Inilah 4 Manfaat Minyak Kemiri yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Setiap orang dipastikan punya impian memiliki rambut yang indah dan juga sehat, maka banyak orang menaruh perhatian lebih. Sekaligus memberikan perawatan ekstra untuk mahkotanya ini khususnya bagi kaum perempuan. Bagi Anda yang mengutamakan bahan alami atau perawatan alami dianjurkan untuk memilih minyak kemiri sebagai solusi merawat rambut agar semakin sehat dan juga indah. Minyak ini sesuai namanya berasal dari rempah bernama kemiri.

Tanaman kemiri sendiri berasal dari negara beriklim tropis dan salah satunya adalah di Indonesia, sehingga bukan tanaman atau rempah import. Anda bisa menemukan kemiri dengan mudah di pasaran bahkan di situs belanja online bahan makanan organik maupun yang biasa. Kalau memang punya lahan lumayan luas bisa menimbang menanam pohon kemiri sendiri sehingga setiap panen bisa mendapatkan kemiri segar dengan kualitas yang tentu lebih baik. Ketimbang kemiri yang dibeli di pasaran dimana sudah melewati proses pengeringan dan distribusi.

Cara Mengolah Minyak dari Kemiri Sendiri 

Kalau tertarik membuat minyak dari kemiri ini sendiri maka perhatikan tata cara pengolahannya berikut ini: 

Pertama Anda perlu memarut atau mungkin memblender biji kemiri supaya menjadi halus.
Peras air dari parutan kemiri tersebut sambil sesekali dituangi air agar lebih mudah.
Setelah air perasan menjadi bening segera hentikan lalu diamkan hingga 24 jam.
Setelah itu digongso hingga muncul lapisan minyak.

Mengenal Manfaat dari Minyak Alami Ini

Metode pembuatan minyak kemiri cukup banyak dan diatas adalah metode paling sederhana, yang nanti bisa dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, dan sebagainya. Aplikasikan ke rambut secara teratur sebab menawarkan manfaat berikut ini:

1. Secara alami menghitamkan rambut, 
Minyak dari rempah kemiri ini memang sejak lama dikenal sebagai bahan untuk menjadikan rambut lebih hitam. Orang zaman dulu memakainya secara teratur setiap habis keramas yang menjadikan warna rambut nampak hitam dan berkilau secara alami. Padahal Anda tidak memakai produk aneh-aneh dan mahal.

2. Bisa membantu mengatasi kerontokan rambut, 
Kerontokan rambut bisa dikatakan sebagai momok yang menakutkan karena ada ancaman menjadi botak. Bagaimana jika usia Anda masih relatif muda? Daripada stress dan semakin memperparah kerontokan rambut cobalah aplikasikan minyak dari kemiri ini. Jika dilakukan secara teratur maka perlahan bisa menghentikan kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut baru. Tentunya lebih aman dan efektif ketimbang coba-coba produk tidak jelas di situs jual beli online.

3. Mengatasi masalah kebotakan, 
Selain membantu mencegah dan mengatasi masalah rambut rontok, minyak dari biji kemiri ini juga efektif menanggulangi masalah kebotakan. Bagi Anda yang memang berhadapan dengan masalah ini bisa mengaplikasikan minyak ini ke kulit kepala secara merata. Usahakan teratur untuk merangsang pertumbuhan akar rambut baru sehingga kebotakan yang dialami perlahan akan tertutup oleh rambut yang mulai tumbuh. Setelah tumbuh tetap pakai untuk mempercepat pertumbuhan rambut di kepala.

4. Meluruskan sekaligus merapikan rambut, 
Jika sudah merasa bosan dengan kondisi rambut yang sering awut-awutan dan nampak tidak sedap dipandang karena berantakan. Maka cobalah mengoleskan minyak biji kemiri ini ke seluruh rambut, supaya bisa lebih rapi dan mudah diatur. Fungsi dari minyak ini memang bisa menggantikan pomade atau minyak rambut di pasaran sehingga bisa dijadikan alternatif menata rambut bagi yang kulit kepalanya sensitif. Lebih aman lagi jika minyak kemiri tersebut adalah olahan sendiri.









0 Komentar untuk "Inilah 4 Manfaat Minyak Kemiri yang Mungkin Belum Anda Ketahui"

Back To Top