Deteksi Kesehatan Melalui Urine

Mengecek kesehatan ada alternatif lain selain kedokter atau bidan. ternyata bisa di lihat dari urine, meneruskan inromasi dari health.kompas.com menerangkan ada 5 jenis gangungan kesehatan yang bisa kita lihat melalui urine.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, semoga share tentang deteksi kesehatan melalui urine ini mudah-mudahan bisa bermanfaat, berikut ulasannya.

Berikut adalah 5 jenis gangguan kesehatan yang bisa kita lihat melalui urine.

1. Berwarna jernih
Warna atau "konsentrasi" urine bisa menceritakan apakah Anda sudah cukup minum air atau tidak. Jika urine Anda berwarna kuning gelap, ini bisa mendandakan Anda dehidrasi. Ketika kita kekurangan cairan ginjal akan menyimpan cairan dalam tubuh sehingga kita memproduksi sedikit urine. Dehidrasi juga bisa memicu batu ginjal. Karena itu konsumsi cukup air setiap hari. Jika warna urine Anda kuning bening, berarti Anda sudah cukup minum air.

2. Warna dan aroma
Sederhananya, jika warna urine Anda tak lagi berwarna kekuningan, Anda perlu waspada. Memang perubahan warna itu bisa saja karena pengaruh makanan atau obat. Beberapa jenis makanan dan juga suplemen vitamin bisa menyebabkan warna urine berubah dan berbau menyengat. Tetapi jika pola makan Anda biasa saja tapi ada yang tak biasa pada warna urine, mungkin ini saatnya Anda perlu melakukan pemeriksaan dokter.

3. Kerusakan ginjal
Protein pada urine adalah pertanda awal gangguan ginjal, terutama pada orang yang menderita diabetes. Protein pada urine bisa menghasilkan buih berlebih pada urine yang tak mudah hilang. Jika Anda beresiko tinggi menderita kerusakan ginjal; yakni berusia di atas 60 tahun, menderita diabetes, hipertensi, atau punya riwayat keluarga sakit gagal ginjal, lakukan pemeriksaan kadar protein secara teratur.

4. Gejala diabetes
Kata "diabetes" sebenarnya berarti sering buang air kecil. Ketika kadar gula darah tinggi di peredaran darah dan tubuh tidak bisa memproses secara efektif, ginjal akan bekerja keras untuk menyingkirkan gula tersebut. Jika urine Anda berbau "manis", ini bisa menandakan ada gula dalam urine tersebut.

Adanya gula di urine bisa menunjukkan penyakit diabetes atau pradiabetes. Untuk memastikannya Anda perlu melakukan diagnosis lebih lanjut di laboratorium. Penyakit diabetes perlu diwaspadai karena ini penyebab utama gangguan ginjal.

5. Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih merupakan masalah umum pada wanita. Penyakit ini timbul ketika bakteri masuk ke saluran kemih melalui uretra dan berkembang biak. Kebiasaan menahan pipis, kehamilan, hubungan seksual, hingga virulensi bakteri tertentu bisa memicu terjadinya infeksi ini. Gejala penyakitnya antara lain rasa panas ketika berkemih, sering merasa ingin pipis, dan ada darah dalam urine. Biasanya dengan pengobatan antibiotik penyakit ini akan sembuh.

Sekian sehare hari ini selanjutnya ada OBAT MENYEMBUHKAN LUKA DENGAN DEDAUNAN 








Terima kasih sudah berkomentar