Mengatasi Diabetes dengan Pola Makan

Kali ini meneruskan share cara mengatasi diabetes yang besumber dari media waspada online
Diabetes menjadi masalah yang cukup serius yang harus segera di tangani, ternyata selain obat ada cara lain mengatasi diabetes dengan mengatur Pola Makan berikut ini kutipan dari sumbernya :

Pola makan teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama dalam mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Berbagai spekulasi mengenai jenis asupan serta waktu makan yang tepat menjadi faktor penting untuk penyembuhannya.

Para ahli diabetes merekomendasikan makan enam kali sehari dengan porsi kecil sebagai cara terbaik untuk mengontrol sistem metabolisme tubuh. Sedangkan, para ahli lainnya percaya bahwa makan cukup sebanyak tiga kali sehari adalah cara mengatasi diabetes dengan lebih baik. Lalu, manakah pendapat yang benar?

”Kami resmi mengonfirmasi bahwa pepatah kuno yang mengatakan sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam layaknya pengemis adalah benar,” ujar dr. Hana Kahleova, peneliti dari Institute for Clinical and Experimental Medicine di Praha.

Ternyata, makan cukup dua kali sehari menjadi cara efektif mencegah penyakit diabetes tipe 2. Pada malam hari, mereka yang menderita diabetes disarankan untuk tidak makan malam  atau makan dalam porsi kecil saja.

Penelitian dilakukan secara acak terhadap 45 penderita diabetes dengan kisaran usia 30 hingga 70 tahun selama 12 minggu. Responden dibagi dalam dua kelompok, yang masing-masing diberi menu dalam jumlah kalori yang sama, namun dengan pembagian waktu makan yang berbeda.

Kelompok pertama makan sebanyak dua kali setiap hari, hanya saat pagi dan siang hari. Sedangkan, kelompok kedua makan sebanyak enam kali sehari. Hasilnya, kelompok pertama yang hanya mengonsumsi makanan saat sarapan dan makan siang kehilangan lebih banyak berat badan.

Selain itu, efek lain juga dirasakan dengan menurunnya kadar gula darah. Hal ini juga berpengaruh terhadap kemampuan tubuh mengolah hormon insulin yang bekerja lebih efektif pada penderita diabetes di kelompok pertama tersebut.

”Yang membuat banyak penderita diabetes ataupun masyarakat khawatir menjalani pola makan seperti ini karena merasa takut kelaparan saat malam hari. Tetapi, tingkat rasa lapar ternyata lebih rendah dirasakan oleh kelompok pertama dibandingkan kelompok kedua yang tidak pernah merasa puas dan kenyang,” ujar dr. Hana Kahleova.

Makan sebanyak enam kali secara tidak teratur terbukti tidak meninggalkan rasa kenyang dan puas pada tubuh manusia. Indikasi ini sebenarnya telah lama ditemukan pada beberapa penelitian sebelumnya. Sedangkan tidak makan malam  terbukti bisa menurunkan berat badan. sekaligus menurunkan kadar gula darah .

Sekian share kali ini mudah-mudahan bermanfaat






Terima kasih sudah berkomentar