Perbandingan Cara Belajar Siswa Berprestasi dan Siswa Biasa

Coba melakukan pengamatan kecil-kecilan terhadap cara belajar siswa berprestasi dan siswa dengan prestasi biasa, siswa berprestasi ini peringkat kelas berada diposisi 1 sampai 3 sedangkan siswa biasa peringkat 10 keatas, tetapi dari yang saya uraikan disini bukan berarti pasti karena sering terdengar ada orang yang jarang belajar seperti cara belajar siswa berprestasi ini namun juga bisa unggul karena memiliki kecerdasan yang luar biasa, bisa memahami pelajaran dengan cepat.

Berikut saya mulai dari siswa biasa, siswa ini hanya belajar formal dikelas seperti pada umumnya berangkat pagi kemudian pulang, ada tugas sekolah dikerjakan sendiri, kemudian ketika belajar dirumah, hanya sekedar membaca memahami dan kalau ada kesulitan siswa ini bingung mau bertanya kepada siapa, jadi tidak ada penyelesaian dengan kesulitan tersebut.

Kemudian berikut cara belajar siswa berprestasi, bangun pukul 04.30 pagi persiapan membaca buku, berangkat sekolah, pulang sekolah les pelajaran tambahan di bimbingan belajar, pulang dari bimbingan belajar sampai dirumah malam hari belajar lagi. Kemudian ketika ada kesulitan siswa ini konseling bertanya pada guru bimbingan belajar sehingga menemukan penyelesaian pelajaran-pelajaran yang sulit, dan menemukan jawaban yang benar. Bisa diperhatikan berbeda usaha yang dilakukan siswa berprestasi dan siswa biasa.

Dari uraian diatas saya menyimpulkan bahwa seorang siswa membutuhkan seorang pembimbing atau guru untuk membimbingnya tidak hanya di sekolah tetapi diluar sekolah, dengan adanya bimbingan guru ini akan lebih terarah bisa menunjukan mana yang salah dan mana yang benar. Ketika ada pelajaran yang sulit seorang siswa bisa mendapatkan jawaban kebenarannya dari seorang guru. Karena seringkali hanya asal menjawab atau mengambang apakah itu benar atau salah.

Sebuah catatan pernah mendengar orang tua yang membandingkan anak orang lain pintar berprestasi sedangkan anaknya pretasinya biasa tidak bisa di banggakan, bisa dikaitkan dengan uraian diatas perhatikan bagaimana usaha siswa tersebut apakah sama, tentu tidak usaha siswa yang berprestasi lebih giat. Mungkin bisa lain ceritanya jika usaha sudah sama ikut bimbingan belajar, belajar dirumah giat tetapi hasilnya berbeda ini terdapat faktor lain seperti misalnya kecerdasan otak.

Oke sekian share kali ini tentang Perbandingan Cara Belajar Siswa Berprestasi dan Siswa Biasa, terimakasih.








Terima kasih sudah berkomentar