Tips Berbelanja : Teliti kembali sebelum meninggalkan kasir

Mudah-mudahan ada manfaatnya yang akan saya posting kali ini, yaitu untuk meneliti struk atau bukti atau juga prin out pembayaran kasir, mesin kasir memang canggih tetapi yang menjalankan manusia yang bisa saja salah melihat salah menekan angka salah, untuk itu meneliti bukti pembayaran ada manfaatnya juga.

Berikut ini cerita pengalaman, dua kali pernah saya menemui ada teller atau kasir kurang teliti meskipun sudah menggunakan scan barcode ternyata tetap juga ada kesalahan, kesalahan bukan ada pada mesin komputernya tetapi orang yang menjalankannya.

Pertama
Dari pada nunggu bengong, saya coba lihat petugas kasir menghitung jumlah barang, kesalahan yang terjadi ada beda ukuran dengan nama barang sama dihitung satu, contoh Pepsoden ukuran kecil dan ukuran bareng, si petugas yang di barcode atau di scan yang pepsoden ukuran besar kemudian di keybornya diketik dua kali, yang berarti di struk pembayaran dua pepsoden besar, padahal sebenarnya belinya Pepsodent kecil dan besar. coba kalau dibiarkan ada selisih harga dan uangnya masuk ke perhitungan toko.

Kedua
Ketika belanja di toko antara harga grosir dan eceran berbeda, kesalahannya begini saya membeli pampers 12 biji, terbagi menjadi dua yaitu 6 bijian, ketika kasir menscan barcode mengetikan jumlah 12, tetapi yang dimasukan ke kantong plastik setelah di barcode 6 biji, yang 6 biji belum dimasukan, tetapi lupa atau apa 6 biji pamper tersebut di barcode lagi jadi terhitung di struk pembayaran ada 18 biji padahal saya ambilnya cuma 12 biji. kemudian saya luruskan, orang yang ngantri dibelakangnya bilang wah untung teliti, kalau saya tidak tahu percaya saja tinggal bayar, ternyata petugas kasir juga bisa salah, komputernya si tidak salah.

Sekian share kali ini, terima kasih






1 komentar:

Click here for komentar
February 28, 2014 at 12:50 PM ×

wah benar-benar harus diperhatikan yang satu ini, termikasih mas atas tipsnya, kedepannya saya aka lebih teliti lagi klo lgi berbelanja :D

Selamat heriyanto saputra mandala dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar