6 Fakta Menarik Tentang Raja Ampat, Papua


Belakangan ini, pastinya kita sudah banyak mendengar akan keindahan kepulauan Raja Ampat di Papua, bukan? Karena memang Raja Ampat menjadi salah satu tempat wisata yang dikagumi banyak orang termasuk turis mancanegara. Keindahan kepualuan ini tak lagi menjadi sebuah keraguan dimana ada banayak sekali orang-orang yang ingin menikmatinya. Namun, apa saja fakta tentang kepulauan Raja Ampat? Yuk simak 6 fakta menarik tentang Raja Ampat yang keindahannya melegenda ini.

1. Legenda Dibalik Nama Raja Ampat
Terlepas dari keindahan yang dimiliki oleh Raja Ampat, ada sebuah legenda atau kumpulan mitos yang menjadi kepercayaan dibalik adanya nama Raja Ampat sendiri. Tahukah anda tentang legenda yang sudah menjadi bagian dari cerita rakyat tersebut? Dikisahkan ada sepasang suami istri yang tinggal dahulu kala disana yang menemukan 6 buah telur naga saat mencari makan. 5 telur tersebut menetas dan mengeluarkan bayi manusia, 4 laki-laki dan seorang wanita. Hanya saja saat beranjak dewasa sang anak wanita hamil tanpa tahu saiap yang menghamilinya, hingga ia dibuang dan 4 saudara laki-lakinya menjadi raja di 4 pulau terbesar di sana.

2. Penemuan Yang Tak Disengaja
Sebenarnya, Raja Ampat ditemukan dan banyak dikenali oleh para wisatawan akibat seorang peneliti yang sedang mencari puing-puing bekas pesawat dan kapal perang dunia ke II. Namun, ia tertarik dan terpukau oleh keindahan dari Raja Ampat hingga akhirnya berkunjung lagi dengan membawa kawanan lainnya dan sampai sekarang keindahan Raja Ampat sudah banyak diketahui oleh orang-orang.

3. Memiliki Jenis Karang Terindah
Kamu juga harus tahu bahwasanya Raja Ampat adalah tempat dimana kita bisa menimati keindahan karang dan dunia bawah laut. Namun, keindahan karang di sana tidak hanya indah namun dinobatkan sebagai rumah untuk para karang terindah lho! Wow, kebayangkan bagaimana indahnya jika kita melakukan wisata bawah laut di Raja Ampat? Ada banyak spot untuk mencari keindahan biota laut di Raja Ampat. Bahkan dinyatakan sebagai hutan Amazon-nya Indonesia.
4. Kental Akan Kebudayaan
Gambaran akan rakyat asli Papua yang tidak ramah dan sangar akan terbantahkan jika kita mengunjungi daerah Raja Ampat ini. Karena penduduk di sini akan menyambut wisatawan dengan tari-tarian tradisional yang merupakan bagian dari tradisi mereka yang masih dibudidayakan hingga sekarang. Masyarakat disana terkenal akan keramah-tamahan mereka. Dan ada daerah yang bisa membuat kita mengenali serta mempelajari beragam taradisi budaya yang mereka jaga hingga hari ini.

5. Gugusan Pulau Yang Indah
Mengunjungi Raja Ampat karena keindahan gugusan pulau-pulau yang ada di sana. Dan ini memang menjadi dasar dan alasan mengapa seseorang tertarik mengunjungi Raja Ampat. Pulau Wayag misalnya, ini adalah salah satu pulau terbesar dan merupakan ikon dari Raja Ampat sendiri. Di sini, ada banyak sekali keindahan alam yang bisa dinikmati, mulai dari menikmati panorama, laguna, pesisir pantai dan tentunya alam bawah laut.\

6. Kegiatan Menarik
Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan jika kita sedang berada di Raja Ampat. Tak mengherankan inilah mengapa banyak tokoh penting di dunia pernah dan sellau ingin kembali mengunjungi Raja Ampat. Melakukan trekking, menikmati pemandangan, snorkeling, diving bahkan menikmati keindahan burung liar bisa dilakukan di sana. Ingin menikmati sensasi berenang dengan para hiu? Nah, cobalah kunjungi spot di Raja Ampat ini. Tenang saja, hiu tersebut masih anakan hiu yang dipelihara masyarakat setempat.







Terima kasih sudah berkomentar