Anak Susah Makan? Atasi Dengan Cara Berikut Ini, Yuk!


Sebagai orang tua, tentu Anda selalu ingin yang terbaik untuk buah hati termasuk dengan menyediakan makanan dan minuman bergizi. Sayangnya, kadang ada anak yang susah makan. Meski Anda sudah berusaha menyediakan makanan dan minuman yang enak, tetap saja ia menutup mulutnya dan menolak makan. Anda tentu khawatir anak tidak akan mendapatkan asupan gizi yang cukup dikarenakan hal tersebut.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya anak doyan makan kembali. Berikut informasi lengkapnya:

Buat suasana makan jadi menyenangkan
Hal pertama yang biasa dilakukan orang tua saat anaknya susah makan adalah memaksa. Dalam pikiran orang tua, yang terpenting anak mau makan meski terpaksa supaya ada asupan nutrisi yang masuk. Tapi di sisi lain, memaksa anak makan bisa menyebabkan ia mengalami trauma sehingga malah makin susah untuk bisa makan sendiri dengan kemauannya. Cara yang tepat untuk membuat anak mau makan adalah dengan menciptakan suasana yang menyenangkan. Ajak seluruh anggota keluarga berkumpul di meja makan, buka obrolan yang menyenangkan sebelum makan, dan jangan paksa anak untuk menyantap sesuatu yang tak disukainya tapi lebih  baik berikan contoh dengan menyantapnya juga.

Ajak anak menyiapkan makanannya sendiri
Coba deh, sesekali ajak buah hati berbelanja. Biarkan ia memilih bahan makanan yang disukainya. Setelah sampai di rumah, ajak dia ke dapur dan tanyakan ingin membuat apa dari bahan yang tadi dipilihnya. Kentang goreng, ayam tepung, atau bahkan hamburger juga boleh loh, dijadikan santapan si kecil. Yang terpenting, Anda memadukan cukup karbohidrat, serat, dan juga protein ke dalamnya sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Ajak si kecil untuk memasak makanan yang diinginkannya, dijamin ia nantinya akan penasaran untuk mencicipi rasa masakan buatannya sendiri.

Pancing dengan alat makan yang menarik
Bukan rahasia lagi kalau anak-anak selalu suka dengan peralatan makan yang menarik dan berwarna-warni. Maka dari itu, cobalah untuk membeli piring, gelas, sendok dan garpu khusus anak dengan warna cerah dan memiliki motif unik. Tak ada salahnya juga membelikan set peralatan makanan karakter kartun favorit buah hati, dijamin ia akan jadi lebih bersemangat saat makan. Atau cobalah mengkreasikan makanan dengan bentuk-bentuk unik sehingga anak lebih tertarik untuk menyantapnya dan tak lagi mempertanyakan bahan apa yang digunakan untuk memasaknya.

Pancing dengan hidangan pencuci mulut
Anak-anak paling tak bisa melewatkan yang namanya hidangan pencuci mulut. Rasa manis dari hidangan-hidangan tersebut selalu berhasil membuat anak menuruti permintaan Anda, termasuk untuk makan. Jadi, sebelum makan Anda bisa katakan padanya kalau hari ini ada menu penutup yang sangat lezat, tapi baru bisa disantap jika ia sudah makan nasi. Untuk menu penutupnya, tentu saja harus dipilihkan yang sehat, misalnya saja es krim susu buatan sendiri, serbat dari buah-buahan, cake rendah gula, atau juga cookies dari oatmeal. Dijamin anak lebih bersemangat makan sambil Anda juga bisa memasukkan asupan bergizi lainnya lewat hidangan pencuci mulut.

Anda juga sebaiknya menahan diri untuk tidak membandingkan anak dengan yang lain. Setiap anak memiliki jatah makan berbeda tergantung tubuh dan juga aktivitasnya. Jadi jika anak lain bisa makan banyak, belum tentu anak Anda juga harus melakukan hal yang sama. Daripada membandingkan, lebih baik memberikannya motivasi dan pengertian supaya ia lebih doyan makan.







Terima kasih sudah berkomentar