Berencana Liburan ke Raja Ampat? Ternyata Segini Biaya Yang Harus Disiapkan!


Jangan ngaku traveler kalau belum pernah ke Raja Ampat! Raja Ampat merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 1.864 Pulau, yang di setiap pulaunya memiliki pesona nya masing-masing. Tidak heran beberapa tahun belakangan Raja Ampat menjadi destinasi impian para traveler baik lokal maupun mancanegara. Kenapa disebut destinasi impian? Ya karena banyak sekali yang ingin datang kesana tapi terkendala oleh biaya yang mahal. Seperti yang kita ketahui, jika mau mencapai ke Raja Ampat, maka kalian harus ke Sorong terlebih dahulu, sebelum akhirnya menyebrang ke kawasan Raja Ampat menggunakan Kapal Motor. Nah, sedikit tips untuk kalian yang ingin beristirahat terlebih dahulu di Sorong, kalian bisa stay di favehotel, karena hotel ini memiliki berbagai macam fasilitas yang kalian butuhkan dan tentunya harga bersahabat, jadi tidak mengancam budget perjalanan kalian. Kira-kira berapa sih budget termurah yang dibutuhkan untuk berlibur ke Raja Ampat? Berikut perkiraannya:

1. Tiket Pesawat (Jakarta – Sorong)
Harga Tiket Pesawat untuk ke Sorong sangatlah beragam, jadi tergantung kalian berangkat dari mana. Misalnya dari Jakarta, Tiket termurah yang bisa kalian dapatkan kurang lebih adalah Rp. 1.500.000 untuk sekali Jalan, yang berarti untuk PP kalian harus menyiapkan uang Rp.3.000.000. Tentunya harga ini merupakan harga perkiraan, mengingat harga tiket pesawat terus berubah setiap harinya, yang pasti semakin dekat tanggal pemesanan dengan tanggal keberangkatan, maka semakin mahal lah harganya, jadi sebaiknya di rencanakan sejak beberapa bulan sebelumnya ya, guys!

2. Kapal Ferry (Sorong – Raja Ampat)

Jika kalian ingin lebih cepat, sebenarnya kalian bisa menyebrang menggunakan Susi Air, namun dikarenakan kita sedang membahas harga termurah, maka kapal ferry lah pilihannya. Harga yang ditawarkanpun beragam yaitu mulai dari 130ribu sampai dengan 220ribu untuk sekali menyebrang, tergantung kelas yang kalian pilih. Penyebrangan dengan menggunakan kapal ferry menghabiskan waktu kurang lebih 2 Jam.

3. Tarif Masuk ke Raja Ampat
Setiap wisatawan yang datang wajib untuk membayar Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) senilai 500 ribu rupiah untuk wisatawan lokal, dan 1 juta rupiah untuk wisatawan Mancanegara. Kalian dapat membayar biaya ini ketika di Pelabuhan atau di Kantor Kabupaten Raja Ampat.

4. Penginapan


Selayaknya tempat wisata, Raja Ampat memiliki berbagai macam jenis penginapan mulai dari Home Stay, Hotel ataupun Resort yang harganya sampai jutaan rupiah. Untuk penginapan termurah, kalian bisa dapatkan di harga 250ribu rupiah per malam sudah termasuk makan pagi, siang dan malam.

5. Transportasi Antar Pulau
Seperti yang disebutkan diawal, Raja Ampat merupakan wilayah kepulauan, jadi kalian harus menyiapkan biaya 600 atau 700 ribu rupiah untuk menyebrang ke pulau yang lain. Kalau diliat dari harganya sih memang cukup mahal ya, tapi dengan membayar 600 ribu kapal ini bisa mengangkut sampai dengan 10 penumpang, lho! jadi lebih murah kalau kalian pergi berkelompok, kan!

6. Biaya Makan
Kalau penginapan kalian tidak menyediakan makanan, kalian gak perlu khawatir! Karena biaya makan disini terbilang cukup murah, yaitu mulai dari 20 ribu rupiah saja.

Jika di jumlahkan, maka budget yang kalian butuhkan kurang lebih adalah 5 jutaan, tapi tentunya harga ini masih bisa berubah, apalagi jika kalian berhasil mendapatkan tiket pesawat dengan harga promo. Semangat teman traveler! Sampai jumpa di Raja Ampat ya.







Terima kasih sudah berkomentar