Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Yang Enak Dan Lezat


Ngomong-ngomong soal bubur, di Indonesia sendiri sangat banyak sekali jumlahnya. Karena hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing termasuk bubur. Namun dari sekian banyak varian bubur yang ada di Indonesia, resep bubur kacang hijau merupakan salah satu bubur manis yang sangat populer di masyarakat kita. Sehingga tidak aneh kalau kudapan ini merupakan makanan tradisional yang sangat disukai oleh masyarakat sejak dahulu. Makanan tradisional ini tentunya terbuat dari bahan dasar kacang hijau. Dan akan lebih sedap jika makanan ini disantap dengan menggunakan santan, terutama disantap pada saat cuaca dingin sehingga bisa menghangatkan tubuh.

Bubur kacang hijau ini sangat mudah didapatkan, karena memang banyak sekali para penjual bubur kacang hijau, ada yang menjual bubur kacang hijau ini di warung atau kios, dan bahkan ada penjual bubur kacang hijau ini yang berkeliling yang selalu lewat di depan rumah. Namun sebenarnya, anda juga bisa membuat bubur kacang hijau ini sendiri di rumah, karena memang membuatnya sangat mudah serta bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah didapatkan. Nah, untuk itulah dalam kesempatan kali ini akan memberikan resep beserta cara membuat bubur kacang hijau ketan hitam yang enak dan lezat sebagai berikut :

Bahan Kacang Hijau Yang Harus Dipersiapkan :

- Kacang hijau 250 g
- Daun pandan 1 lembar
- Air mineral 1.2 L
- Garam sdt
- Santan 400 ml
- Gula merah 100 g
- Jahe 4 cm dan memarkan
Bahan ketan hitam yang harus dipersiapkan :
- Beras ketan hitam 150 g
- Garam ½ sdt
- Air mineral 1 L
- Daun pandan 1 lembar
- Gula pasir 75 g
Bahan santan :
- Santan kental 250 ml
- Air mineral 150 ml
- Daun pandan 1 lembar
- Tepung meizena 2 sdt

Cara pembuatan :

1. Pertama bersihkan kacang hijau dan ketan hitam, lalu rendam dengan air dalam wadah yang terpisah selama kurang lebih 2 jam.

2. Lalu rebus kacang hijau dengan 1.2 L air, dan masukkan daun pandan serta jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya.

3. Biarkan air menguap hingga hampir habis, lalu tuangkan santan.

4. Kemudian aduk hingga mendidih.

5. Masukkan gula merah dan aduk hingga gula larut.

6. Kemudian tambahkan garam lalu aduk hingga mendidih dan mengental, lalu rebus 1.2 L air ditambah daun pandan hingga mendidih, lalu masukkan beras ketan hitam.

7. Biarkan air menguap hingga hampir habis, lalu tuangkan santan dan aduk hingga mendidih. Setelah itu masukkan gula dan garam, lalu terus supaya ketan tidak menempel dan aduk hingga mendidih.

8. Lalu aduk santan dan air mineral hingga tercampur sempurna. Dan rebus santan lalu masukkan daun pandan, aduk hingga mendidih.

9. Larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air, kemudian masukkan dalam santan dan aduk hingga mendidih.

10. Sajikan bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam dengan menggunakan kuah santan.

Bagaimana, cukup mudah dan praktis bukan? Nah, itulah resep dan cara membuat bubur kacang hijau ketan hitam yang manis dan lezat, yang tentunya wajib anda coba sendiri dirumah. Untuk memberikan cita rasa yang jauh lebih sempurna lagi, bunda bisa memberi tambahan berbagai toping seperti coklat messes, keju, roti tawar, roti manis, biscuit, dan lain sebagainya.






Terima kasih sudah berkomentar