Tips Persiapan Bayi Baru Lahir Yang Perlu Anda Ketahui


Apakah anda termasuk salah satu pasutri yang baru saja dikaruniai seorang anak? Jika iya, tentunya ada beberapa hal yang harus anda persiapkan dalam menyambut kelahiran si kecil ke dunia ini. Misalnya seperti tempat tidur bayi, pakaian, hingga berbagai peralatan lainnya. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut beberapa tips untuk mempersiapkan bayi baru lahir :

1. Baju Bayi
Dalam hal ini anda harus menyiapkan 2 jenis baju bayi, yaitu baju bayi lengan pendek dan lengan panjang. Dan sedikitnya anda harus menyiapkan 12 buah baju untuk masing-masing jenisnya. Baju bayi tangan panjang akan lebih nyaman jika digunakan pada saat cuaca dingin, sedangkan baju lengan pendek bisa digunakan pada saat cuaca panas. Karena baju bayi ini tidak sama dengan popok atau kain bedong yang basah bila bayi kencing atau BAB, tetapi kalau baju biasanya bisa basah karena bayi sedang muntah atau keluar keringat yang berlebih, oleh sebab itu dalam sehari anda hanya perlu menyediakan 2-3 baju saja.

2. Diampers
Pada saat cuaca dingin atau musim hujan biasanya bisa membuat bayi sering kencing. Makanya untuk menjaga kenyamanan bayi, penggunaan diamper bisa menjadi solusi supaya bayi anda tetap nyaman dan tidur lelap. Sebaiknya gunakan diampers yang bisa dibuka tutup jangan tipe celana, karena hal ini bisa memudahkan anda untuk membersihkan bayi pada saat kencing atau BAB. Perlu anda ketahui bahwa pada sebagian bayi yang memiliki kulit sensitif, penggunaan diampers ini kadang bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Oleh sebab itu gunakanlah diampers seperlunya saja jangan terlalu sering.

3. Kaos Kaki Dan Sarung Tangan
Perlengkapan bayi ini terkadang oleh sebagian orang tua sangat disepelekan, padahal fungsi dari kaos kaki dan sarung tangan ini cukuplah penting, yakni untuk menjaga kenyamanan pada bayi. Karena kalau kaki bayi merasa kedinginan maka hal tersebut akan membuatnya tidak nyaman yang akhirnya susah tidur. Oleh sebab itu dengan penggunaan kaos kaki dan sarung tangan ini, bisa menghangatkan bayi. Selain menghangatkan, sarung tangan juga bisa melindungi kuku bayi supaya tidak mencakar wajahnya sendiri. Dan sebaiknya anda siapkan 1 lusin untuk setiap jenisnya.

4. Siapkan Kain Bedong
Kain bedong ini biasanya memiliki ukuran 110 cm x 90 cm, namun lebih lebar lebih baik karena bisa memudahkan dalam proses pembedongan. Dan jumlah kain bedong yang harus anda siapkan idealnya sama dengan jumlah popok bayi. Oleh sebab itu, anda sedikitnya harus menyiapkan kain bedong sebanyak kurang lebih 2 lusin atau 12 pcs. Kalau perlu anda bisa membeli kain bedongan cadangan yang lebih banyak lagi. Fungsi dari kain bedong ini sangatlah penting,  karena kain bedong berfungsi untuk menjaga supaya suhu bayi agar tetap hangat.

5. Siapkan Popok Bayi
Popok bayi ini berfungsi sebagai celana bagi bayi, dan popok harus segera diganti bila bayi anda kencing atau BAB. Biasanya setiap 2 jam sekali bayi akan kencing, apalagi jika kondisi cuaca sedang dingin, maka bayi akan sering kencing. Oleh sebab itu dalam 1 hari sedikitnya anda harus menyediakan 2 lusin popok. Sehingga dalam kesehariannya anda bisa menyiapkan 2 lusin popok untuk digunakan pada hari itu dan 2 lusin lagi dicuci. Dan sebaiknya anda menyediakan popok bayi ini setidaknya sebanyak 3 lusin.

6. Persiapkan Tempat Tidur Bayi
Hal berikutnya yang harus anda lakukan, yakni dengan mempersiapkan tempat tidur bayi yang nyaman dan bersih. Ya, dengan demikian, maka si kecil akan lebih pulas lagi saat tertidur.

Itulah beberapa tips yang tepat dalam persiapan bayi baru lahir, yang tentu saja harus anda lakukan.







Terima kasih sudah berkomentar