keadaan tinta pada catridge habis ini akan menjadi permasalahan, biasanya butuh waktu untuk ngeprint berulang-ulang sampai hasil cetakan bagus,yang saya lakukan biasanya dengan cleaning.

Ada yang mau menambahkan, demikian ketiga cara perawatan printer yang bisa saya bagikan disini.

baca juga artikel lainnya CARA MEMPERBAIKI HASIL PRINT TEKS PUTUS-PUTUS 

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat.






10 komentar

Click here for komentar
January 3, 2014 at 8:29 AM ×

Kalau saya pakai tinta tabung, apakah cara perawatannya sama..?

Balas
avatar
admin
January 3, 2014 at 8:50 AM ×

Pertamax sob... Info yang sangat bermanfaat. Trims :)

Balas
avatar
admin
January 3, 2014 at 5:02 PM ×

harus teliti dan hati-hati ya mas kalau menggunakan printer agar bisa awet dan bertahan lama serta nggak cepet rusak ya :)

Balas
avatar
admin
January 4, 2014 at 8:27 AM ×

@ Achmad : kalau pakai tinta tabung kalau sedang tidak dipakai mending jepit aja slangnya, kemudian selalu control tinta saja yang sering jadi masalah masuk angin sama slang yang nyangkut

Balas
avatar
admin
January 4, 2014 at 8:28 AM ×

@ Heri : Makasih sudah mampir

Balas
avatar
admin
January 4, 2014 at 8:30 AM ×

@Mba Ririn : menurut saya ga harus teliti dan hati-hati, tinggal control tinta saja, namanya barang elektronik ada umurnya juga.

Balas
avatar
admin
January 8, 2014 at 11:51 AM ×

kemaren printer saya eror gara-gara kabel tintanya terjepit sama catrid printer. jadi macet. masih bingung mau benerinnya. apa harus ke tempat service ya.

Balas
avatar
admin
January 8, 2014 at 11:55 AM ×

@Achmad : kalau ragu benerin sendiri mending dibawa ke tukang service saja, dari pada nanti malah tambah rusak he...

Balas
avatar
admin
April 21, 2015 at 10:12 AM ×

kalau pakai tinta tabung kayanya tidak begitu ribet, kalau ada rusak-rusaknya pengalaman saya ada pada catridge yang sudah masanya ganti.

Balas
avatar
admin
April 21, 2015 at 10:13 AM ×

Oke mas heri, trims juga sudah mampir berkunjung

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar