Penanganan dan Perawatan Luka

Terkadang urusan luka kita serahkan pada tenaga medis, orang yang terluka hanya berharap cepat sembuh, kurang memperhatikan keadaan lukanya, kemudian karena orang medis tersebut tidak standby mengontrol luka setiap waktu, bisa jadi luka anda semakin buruk tetapi anda tidak tahu dan tiba-tiba tahunya sudah parah, untuk itu menurut saya perlu sekali mengetahui tentang penanganan dan Perawatan luka.

Share kali ini mencoba berbagi pengetahuan tentang penanganan dan perwatan luka, berbahaya juga kalau tidak tahu tentang perawatan luka karena bisa terjadi infeksi, tadinya kelihatannya biasa sepele ternyata bisa menjadi parah. untuk itu harus segera di tangani dan dirawat sampai benar-benar sembuh.

Pertama Bersihkan luka dari segala jenis kotoran maupun kulit yang terkoyak dengan menggunakan antisepsik  bisa juga dengan revanol  setelah bersih oleskan betadin, lalu tutup dengan pembalut luka (kain Kassa ).

Setelah itu Luka yang ditutup dengan pembalut perhatikan kebersihannya. karena pembalut juga ada waktunya diganti, sebaiknya pembalut luka diganti sehabis mandi dan kembali dibubuhi dengan obat lagi. Usahakan luka tidak terkena air atau bahan lain yang bisa memancing timbulnya infeksi. pada intinya jaga kebersihannya. jika keadaan belum menandakan perbaikian atau pemulihan pada luka anda justru memburuk periksakan kedokter.

Catatan: Bila mengalami luka yang cukup besar dan parah, segeralah diobati pada ahlinya di dokter karena mungkin membutuhkan jahitan dan penanganan yang serius pula.
Uraian tentang penanganan dan perawatan luka diatas hanya sebatas pengetahuan saja yang didapat ketika tenaga medis sedang mengobati luka saya, untuk penanganan lebih tepat tentang Penanganan dan Perawatan luka dengan tenaga medis sebenarnya, terima kasih mudah-mudahan bermanfaat, artikel berikutnya 5 HAL YANG MENJADI PERHATIAN DI MUSIM HUJAN 






2 komentar

Click here for komentar
January 28, 2014 at 6:12 PM ×

terima kasih informasinya, menambah pengetahuan tentang kesehatan :D

Balas
avatar
admin
January 29, 2014 at 6:39 PM ×

harus super hati-hati ya mas saat mengobati luka, kalau salah nanti malah bisa infeksi :)

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar