Inilah Jenis Ball Bearing yang Harus Kamu Tahu!


Bagi kamu pengendara sepeda motor, tentu tidak asing lagi dengan komponen satu ini. Sebagai salah satu komponen penting yang akan memastikan kendaraan dapat berjalan dengan baik maka kondisi roda sangat penting untuk diketahui dalam keadaan baik sebelum berkendara. Oleh karena itu, kamu harus paham mengenai perawatan yang baik pada sepeda motor milikmu. Hal ini juga guna memastikan, agar hal-hal yang tidak diharapkan timbul secara tiba-tiba. Kondisi kendaraan yang prima diharapkan dapat mengurangi risiko bahaya.

Ball bearing merupakan komponen penting dalam roda kendaraan yang berfungsi untuk menjamin  putaran roda yang sempurna tanpa timbulnya gesekan. Cara kerjanya yaitu peristiwa gesekan berupa bantalan gelinding bagian  yang berputar dengan yang diam oleh elemen gelinding contohnya yaitu dengan bantalan berbentuk bola.

Apa saja ya jenis beserta penjelasannya?

1. Single row groove ball bearings
Beban yang tegak lurus terhadap sumbu poros dinamakan beban radial sedangkan beban yang searah dengan sumbu poros maka disebut sebagai beban aksial. Diketahui bahwa kapasitas untuk menahan beban dengan lebih ideal baik untuk arah radial maupun aksial karena disebabkan oleh keberadaan alur. Jenis ini merupakan jenis bearing dengan kepemilikan alur dalam pada kedua cincinnya. Alur inilah yang menyebabkan kemampuan kapasitas menahan beban menjadi lebih baik.

2. Double row self aligning ball bearings
Terdapat kelebihan pada double row self aligning ball bearing yaitu apabila terdapat kasus adanya poros yang kurang sebaris. Poros yang kurang sebaris ini dapat dibantu oleh adanya cincin bagian dalam yang bergerak sendiri sehingga posisi dapat sesuai. Selain terdapat alur cincin bagian dalam juga terdapat alur cincin bagian luar. Dua jenis alur cincin ini terdapat pada dua baris bola dimana masing-masing baris memiliki alur sendiri pada cincin bagian dalamnya.

3. Double row angular contact ball bearings
Baik dengan menahan beban torsi karena kontruksinya, maupun beban radial, maka jenis bearing berupa double row angular contact ball bearings dimana ball bearing yang dapat kamu pilih melalui logam-makmur.com ini memiliki kemampuan menahan beban aksial dalam dua arah. Jenis bearing ini juga banyak digunakan dalam penggantian dua buah bearing apabila ruangan yang tersedia sempit dan tidak mencukupi.

4. Single direction thrust ball bearings
Kamu juga harus tahu bahwa beban aksial minimum merupakan beban yang dapat ditahan berdasarkan kecepatannya. Ball bearing ini cocok dalam menahan beban aksila hanya pada satu arah saja berbeda dengan double row angular contact ball bearings yang dapat menahan beban aksial dalam dua arah. Akan tetapi kelebihannya yaitu, elemennya dapat mudah dipisahkan sehingga mudah dalam melakukan pasangan. Jenis bearing ini cukup sensitif terhadap adanya misalignment dari poros terhadap rumahnya.

5. Double direction thrust ball bearings
Sama seperti single direction thrust ball bearings, maka ball bearing jenis ini juga hanya dapat menahan beban aksila dalam satu arah saja. Mudah pula dalam melakukan pemasangan karena kemudahan pemisahan elemen. Beban minimum pun dapat ditahan menyesuaikan dengan kecepatan serta ketidaksebarisan poros terhadap rumah akan memicu sensitivitas.

Dengan mengetahui karakteristik yang sesuai dengan penjelasan yang telah dipaparkan, maka kamu harus menyesuaikan karakteristik itu dengan roda kendaraan milikmu. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah pilih dan tepat memberikan yang terbaik untuk kendaraan bermotor tercintamu! Supaya kamu dapat memilih jenis dari ball bearing roda kendaraanmu secara tepat namun dengan kualitas nomor satu melalui logam-makmur.com,

0 Komentar untuk "Inilah Jenis Ball Bearing yang Harus Kamu Tahu!"