Kenali 5 Gejala Vertigo dan Penyebabnya

Kenali 5 Gejala Vertigo dan Penyebabnya
Kenali 5 Gejala Vertigo dan Penyebabnya

Apakah Anda sering mengalami kondisi dimana sekeliling Anda terasa berputar padahal Anda sedang dalam keadaan diam? Ya, mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang mengalami kondisi tersebut.

Tidak sampai di situ, kondisi tersebut juga bisa disertai dengan sakit kepala dan sensasi rasa mual yang dahsyat, sehingga Anda dapat beraktivitas sebagaimana biasanya. Lalu, gejala apa itu sebenarnya? Bagi Anda yang pernah mengalaminya itu gejala dari vertigo.

Yang perlu Anda ketahui bahwa vertigo bukanlah penyakit yang berbahaya. Vertigo merupakan suatu kondisi ketika tubuh sedang mengalami beberapa gejala dari suatu penyakit yang diderita. Vertigo dapat dialami oleh siapa saja, dan banyak menyerang orang dewasa.

Bahkan, gejala vertigo bisa datang kapan saja secara mendadak dan tiba-tiba. Untuk informasi lebih lanjut mengenai gejala, penyebab, dan cara mendiagnosis vertigo, simak terus pembahasan berikut ini. Anda juga dapat membuka https://www.guesehat.com/apa-saja-sih-gejala-vertigo-dan-bagaimana-cara-mengatasinya.

Tanda-Tanda Gejala Vertigo

Berdasarkan info Gue Sehat, seseorang dapat dikatakan mengidap vertigo, jika mengalami beberapa gejala berikut ini.
- Merasa pusing tujuh keliling bercampur dengan perasaan seolah-olah sekeliling Anda juga bergerak, dan berputar, padahal Anda sendiri sedang diam.
- Anda merasakan gelap di mata Anda setelah bangun tidur. Itu sebenarnya disebabkan oleh nystagmus, yaitu kondisi ketika mata bergerak secara tidak terkendali.
- Gangguan pendengaran pada tahap awal dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Sebagaimana yang telah disebutkan di Gue Sehat, gangguan ini bisa menjadi lebih parah, sehingga menyebabkan terjadinya meniere, tinnitus, dan labirinitis. Meniere merupakan perbedaan tekanan dalam telinga, sedangkan tinnitus adalah telinga berdenging, dan labirinitis yaitu infeksi yang berhubungan dengan kesinambungan.
- Muncul rasa mual yang menyiksa.
- Vertigo yang dialami oleh seseorang juga dapat menyebabkannya pingsan, yang terjadi karena suplai oksigen dan zat makanan yang tidak memadai ke otak. Hal ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya aliran darah yang bersifat sementara.

Penyebab Vertigo

Melansir dari Gue Sehat, bahwa vertigo yang dialami oleh seseorang bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan, yaitu sebagai berikut.
1. Tumor otak.
2. Stroke.
3. Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
4. Infeksi telinga bagian dalam.
5. Perubahan posisi kepala secara tiba-tiba.
6. Tempat tidur dan adanya riwayat cedera kepala.

Nah, sekarang Anda makin paham kan mengenai gejala vertigo serta apa penyebabnya. Semoga kini Anda bisa terus menjaga kesehatan agar tidak sampai terkena penyakit ini.

Advertisement