Toko Sembako Bangkrut dan Toko Sembako Maju

Sebuah pengamatan dari apa yang saya lihat, seringnya berbelanja ditoko tersebut ternyata secara tidak sengaja saya mengamati perkembangan toko ini. Awal-awal barang dagangannya banyak karena laris perputaran barang bisa dibilang cepat, kelihatannya pemilik toko ini menambah modal terus menambah dagangannya. Lambat laun saya lihat ko barangnya habis setiap belanja  ada saja barang yang tidak terbeli karena stok tidak ada. Dengan kondisi yang demikian ada kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi sehingga stok barang lama-kelamaan menyusut, secara perputaran bagus, secara pelayanan juga bagus karena toko ini ada tiga penjaga toko cara melayani juga bagus, saya menilai kemungkinan yang tidak benar pada system keuangan yang masih konvensional.

Pebisnis sembako pasti tahu kalau perputaran sembako cepat tapi untungnya sedikit, bisa dibayangkan apabila menggunakan system konvensional yang menghitung dengan menggunakan kalkulator atau tulisan tangan, ketika toko sedang ramai apakah ada jaminan kalau menghitungnya sudah benar, apakah harganya sudah benar, memberikan kembalian sudah benar, meski salah atau selisih sedikit lama-kelamaan menjadi banyak dan itu pasti menyedot modal yang ada.

Kemudian dalam hal SDM atau penjaga toko, sekarang ini sulit juga untuk mendapatkan penjaga toko yang jujur,  kemungkinan yang bisa terjadi anggap saja mengambil sedikit, lama-kelamaan juga akan besar dan akhirnya mengurangi laba toko dan bisa juga mengurangi modal.

Beda dengan toko-toko yang sudah menggunakan alat kasir yang canggih yang menggunakan scan meski segala sesuatunya bisa terjadi namun menggunakan alat canggih kasir yang menggunakan scan lebih baik dibandingkan system manual, kemungkinan kecil terjadi salah hitung semuanya sudah komputerisasi, tidak ada kesalahan harga karena daftar harga sudah terdaftar dan tersistem secara otomatis. Yang membuktikan penggunaan alat toko ini benar-benar efektif adalah berkembangnya toko indomart, alfamart dan mall-mall, meskipun dalam keadaan ramai perputaran barang tetap terkendali ddengan baik.

Pengalaman teman yang jadi petugas kasir disebuah toko modern yang menggunakan alat kasir, perhitungan dikomputer kasir adalah yang benar jika jumlah uang kurang petugas kasir yang mengganti.

Memang banyak kelebihan menggunakan alat kasir ini, tapi biaya mungkin yang jadi pertimbangan untuk membelinya, sebenarnya menurut saya meski mahal alat ini adalah modal utama, karena dengan system keuangan yang komputerisasi akan menekan meminimalisir kesalahan-kesalan yang bisa saja terjadi.

Baca juga 5 STRATEGI TRIK YANG SERING DITERAPKAN DALAM PENJUALAN 

Sekian share dari misiane kali ini mudah-mudahan ada manfaatnya.







Terima kasih sudah berkomentar