Tak Hanya Infrastruktur, Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Indonesia


Perkembangan zaman nyaris menuntut semua aspek dalam kehidupan menjadi serba praktis dan efisien. Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beragam suku dan budaya tentunya tak mudah untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan berkembang. Tak hanya infrastruktur, berikut beberapa hal yang harus segera dibebani oleh pemerintah baru.

1. Lebih Ramah Terhadap Alam Sekitar
Dari hari ke hari kondisi alam Indonesia semakin mengkhawatirkan. Salah satunya adalah fenomena sampah plastik yang menjadi ancaman serius untuk keberlangsungan hidup alam. Terlebih lagi sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah plastik yang diuraikan dan sulit didaur ulang karena jumlahnya yang semakin bertambah dari hari ke hari.

Tak hanya itu saja adanya illegal logging guna kepentingan bisnis juga menyebabkan habitat hewan menjadi tergerus, penghasilan oksigen kian menipis, penyerapan air berkurang, jingga suhu udara yang meningkat. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, kini pemerintah sudah mulai membentuk berbagai lembaga dan organisasi peduli lingkungan yang patut diapresiasi.

2. Minimnya Minat Membaca Buku
Mau sampai kapan negara Indonesia krisis membaca? Tak hanya tercatat sebagai negara terbawah dari 61 negara yang ada di dunia dalam bidang literasi saja. Dilansir melalui berita pilpres 2019, masyarakat Indonesia masih kurang kesadaran dalam membaca. Hal ini tentu sangat memprihatinkan dan kesadaran ini perlu ditingkatkan demi Indonesia yang lebih baik.

Sebagai rakyat tertinggal dan peringkat literasi Indonesia semakin membaik bukan? Harapannya adalah masyarakat Indonesia akan mendukung dan antusias dari gerakan budaya membaca ini. Baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun organisasi dan komunitas peduli literasi. Dengan harapan hal ini dapat meningkatkan minta baca masyarakat Indonesia.

3. Penggunaan Internet untuk Hal yang Lebih Baik
Saat ini internet sudah merupakan salah satu kebutuhan bagi sebagian besar rakyat Indonesia dan akan terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi. Namun faktanya para generasi muda Indonesia berkontribusi dengan jumlah yang paling besar dalam penggunaan internet. Tak heran jika ini banyak sekali aktivitas yang harus diakses via online.

Terlebih lagi dengan dukungan jaringan #Super4GKuota dari Smartfren yang memudahkan Anda menemukan berbagai informasi yang diinginkan dengan lebih cepat. Dengan dukungan full 4G 24 jam tentunya Anda juga akan lebih leluasa untuk #KuotakanSuaramu demi Indonesia yang lebih maju. Pastikan gunakan internet hanya untuk hal-hal yang positif saja.

4. Terus Menekan Angka Pengangguran di Indonesia
Hal terpenting yang perlu dilakukan oleh pemerintah baru adalah terus menekan angka pengangguran di Indonesia. Demi mewujudkan impian Indonesia yang lebih baik tentunya sudah barang pasti jika pemerintah harus mampu menekan angka pengangguran. Terlebih lagi dengan hadirnya revolusi industri 4.0, para masyarakat Indonesia harus mampu mengimbangi.

Dengan hadirnya revolusi industri 4.0 semua aktivitas dan kegiatan akan berpacu pada teknologi modern baik dari sektor industri maupun non industri. Jadi tidak menutup kemungkinan jika rakat Indonesia akan semakin merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Sebab di masa yang akan datang tenaga manusia akan digantikan tenaga mesin.

Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah pemerintah harus mampu menyeimbangkan antara ketersediaan lapangan kerja dengan jumlah penduduk agar tidak terjadi kesenjangan sosial. Hal ini tentunya sangat efektif untuk menekan angka pengangguran.

Itulah beberapa hal yang perlu segera dibenahi pemerintah baru demi terwujudnya Indonesia yang lebih maju. Tak hanya harus berfokus pada pembangunan infrastruktur saja, sangat penting bagi pemerintah baru untuk mewujudkan beberapa hal di atas. Sebagai rakyat Indonesia tentunya Anda juga harus ikut berkontribusi di dalamnya. 







Terima kasih sudah berkomentar