Jenis Vitamin Yang Menjadi Solusi Untuk Anak Susah Makan


Orangtua mana sih di dunia ini yang tidak merasa khawatir saat buah hatinya susah diajak makan? Sebagai orangtua, tentu saja kita akan merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, tentunya memerlukan vitamin anak dan banyak kalori agar pergerakkannya lebih aktif lagi. Saat kekurangan asupan kalori, maka tubuh si kecil sangat rentan terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

Menurut kabar yang beredar, kondisi susah makan ini kerap terjadi pada anak yang berusia 2 sampai 5 tahun. Padahal, usia tersebut merupakan periode emas pada anak di masa pertumbuhannya lho. Sebagai solusinya, bunda harus memberikan vitamin yang dapat meningkatkan lagi nafsu makannya. Nah, berbicara soal vitamin anak, berikut di bawah ini ada beberapa jenis vitamin yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak :

1. Vitamin B12
Jenis vitamin pertama yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak, yakni bernama vitamin B12. Lebih tepatnya lagi, vitamin B12 ini dapat memproduksi sel darah merah, memproses vitamin B9, merubah makanan menjadi energi, serta dapat menjaga system syaraf tubuh. Anak yang kekurangan vitamin B12 ini akan ditandai dengan adanya penurunan nafsu makan, sehingga ia akan susah untuk diajak makan. Menurut para pakar gizi ternama dunia, vitamin B12 ini dapat kita temui pada berbagai jenis makanan seperti telut, daging ayam, daging sapi, ikan salmon, dan susu.

2. Vitamin A
Mungkin kebanyakan dari kita yang menganggap bahwa vitamin A ini hanya bermanfaat untuk kesehatan mata saja. Namun tahukah anda? ternyata vitamin A ini juga dapat meningkatkan nafsu makan pada si kecil lho. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, vitamin A tersebut dapat memelihara kesehatan kulit. Dalam pemberian vitamin A ini dosisnya tidak boleh berlebihan, sebab akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan si kecil. Vitamin A itu sendiri terdapat pada berbagai jenis makanan seperti wortel, brokoli, tomat, papaya, melon, alpukat, dan sebagainya.

3. Vitamin K
Kekurangan vitamin K juga merupakan salah satu factor yang penjadi penyebab dari hilangnya nafsu makan pada anak. Bahkan, kekurangan vitamin K ini akan membuat kekutan tulang menjadi menurun lho. Menurut anjuran para ahli gizi, si kecil diharuskan untuk mengonsumsi vitamin K sebanyak 30 mg dalam setiap harinya. Vitamin K ini bisa anda dapatkan pada beberapa jenis makanan seperti sayuran hijau, kacang kedelai, kacang almond, plum, dan asparagus.

4. Vitamin D
Jenis vitamin berikutnya yang dapat meningkatka nafsu makan pada si kecil, yakni bernama vitamin D. Di samping itu, vitamin D ini bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium, magnesium, zinc, zat besi, dan vitamin A. Vitamin D itu sendiri bisa anda dapatkan pada berbagai jenis kuliner seperti susu sapi, jus jeruk, dan daging ikan. Selain itu, vitamin D ini bisa anda dapatkan pada sinar matahari yang muncul pada jam 7 pagi dan jam 9 pagi.

5. Asam Folat
Asam folat ini berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, sehingga si kecil akan lebih bernafsu lagi pada makanan. Asam folat ini terdapat pada beberapa jenis makanan seperti brokoli, kacang polong, kacang merah, telur, ikan salmon, umbi-umbian, hati asam, buah jeruk, dan sayuran berdaun hijau.

Itulah beberapa jenis vitamin yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Nah, apabila anda termasuk salah satu orangtua yang dipusingkan dengan masalah susah makan pada anak, maka berilah salah satu dari kelima jenis vitamin tersebut.







Terima kasih sudah berkomentar