Cara mengatasi listrik Padam bok listrik bertuliskan periksa

Dua kali ini terjadi tiba-tiba listrik rumah sendiri padam sedangkan tetangga lainnya menyala, telusuri ternyata pada box meteran ada yang berbeda yaitu bertuliskan "periksa"

Karena awam untuk mengatasi ini, untuk penanganan awal meminta teman yang tahu tentang kelistrikan, setelah dilakukan pemeriksaan teman saya mengatakan bahwa akibat listrik di rumah saya padam sendiri dikarenakan penurunan tegangan yang mengakibatkan box listrik saya secara otomatis tersistem menyatakan error dan ditandai dengan bertuliskan periksa

Langkah yang dilakukan teman saya adalah dengan menghubungi PLN sepertinya teman yang sudah kenal tidak tahu apa yang dilakukan tiba-tiba memasukkan nomor setelah itu listrik nyala kembali tidak ada masalah.

Suatu hari hal seperti ini terjadi lagi, saya mengira listrik padam semuanya, saya tunggu ternyata coba cek di box kami ada tulisannya periksa, terulang lagi kejadian padam listrik di box bertuliskan periksa.


Hati berkata wah terulang lagi seperti yang dulu, kali ini karena tidak ingin bergantung pada orang, karena malu juga kalau meminta tolong terus coba mencari informasi, cari di mesin penelusuran Google hasilnya pada salah satu artikel menyebutkan  membutuhkan kode reset bok listrik masukkan kode reset listrik tersebut nyala kembali.

Mengetahui informasi tersebut langsung coba menghubungi PLN di nomor 123, lalu tekan 2 dan akan tersambung dengan operator PLN.

Operator PLN akan bertanya nama saya alamat saya yang jelas agar petugas mudah mendatangi lokasi untuk memberikan penanganan Aduan  setelah itu akan diberi nomor bahwa aduan sudah diterima tercatat. Penting untuk dipersiapkan akan ditanya nomor meteran listrik, nomor yang biasa buat beli token listrik.

Jadi bagi anda yang mengalami kejadian yang sama listrik bertuliskan periksa, dapat dilakukan sebagai berikut :
1. siapkan nomor meteran listrik anda,
2. kemudian Hubungi 123 dan tentunya menggunakan handphone cek apakah sudah cukup pulsanya, dari pengalaman laporan belum selesai pulsanya sudah habis sehingga terputus dan harus mengisi pulsa kembali, agar dapat menghubungi lagi.

Setelah laporan, Aduan tentang problem kelistrikan di rumah minta menunggu kurang lebih 3 jam untuk mendapatkan penanganan aduan tersebut

Jangan berpatokan 3 jam dari pengalaman ketika belum datang petugas saya coba menelpon lagi dan Berdasarkan informasi yang saya dapat langsung meminta nomor kode reset dari PLN, beberapa menit dari PLN menghubungi saya memberikan kode reset PLN lalu saya masukkan kode reset tersebut dan diakhiri dengan enter terjadi listrik menyala.

Jadi jangan bergantung kepada orang selagi hal itu bisa ditangani sendiri salah satunya seperti kejadian dengan box bertuliskan periksa ini meminta kode reset memasukkan menyala kembali.

Dalam hal ini sepertinya PLN untuk memberikan kode reset berhati-hati,  antisipasi ada tambahan biaya ketika menangani pemadaman lampu di rumah-rumah dengan kasus bok bertuliskan periksa, untuk penanganan ini biaya gratis.

Dimakhlumi juga kita petugas tidak datang, karena keterbatasan personel, yang terpenting teratasi meski hanya komunikasi via telpon, seperti yang sudah saya lakukan.

OK sekian sharing pengalaman tentang penanganan listrik yang padam dirumah semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Cara mengatasi listrik Padam bok listrik bertuliskan periksa"