Coworking Space Menyediakan Fitur untuk Menunjang Perkembangan Profesi


Saat ini mulai bermunculan coworking space di berbagai kota di Indonesia. Area ini merupakan ruang di mana beberapa orang dengan berbagai tipe pekerjaan bekerja dalam satu tempat secara bersamaan. Dahulu area seperti ini tidak pernah terpikirkan oleh orang-orang. Akan tetapi pergeseran zaman yang diiringi dengan perubahan sistem kerja di era ini memungkinkan area-area kerja umum seperti ini untuk terus berkembang. Biasanya tempat ini memungkinkan Anda untuk menyewa tempat selama satu hari saja. Akan tetapi, menjadi pelanggan tetap dari area kerja bersama ini tentunya lebih bijak secara finansial.

Apa Saja Fitur Pengembangan Profesi yang Ditawarkan oleh Coworking Space?
Seperti telah disebutkan sebelumnya, coworking space merupakan cara untuk melakukan penghematan. Menyewa suatu kantor membutuhkan biaya yang besar, apalagi jika lokasi yang dipilih termasuk lokasi sentra usaha. Ketika berada dalam tahap awal bisnis, seorang pengusaha perlu memangkas pengeluaran yang tidak perlu untuk dialokasikan terhadap pengembangan. Anda akan terkejut jika mengetahui bahwa area kerja umum ini juga membuka kesempatan untuk berkembang. Berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan untuk perkembangan profesi.

1. Kesempatan untuk Membangun Jaringan
Membangun jaringan merupakan hal yang penting dalam kehidupan profesional. Semakin luas koneksi yang dimiliki oleh seseorang, semakin besar kesempatan yang didapatkan untuk memperluas usaha. Bekerja di area di mana orang-orang dengan beragam profesi berkumpul mempermudah individu untuk membangun jaringan. Kenalan-kenalan yang didapat bisa jadi memperkenalkan Anda dengan proyek atau pekerjaan baru. Selain itu, kemungkinan untuk berkolaborasi dengan ahli di bidang lain semakin besar.

2. Pilihan untuk Menjaga Privasi
Bekerja bersama-sama dengan orang lain dari institusi atau bidang yang berbeda tentunya akan menjadi pengalaman yang kurang nyaman di waktu-waktu tertentu. Untungnya, sebagian besar coworking space juga menyediakan ruangan privat yang hanya bisa digunakan oleh satu orang atau institusi. Ruangan ini memungkinkan diskusi-diskusi penting untuk dilaksanakan meskipun di sebuah area umum. Biasanya ruangan ini dapat digunakan oleh semua anggota. Akan tetapi, ada juga anggota yang memang memilih untuk menggunakan ruangan privat.

3. Fasilitas Penunjang Kantor yang Berkualitas
Salah satu hal yang membebani pemilik usaha adalah menyediakan peralatan penunjang kegiatan perkantoran. Tanpa peralatan-peralatan tersebut, kegiatan perkantoran tidak akan berjalan dengan efektif. Untungnya area bekerja umum biasanya menyediakan peralatan-peralatan tersebut bagi anggotanya. Pelanggan akan mendapatkan ruang kerja nyaman, koneksi internet cepat, printer dan mesin fotokopi yang bekerja cepat. Tentunya salah satu kekurangannya adalah Anda perlu menggunakan peralatan tersebut bersama-sama dengan orang lain.

4. Seminar-seminar Pengembangan Diri
Coworking space seperti Go-Work juga sering mengadakan seminar-seminar pengembangan diri. Orang-orang yang memiliki keahlian tertentu seringkali diundang untuk membagikan pengetahuan terkait dengan bidang keahlian mereka. Harapannya, para pekerja di area tersebut akan merasa terinspirasi dengan konten yang disampaikan. Mereka bahkan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dari narasumber untuk pengembangan profesional dan personal.

5. Suasana Kerja yang Hidup
Banyak orang mengeluhkan tentang kondisi kantor konvensional. Area kerja ini tidak memiliki peraturan kaku seperti halnya di kantor-kantor biasanya. Pekerja dapat memulai tugas pada jam-jam yang ditentukan sendiri karena coworking space bisa mengakomodasi pelanggan selama 24 jam sehari. Selain itu, percakapan selama bekerja juga didukung agar ide-ide baru terus bermunculan. Hal ini membuat suasana kerja menjadi hidup dan bersemangat. Suasana kerja yang hidup akan mendorong individu untuk menjadi lebih produktif dan kreatif.







Terima kasih sudah berkomentar