Tidak Jadi Naik Jabatan

Ketika kumpul dengan umuran bapak-bapak banyak hal yang diceritakan, yang muda hanya mendengarkan, mengambil sebuah hikmah dari cerita tersebut, memetik pelajaran-pelajaran dari sebuah pengalaman cerita, inilah kelebihannya ketika bergaul dengan yang lebih tua mendapatkan nasehat-nasehat yang menurut saya bermanfaat dalam menjalani kehidupan ini.

Kali ini topiknya tentang kenaikan jabatan, disela-sela perjalanan keluar waktu menunjukan waktu jam makan siang dan berhenti disebuah warung makan, disitu ngobrol-ngobrol dimana seseorang yang bercerita bahwa dirinya mau diangkat menjadi kepala namun dengan syarat harus sekolah lagi supaya mendapatkan gelar, secara pribadi orang ini sangat berminat agar diangkat jabatannya dan bersedia bersekolah lagi.

Kemudian setelah mendengar bahwa dirinya akan dinaikan jabatannya, orang ini meminta restu kepada orang tuannya bahwa akan mengikuti pendidikan untuk mendapatkan kenaikan jabatan, apa yang terjadi orang tuanya bukannya mendukung tapi menolak dan memberi  jawaban, memangnya penghasilannya kamu kurang berapa, nanti saya tambahin, padahal waktu itu penghasilan orang ini juga sudah terbilang tinggi. Orang tua ini menjelaskan bahwa menjadi seorang pimpinan itu tidak mudah, pimpinan itu amanah, apakah kamu sudah siap, kelihatannya orang tua ini sudah hafal betul dengan kemampuan dan watak anaknya ini.

Setelah mendengar jawaban dari Bapaknya ini akhirnya orang ini mengurungkan niatnya untuk bisa naik jabatan dan sampai sekarang masih tetap pada jabatan yang sama. Orang ini menceritakan memang godaan ditempat kerjanya ini ada-ada saja kalau tidak memiliki keimanan yang kuat mudah saja tergiur dengan godaaanya. Pimpinan adalah pemegang kebijakan dan pemegang amanah apabila sewenang-wenang urusannya untuk kepentingan orang banyak di dunia dan pertanggungjawaban diakhirat kelak nanti, ini yang diungkapkan.

Tanggapan saya sendiri dari obrolan ini adalah memang benar juga jadi pemimpin itu amanah sekali memberikan kebijakan yang tidak tepat bisa merugikan kepentingan orang banyak dan mempertanggungjawabkan di akhirat, jadi pemimpin juga harus punya prinsip pendirian yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Jangan karena memiliki kekuasaan yang salah jadi benar dan yang salah jadi salah.

Baca juga artikel berikutnya CARA MENDAPATKAN GAJI TINGGI DI TEMPAT KERJA ANDA 

Demikian misiane share kalini mudah-mudahan ada manfaatnya







Terima kasih sudah berkomentar