Cara Mudah Mengatasi Cegukan Pada Bayi Dalam Sekejap


Merawat si kecil untuk pertama kalinya bukanlah pekerjaan mudah, mengingat bunda tidak punya pengalaman sama sekali. Apalagi tiba-tiba si kecil mengalami cegukan, tentu bunda jadi resah dan bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi bayi cegukan. Bunda bertanya ke teman yang pernah merawat si kecil atau bertanya pada orang tua. Selain itu bunda bisa saja mencari informasi di internet soal mentajasi cegukan pada bayi. Beruntung, tulisan ini adalah salah satu tulisan yang akan mengulas hal itu.

Mencermati pertumbuhan si kecil merupakan sesuatu yang menyenangkan. Sekalipun sangat lelah, rasanya lelah itu hilang begitu melihat si kecil dengan segala perkembanganya. Begitu si kecil mengalami masalah sedikit saja. kita akan sangat resah dan ingin segera mungkin menghilangkan masalah yang diderita si kecil. Lantas bagaimana dengan masalah cegukan., bagaimana mengatasinya?

Cara Mengatasi Bayi Cegukan
Cegukan adalah hal yang sangat lumrah dan bisa terjkadi pada siapa saja. pada orang dewasa, cegukan bisa dianggap sebagai masalah yang sepele. Tinggal meminum air putih banyaki-banyak, biasanya cegukan yang dialami orang dewasa akan hilang. Tetapi bagaimana dengan cegukan yang dialami bayi, apakah kita juga perlu memberinya minum air putih banyak-banyak?

Jangan. Mengatasi bayi cegukan berbeda dengan cara mengatasi cegukan pada orang dewasa. Hal ini karena bayi masih sangat sensitif dan harus mendapatkan perlakuan lembut. Walaupun memang penyebab cegukan antara orang dewasa dengan bayi itu sama. ketika mengalami cegukan berarti ada udara yang terjebak di dalam tubuh dan ingin keluar.

Cara mengatasi bayi cegukan sebenatrnya cukup sederhana. Bunda hanya perlu melakukan beberapa tindakan sederhana untuk menghilangkan cegukan pada bayi. Bagaimana caranya?

1. Berikan ASI dan biarkan bayi bersendawa
Cara pertama mengatasi bayi cegukan adalah dengan memberikan bayi asi. Biarkan bayi menyusu sampai kenyang. Di akhir biasanya bayi akan bersendawa. Jadi begitu si kecil mengalami cegukan, silakan bunda gendong atau dengan tiduran dan susui. Nah bunda, menyusui bayi itu bisa menghilangkan cegukan pada bayi. Sebab ketika menyusui bayi akan melakukan gerakan. Gerakan ini kemungkinan akan menghilangkan cegukan pada bayi. Apalagi diakhir akan diakhiri dengan sendawa. Sendawa inilah yang akan membuka ruang untuk menghilangkan udara yang terjebak di dalam perut. Biasanya sangat efektif menghilangkan cegukan. Jika tidak, bunda bisa coba cara yang kedua.

2. Atur posisi bayi
Jika si kecil masih mengalmi cegukan, cobalah atur posisi si kecil untuk menyusu sambil berdiri tegak. Bunda bisa tepuk-tepuk bagian belakang si kecil dengan pelan agar membantu udara dalam perut keluar. Cara ini bisanta juga sangat efektif untuk menghilangkan cegukan pada bayi.

3. Beri sesuatu untuk diisap
Masih juga cegukan? Berikutnya bunda bisa berikan sesuatu untuk dihisap si cekil/ cara ini sangat ampuh mengatasi cegukan. Bunda bisa berikan dot, empeng atau puting bunda. memberikan sesuatu untuk dihisap uimumnya akan menghilangkan cegukan pada bayi. Hal ini karena saat menghisap akan ada gerakan dan tiupan di dalam perut bayi sehingga bisa merangsang sendawa.

4. Bawa bayi ke tempat yang hangat
Terakhir ajaklah si kecil ke tempat yang lebih hangat. Ada baiknya jangan letakkan bayi di tempat berac. Suhu yang dingin umumnya bisa menyebabkan bayi cegukan karena ada udara yang masuk ke dalam perut dan terjebak di dalamnya.







Terima kasih sudah berkomentar