5 Jara Jitu Perkenalkan Brand Untuk Dapatkan Lebih Banyak Konsumen


Anda yang sudah memulai bisnis sendiri tentu hafal dengan berbagai hambatan di dunia wirausaha. Hambatan yang paling sering dihadapi oleh pemula adalah susahnya memasarkan produk dikarenakan brand atau merek yang belum dikenal. Apalagi jika harus bersaing dengan merek-merek buatan para selebriti yang diiklankan besar-besaran, produk homemade atau berskala kecil memang seringkali jadi susah untuk bergerak.

Tapi bukan berarti produk bikinan Anda sama sekali tak bisa dikenal publik, ya. Ada beberapa cara yang harus ditempuh supaya brand bisa lebih dikenal, berikut informasinya:

Ketahui siapa calon pembeli Anda
Hal terpenting yang harus diketahui sebelum memasarkan sebuah produk adalah mengetahui siapa target pasarnya. Hal ini akan mempengaruhi banyak hal, mulai dari pengemasan, cara pemasaran, hingga harga yang sesuai. Kalau produk Anda menyasar anak muda, berpromosi lewat radio dan koran jelas kurang efektif. Media sosial atau promosi secara langsung di even-even musik bisa jadi cara terbaik untuk memperkenalkan produk Anda. Sedangkan jika target pasarnya adalah lansia, menyebarkan brosur, membuat pertemuan semacam demo produk, atau memberikan kesempatan untuk mencoba produk secara gratis bisa dilakukan sebagai cara promosi.

Gali kelebihan produk Anda
Orang akan tertarik membeli suatu produk saat ada hal berbeda di dalamnya. Misalnya saja, kalau ada dua orang yang sama-sama menjual es krim, namun satu es krim dibuat dari bahan alami yang penuh nutrisi, tentu orang akan memilih es krim tersebut. Dengan kata lain, Anda harus mencari pembeda dan keunikan yang memiliki nilai positif dalam produk jualan Anda. Meski produk tersebut banyak dijual di pasaran, tapi kalau ada kelebihan tersendiri dijamin konsumen akan tetap tertarik dan lebih memilih untuk membelinya dibanding yang lain.

Buat kemasan lebih menarik
Kemasan produk juga jadi salah satu faktor penting yang akan menentukan minat beli para konsumen. Suatu produk berkualitas yang dikemas apa adanya dengan bahan murahan akan menimbulkan kesan tak terlalu positif. Sedangkan produk yang biasa saja namun dikemas dengan baik bisa jadi lebih menarik perhatian karena terlihat jauh lebih profesional. Maka dari itu, jangan meremehkan masalah pengemasan produk. Sebisa mungkin pilih banahn berkualitas untuk kemasan dan aplikasikan desain yang menarik sehingga akan muncul keinginan konsumen untuk membelinya.

Manfaatkan blog dan media sosial
Dulu, saat orang ingin membeli sesuatu mereka akan datang langsung ke toko dan berkonsultasi dengan pegawai yang ada di sana. Tapi saat ini, kalau orang akan membeli sesuatu, mereka akan mencari reviewnya melalui Google dan media sosial. Itulah mengapa penting sekali aktif di blog dan media sosial untuk membangun bransing yang kuat. Anda juga bisa bekerja sama dengan blogger yang terkenal atau para influencer di media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Hal ini biasanya akan meningkatkan kepercayaan konsumen karena yang mempromosikan adalah orang yang sudah dijadikan panutan. Beberapa influencer memang menarik bayaran untuk promosi semacam ini, tapi tak jarang ada juga yang mau mempromosikan secara gratis selama produk Anda tersebut disukainya.

Pelan tapi pasti, cara-cara tersebut akan membuat merek produk Anda lebih dikenal. Tapi pastikan untuk tetap menjaga kualitas ya, sebab meski sudah terkenal sekalipun kualitas tetaplah hal nomor satu yang perlu dijaga supaya pelanggan tak beralih.







Terima kasih sudah berkomentar